5 Tips Menghias Rumah Untuk Rayakan Tahun Baru Imlek

Tips Menghias Rumah dengan Dekorasi Imlek

Awal tahun baru berarti hari raya Imlek juga sudah di depan mata, nih. Jatuh pada tanggal 1 Februari pada tahun ini, Imlek masih ditunggu dan dirayakan sama banyak masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa. Imlek selalu menjadi ajang untuk berkumpul bersama keluarga besar, menyantap makanan yang enak, berbagi angpao, dan juga beribadah.

Sayangnya, kita masih berada dalam situasi pandemi yang tak menentu. Mobilitas yang tinggi untuk roadshow dari satu rumah keluarga ke rumah keluarga lainnya, makan bersama, dan berkumpul dengan jumlah orang yang banyak bakal meningkatkan risiko terkena COVID-19.

Kalau kamu memutuskan untuk merayakan Imlek secara intim dengan keluarga inti saja, kalian bisa kompensasi kemeriahan Imlek yang terasa kurang dengan dekorasi yang maksimal. Hadirkan suasana Imlek yang kental dan meriah di rumah.

Dekorasi Imlek bukan cuma soal warna merah, lampion, atau chunlian—kertas merah berisi harapan tahun baru yang ditaruh di depan rumah. Menghias rumah untuk Imlek juga perlu direncanakan dengan baik, selaras dengan desain interior rumah, dan enggak perlu terlalu berlebihan juga.

Hadirkan dekorasi yang berkelas dengan ornamen-ornamen yang jarang dipakai, punya desain yang menarik, dan juga memperhatikan detail-detail kecil yang sebenarnya penting untuk bikin suasana perayaan Imlek di rumah jadi lebih meriah dan menyenangkan bersama keluarga.

Beberapa hari menuju Imlek, Dekoruma berikan lima inspirasi dan tips menghias rumah dengan dekorasi khas Imlek yang menarik dan enggak biasa. Buat perayaan Imlek dan kumpul keluarga di rumah jadi lebih berkesan meskipun dalam situasi pandemi sekalipun.

Advertisement

1. Pasang Pohon Imlek yang Dirangkai dan Dikreasikan Sendiri. Tampilkan Dekorasi yang Kreatif, Unik, dan Enggak Bisa Ditemukan di Perayaan Imlek Lainnya

Sumber: Home & Decor

Sumber: Home & Decor via https://www.homeanddecor.com.sg

Kalian mungkin sering lihat ornamen pohon dengan bunga-bunga kecil berwarna pink yang tumbuh lebat di sekujur dahan yang menjuntai. Bunga ini adalah bunga mei hwa yang merupakan bunga khas Imlek. Pohon bunga inilah yang sering kali dipajang sebagai dekorasi Imlek.

Kalian bisa membeli pohon bunga mei hwa di e-commerce, tapi bentuknya pasti gitu-gitu aja, deh. Supaya kelihatan lebih menarik dan beda dari yang lain, kalian bisa menghias sendiri pohon mei hwa di rumah.

Advertisement

Selain dahan-dahan bunga mei hwa, kalian juga bisa menaruh lampion-lampion kecil yang digantung sampai ornamen jeruk. Jeruk juga merupakan simbol keberuntungan oleh warga Tionghoa.

Taruh pohon mei hwa ini di vas atau wadah yang juga indah. Seperti vas kaca transparan pada gambar di atas. Taruh di atas coffee table, meja nakas, atau credenza sebagai dekorasi meja khas Imlek.

2. Sering Terlupakan Padahal Punya Tampilan yang Menawan. Hadirkan Suasana Segar dan Alami di Tengah Perayaan Imlek dengan Tanaman Bambu Hoki

Advertisement
Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Tanaman lucky bamboo atau bambu hoki udah jadi salah satu tanaman hias populer belakangan ini. Bentuk batang bambu yang bisa meliuk-liuk dengan daun di pucuk-pucuknya bikin tanaman ini punya bentuk yang unik dan cocok jadi dekorasi untuk meja. 

Tapi justru, tanaman bambu hoki malah jarang dipasang ketika perayaan Imlek. Padahal, seperti namanya tanaman ini memang dipercaya mampu membawa keberuntungan, rezeki, dan kemakmuran buat pemiliknya. Apalagi dalam situasi perayaan Imlek.

