5 Tips Ini Mungkin Bisa Membantumu Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Lolos SNMPTN itu tidak mudah

SNMPTN itu bukan proses seleksi yang bisa dikuantifikasi. Dalam proses ini bisa dibilang tidak ada yang pasti lolos atau pasti nggak lolos. Kalau SNMPTN ini diibaratkan sebagai sebuah permainan kartu, maka kartu yang jadi “modal” mu adalah nilai rapormu selama ini dan  indeks sekolahmu masing-masing. Yang mana dua hal tersebut udah terjadi dan nggak bisa berubah. Tinggal bagaimana kamu memainkan kartu-kartu itu untuk memilih PTN dan jurusan yang kamu inginkan atau yang mempunyai peluang diterima yang besar.

Lalu, bagaimana cara agar bisa lulus atau diterima kuliah di PTN? Simak ulasan berikut ini:

1. Pasang Target

Target itu harus ada

Target itu harus ada via http://blog.maestrus.com

Target adalah hal penting agar kita tahu sebatas mana yang bakal kita perjuangkan. Contohnya, kita ingin kuliah di ITB. Kita harus  belajar lebih dong! 

Advertisement

Kunci dari memasang target ini ialah don’t be late. Lebih cepat kamu tahu target kamu, persiapan kamu pasti lebih banyak dan lebih lama lagi. Tips pertama ini adalah poin penting yang paling menentukan sekeras apa perjuangan yang telah kita lakukan. Target bisa saja idealis, tapi realistis itu lebih baik.

2. Up date Informasi

Selalu mencari informasi baru seputar SNMPTN

Selalu mencari informasi baru seputar SNMPTN via https://idseducation.com

Mengupdate informasi sangat penting, agar kita tahu masalah seputar SNMPTN. Masalah persyaratan, kuota, dan yang terpenting peta saingan yang mungkin aja daftar dipilihan yang sama. Informasi soal kampus tujuan juga penting mengingat kultur daerah dan mahasiswanya pasti beda-beda setiap kampus. Informasi ini harus terus diupdate, lalu dipertimbangkan agartarget yang dituju bisa berhasil dengan baik.

3. Tingkatkan belajar

Meningkatkan semangat belajar agar ilmu terus bertambah

Meningkatkan semangat belajar agar ilmu terus bertambah via https://quipper-video-wordpress.s3.amazonaws.com

Meningkatkan belajar adalah hal yang harus kamu lakukan untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri. Kamu harus pastikan kamu lebih baik dari temanmu yang mendaftar dikampus yang sama. Ikuti semua syarat yang ada dan pastikan kamu sudah mempersiapkan segalanya dengan baik. Karena tidak mungkin kamu yang malas belajar, bisa masuk SNMPTN.

4. Tingkatkan Doa Dan Beribadah

Berdoa dan ibadah jangan sampai lupa

Berdoa dan ibadah jangan sampai lupa via https://d626yq9e83zk1.cloudfront.net

Advertisement

Usaha sekeras apa pun, tanpa izin Tuhan, itu nggak akan bisa terwujud guys!  Mulai sekarang, kamu harus memperbanyak berdoa dan beribadah. Agar kelak usaha yang telah kamu lakukan untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri, tidak sia-sia dan menjadi kenyataan.

5. Jangan terlalu berharap

Jangan terlalu berharap agar tidak kecewa nantinya

Jangan terlalu berharap agar tidak kecewa nantinya via https://cdn.epsilonphi.id

SNMPTN ini semuanya serba abstrak. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan cara les atau belajar buat persiapan SBMPTN. Optimis boleh, tapi kamu juga harus tetap persiapan untuk kemungkinan terburuknya ya guys. Jangan terlalu berharap pada SNMPTN, tetapi berharaplah pada Tuhan, agar tidak merasa kecewa.

Mungkin hanya itu saja tips yang bisa aku bagikan ke kamu para pembaca setia Hipwee. Setelah kamu membaca artikel ini, semoga kamu dapat pencerahan untuk bisa siap masuk perguruan tinggi negeri.

Kamu memang harus serius dalam menuntut ilmu, tapi kamu juga masih boleh santai kok. Kamu boleh refreshing atau hangout bareng teman, tapi jangan sering-sering. Semuanya harus seimbang, agar kamu dapat hasil yang maksimal dan juga tidak merasa bosan.

Aku tidak bermaksud menggurui atau gimana, tetapi aku punya pengalaman lebih dan ada kesempatan berbagi. Semoga bermanfaat ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Julita Widya Sari Manurung atau biasa disapa Julita lahir di Medan, 12 Juli 1998. Aktif menulis sejak tahun 2017 dan sudah berhasil menerbitkan buku.

CLOSE