Biar Rindumu Terobati, Lakukan 5 Perubahan Ini agar Tempat Tinggal di Perantauan Layaknya Rumah Sendiri

perubahan tempat tinggal perantauan

Bagi para perantau, liburan yang paling ditunggu-tunggu adalah ketika memasuki liburan puasa dan hari raya. Namun karena ada upaya dari pemerintah untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 membuat para perantau tidak bisa mudik ke rumah masing-masing. Tentu saja hal ini membuat kerinduan akan rumah beserta isinya semakin bertambah karena tidak bisa bertemu dengan sanak saudara. Tetapi jangan bersedih, beberapa kegiatan ini bisa menemani masa stay at home kalian agar tempat tinggal di perantauan berasa seperti rumah sendiri. 

Advertisement

1. Mengubah posisi perabotan dalam ruangan

Photo by Sven Brandsma on Unsplash

Photo by Sven Brandsma on Unsplash via https://unsplash.com

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah posisi perabotan dalam ruangan untuk mendapatkan suasana baru yang berbeda dan tidak membosankan. Kalian bisa mengatur lokasi perabotan sesuai dengan keinginan kalian, hal yang bisa dipertimbangkan adalah pindahkan perabotan kamar agar ruangan tampak lebih lapang dan luas, jangan sampai perubahan ini malah membuat ruangan tampak lebih kecil dan sumpek. Ketika memindahkan perabotan yang cukup besar, mintalah bantuan teman dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati ya. 

2. Menghias ruangan sesuai keinginan

Menghias kamar mampu menghilangkan kejenuhan

Menghias kamar mampu menghilangkan kejenuhan via http://www.pexels.com

Keadaan kamar atau ruangan yang itu-itu aja bisa membuat kita bosan dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, hiaslah ruangan sesuai keinginan kita, tidak perlu membeli hiasan yang mahal, memberikan alas di meja atau membuat DIY sendiri untuk hiasan gorden maupun menggantungkan foto-foto kita bersama keluarga dan teman-taman bisa sedikit mengobati rindu dan membuat ruangan menjadi lebih menyenangkan. 

Advertisement

3. Menanam tanaman hias

Menghidupkan ruangan dengan menambahkan tanaman

Menghidupkan ruangan dengan menambahkan tanaman via http://www.pexels.com

Biasanya, ibu kita sering menanam bunga di halaman rumah kan? Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba bercocok tanam di perantauan. Jika tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam, kalian bisa menggunakan pot atau membeli tanaman yang bisa hidup dengan media air. Tanaman ini bisa diletakkan di depan ruangan, di meja, maupun di pinggir jendela. Kamu bisa menghilangkan rasa jenuh dan stress dengan menikmati perkembangan tumbuhanmu. Selain itu, memberikan tanaman didalam ruangan membuatnya tampak lebih segar dan hidup.

4. Kegiatan bersih-bersih

Jangan biarkan kamarmu terdapat debu

Jangan biarkan kamarmu terdapat debu via http://www.pexels.com

Sebenarnya hal ini pasti selalu dilakukan, tetapi bersih-bersih ini bisa kalian lakukan secara keseluruhan. Coba saja cek di bawah kasur, di atas lemari, di sela-sela ventilasi, dan di rak buku dipenuhi debu atau tidak. Tempat-tempat yang jarang tersentuh dan dibersihkan membuat kotoran dan debu berkumpul, apalagi kalau laba-laba sudah membuat rumahnya di situ. Bersih-bersih total ini bisa kalian lakukan setiap seminggu sekali agar ruangan menjadi lebih nyaman.

5. Menanam bumbu dapur dan sayur

Advertisement
Menanam sayuran sendiri mampu meningkatkan kepuasan masakan

Menanam sayuran sendiri mampu meningkatkan kepuasan masakan via http://www.pexels.com

Masakan ibu memang paling the best kan ya? Apalagi ketika puasa dan lebaran, tingkat keenakannya bisa berkali-kali lipat dari biasanya. Namun di saat-saat seperti ini sangat riskan untuk belanja, membeli makanan siap saji di luar, apalagi dengan menipisnya uang di dompet.

Jalan satu-satunya adalah memasak sendiri makanan kita, namun hal yang paling penting adalah dengan mencoba untuk menanam tanaman dapur maupun sayuran sendiri dan bisa meminimalisir pengeluaran. Menanam sayuran sendiri bisa terhitung lebih murah dibanding membelinya. 

Jika memiliki lahan terbatas, pilih saja tanaman yang hanya membutuhkan satu tempat tetapi selalu berbuah, seperti cabai atau tomat. Cara ini bisa mempererat hubungan kita dengan ibu selagi bertukar info mengenai bumbu masakan maupun tentang bercocok tanam. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

une femme libre

CLOSE