Taruh bambu hoki di dalam pot yang bagus. Mungkin pot warna merah supaya suasana Imleknya semakin kentara. Kalian bisa taruh di berbagai sudut rumah mulai dari meja makan, meja kerja, sampai di atas rak sepatu untuk dekorasi yang unik.

3. Lampion Merah Saat Imlek Tentu Enggak Boleh Absen, Tapi Enggak Perlu Terlalu Banyak. Pasang Lampion Imlek Secukupnya Supaya Tetap Berkelas

Sumber: Livspace

Sumber: Livspace via https://www.livspace.com

Dekorasi yang satu ini pastinya enggak boleh absen dan jadi ornamen wajib ketika Imlek. Lampion merah yang ikonik dan digantung di berbagai sudut di rumah untuk menandakan perayaan Imlek. 

Lampion sendiri juga merupakan bentuk pengharapan dan doa untuk mendapatkan kesehatan, kemakmuran, dan kebahagiaan di tahun yang baru. Tapi, memasang lampion yang terlalu banyak di rumah malah bikin kurang menarik, loh.

Pilihlah lampion yang bentuknya indah dan berkelas. Kemudian, pasang di sudut-sudut rumah yang kelihatannya kosong dan perlu dekorasi. Jumlahnya secukupnya aja, jangan sampai rumah kelihatan seperti mal atau toko.

Dengan begitu, suasana Imlek masih akan terasa tanpa perlu hadir dengan tampilan yang terlalu ramai dan berlebihan, kan.

4. Pentingnya Dekorasi Meja yang Maksimal, Indah, dan Sesuai Tema. Bikin Tamu Makan Siang Atau Makan Malam Berdecak Kagum dengan Dekorasi Meja Khas Imlek

Sumber: PrestigeOnline.com

Sumber: PrestigeOnline.com via https://www.prestigeonline.com

Perayaan Imlek juga berarti makan-makan bersama keluarga. Momen ini biasanya dilakukan di restoran atau juga di rumah. Terlebih dalam masa pandemi ini, lebih baik merayakan Imlek di rumah aja. Enggak cuma hidangan chinese food yang lezat aja, dekorasi meja juga harus dipikirin dan dibuat maksimal, dong.

Mumpung setahun sekali, kalian boleh banget all out buat dekorasi meja. Pasang table runner dan ornamen-ornamen yang khas Imlek. Mulai dari bunga mei hwa, bunga krisan, atau bakung.

Kemudian aneka buah seperti jeruk, apel, dan cemilan pembuka di dalam wadah bambu yang biasanya digunakan untuk mengukus dimsum. Kemudian, keluarkan peralatan makan terbaik bercorak emas yang juga merupakan warna yang melambangkan keberuntungan saat Imlek.

Bikin anggota keluarga, kerabat, saudara, dan tamu lain yang hadir berdecak kagum sama hasil dekorasi mejamu. 

5. Unik dan Jarang Ditemukan, Ornamen Patung Shio yang Elegan dan Menawan. Berikan Tampilan yang Beda dan Beraneka Ragam

Sumber: Livspace

Sumber: Livspace via https://www.livspace.com

Setiap tahun, ada hewan yang melambangkan nilai-nilai dan semangat Imlek pada tahun itu. Nah, hewan ini didasari sama shio atau sistem zodiak Cina yang menyesuaikan tahun lahir dengan hewan-hewan tertentu yang sifat dan karakternya menggambarkan orang yang lahir pada tahun tersebut.

Siklus zodiak ini berlangsung setiap 12 tahun bahwa setiap orang yang lahir 12 tahun setelah tahun shio tertentu, orang itu akan mendapatkan shio yang sama dengan orang yang lahir 12 tahun sebelumnya. 

Tahun 2022, Imlek merupakan tahun macan air yang merupakan simbol kekuatan dan kepercayaan diri. Jumlah shio sendiri juga 12 dan dilambangkan dengan hewan-hewan.

Kalian bisa memasang ornamen patung dari shio yang biasanya didesain dengan elegan dan menarik. Pasang ornamen-ornamen ini di berbagai sudut rumah untuk tampilan Imlek yang lebih unik dan berkelas.

Enggak berhenti di tahun ini aja, tips-tips ini juga bisa diterapkan untuk dekorasi Imlek di tahun-tahun berikutnya. Suasana perayaan Imlek pun akan semakin berkesan dan indah secara visual.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE