Di era digital ini, semua petarung baik itu pekerja, pelajar dan pebisnis semakin meningkat dan tidak bisa di perkirakan. Pada umumnya, dunia digital ini selalu menjadi sasaran semua orang untuk membuka dan mengembangkan bisnisnya karena ini adalah peluang yang sangat berharga dan tidak bisa di abaikan untuk menjadi pengusaha muda. Walaupun begitu, masih banyak pedagang yang masih berjualan dan berdagang di jalanan atau keliling dengan menggunakan sistem lama, kemungkinan karena kurangnya ilmu pengetahuan akan teknologi dan tidak siap dalam mengikuti arus teknologi ini. Bagaimanakan solusinya, apa yang harus di lakukan dan mengapa kita harus bertindak.

Ini adalah pertanyaan dan jawaban yang seharusnya sudah harus kita miliki selagi masih banyak peluang besar karena siapapun bisa melakukannya. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips mudah untuk mengembangkan bisnis di dunia digital ini.

1. Pilihan Produk

Memilih produk adalah hal yang pertama yang seharusnya sudah di rencanakan dengan matang karena arus marketing yang begitu cepat membuat kita mudah terombang – ambing dengan kompetitor lainnya. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk memilih produk yaitu dengan cara survey, kreatifitas dan mengumpulkan informasi mengenai hal – hal yang di perlukan. Walaupun begitu, untuk memilih produk dapat kita kembangkan dengan inovasi dan skill yang kita miliki. Jadi jangan takut untuk menjual produk apapun karena hasil yang unik yang bisa membedakan walaupun dengan produk yang sama.

2. Harga

Di perhitungkan baik-baik

Di perhitungkan baik-baik via https://id.pinterest.com

Harga adalah hal yang mencermikan dan membedakan suatu produk terhadap minat setiap calon pembeli. Pada umumnya, harga dapat merefleksikan kualitas dan kuantitas serta untuk meningkatkan tingkat konversi (tingkat kunjungan) artinya harga ini sangat menentukan untuk bisa menarik perhatian calon pembeli tetapi harus disesuaikan dengan kualitasnya dari segi jenis, ukuran, tipe dan jumlahnya. Dengan demikian, hal yang bisa kita lakukan adalah memberikan promosi, stock hampir habis, istilah buy one get one, berbagi informasi menarik dan masih banyak lagi yang bisa di lakukan.

3. Sumber Daya Manusia

Penentu kemajuan bisnis

Penentu kemajuan bisnis via https://id.pinterest.com

Advertisement

Ini adalah kontak atau koneksi antara penjual dan pembeli artinya kita bisa memberikan kepercayaan pada meraka bahwa dengan membeli produk kita akan mendapatkan (take and give) misalnya jaminan, uang kembali jika tidak berhasil atau menjadi distributor, dropshipper dan reseller. Hal ini yang dapat memperkuat koneksi kita dengan yang lain sekaligus dapat memberikan kepuasan dan saling menghargai, kepercayaan dan integritas yang tinggi pastinya dengan tujuan agar mereka dapat mengajak teman, saudara yang lain untuk datang ke market place kita dan di jadikan solusi untuk jalan keluar mereka. Jadi, kita harus pandai untuk melihat masalah yang saat ini di hadapi meraka.

4. Lokasi

Perlu di lakukan survey

Perlu di lakukan survey via https://i.pinimg.com

Lokasi ini sangat berpengaruh sekali untuk kemajuan usaha kita, walapun di era dunia digital ini kita bisa mengakses semuanya tetapi tidak sedikit usaha kreatif yang mendapatkan pengunjung lebih banyak dan terus bertambah. Dengan kata lain, lokasi strategis itu dapat mencerminkan kenyamanan dan keasyikan calon pembeli dengan mudah dengan tujuan agar mereka lebih betah untuk bersantai, bersenang-senang, belajar atau mendiskusikan sesuatu karena di era dunia digital marketing saat ini selain menggunakan kekuatan internet, kekuatan atmosfer juga mempengaruhi dan menjadi sesuatu yang sangat mendukung.

5. Software Accounting

Penunjang bisnis

Penunjang bisnis via https://www.dealpos.co.id

Ini adalah hal yang harus di miliki untuk menunjang bisnis di era dunia digital ini karena banyak sekali keuntungan yang didapatkan dan pastinya sudah menjadi solusi. Kita bisa lihat keuntungan software accounting ini misalnya, menghitung dan mengakumulasikan semua total profit secara real time, akurat dan tepat. Selain itu, kita juga bisa meminimalisir pengeluaran dengan mengurangi SDM pada bagian keuangan karena sudah tidak di perlukan lagi. Jadi, kita cukup memasukan data dan outputnya langsung bisa di lihat dan di rasakan saat itu. Ini adalah jalan keluar yang di butuhkan khususnya pada pengusaha UMKM (Usaha Kecil Mikro Menengah).

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya