5 Tips Menjadi Presentator Handal. Meskipun Grogi, Tetap Harus Tampil Maksimal

tips presentasi

Komunikasi antar orang adalah suatu hal yang sudah biasa kita hadapi setiap hari, sebagai makhluk sosial tentunya komunikasi menjadi sesuatu yang sangat penting didalam kehidupan. Khususnya dalam hal pekerjaan yang berkaitan dengan public speaking ataupun dalam ranah pendidikan, biasanya dalam dua bidang tadi seseorang akan diminta menguasai trik-trik tertentu, meskipun  dengan berbagai gaya bicara yang dimiliki oleh setiap orang itu belum tentu sesuai dengan tema yang akan dibawakan. Nah, mari kita lihat nih trik-triknya, agar kita bisa menjadi presentator handal.

Advertisement

1. Percaya diri meskipun grogi

foto by : DosenPendidikan.Com

foto by : DosenPendidikan.Com via https://www.google.com

Kepercayaan diri menjadi hal yang sangat penting dalam proses presentasi. Seringkali kepercayaan diri menjadi masalah dalam melakukan presentasi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berdasarkan pengalaman yang sudah dirasakan terkadang ketika seorang sedang melakukan presentasi di depan banyak orang yang membuat tidak percaya diri itu timbul adalah karena grogi yang diakibatkan oleh tatap mata antara presentator dengan audiens.

Nah,untuk mengatasinya, saya menyarankan untuk kamu yang sering grogi kalau presentasi untuk mengalihkan pandangan ke jidat atau kening audiens. Kenapa harus jidat? Mengapa nggak hidung atau anggota tubuh yang lain?

Advertisement

Jadi gini, ketika presentasi salah satu penilaian adalah sikap pandangan presentator terhadap audiens. Jidat adalah bagian yang sangat memungkinkan agar presentator dapat terlihat seolah sedang menatap mata audiens karena itu adalah salah satu poin penting. Kemudian, dengan menatap jidat audiens maka pandangan presentator akan terlihat lebih meyakinkan karena agak mendongak.

2. Menguasai materi yang akan dipresentasikan

foto By : Blog Strategi + Manajemen

foto By : Blog Strategi + Manajemen via https://www.google.com

Menguasai materi yang akan dipresentasikan menjadi salah satu poin penting dalam keberhasilan presentasi. Bagaimana cara menguasainya dengan waktu singkat? Alangkah baiknya apabila memiliki waktu yang cukup sebelum melakukan presentasi, maksimalkan waktu untuk memahami dengan membaca semua isi materi. Tapi, untuk sebagian orang yang punya waktu sedikit atau singkat, saya punya triknya nih untuk menguasai materi dengan cepat.

Sebenarnya tidak perlu membaca semua teks materinya cukup dengan mengambil inti sari dari materi tiap babnya kemudian dikembangkan dengan bahasa sendiri. Tapi jangan sampai keluar jalur pembahasan ya. Nah, lalu bagaimana agar tidak keluar jalur pembahasan? Maka sebelum mencari inti tiap bab kamu perlu membaca garis besar pembahasan yang dibicarakan.

Advertisement

3. Kenali karakter audiens

foto by : Kampung inggris cec

foto by : Kampung inggris cec via https://www.google.com

Sangat penting mengenali audiens ketika presentasi. Dengan mengenali audiens maka akan membuat presentasi berjalan dengan santai dan bersahabat. Lantas, bagaimana cara mengenalinya? Mengenali di sini bukan hanya sekadar berkenalan nama ya, akan tetapi mengenali karakter dan sikap serta gerak para audiens.

Bagaimana caranya? Lakukan 3 hal ini, pertama tanyakan kabar audiens untuk melihat respon audiens. Kedua, gunakan bahasa formal dengan intonasi teratur seperti iklan produk. Ketiga, perlihatkan ekspresi ramah kepada audiens sekalipun saat beradu argumen.

4. Gunakan gerak tubuh agar tidak terkesan kaku

foto by : Public Speaking Academy

foto by : Public Speaking Academy via https://www.google.com

Gerak tubuh sangat membantu dalam proses presentasi, bukan hanya mampu meningkatkan nilai presentasi itu sendiri dengan memantapkan  penyampaiannya, tapi juga dengan menggerakkan tubuh akan membantu presentator untuk mengalihkan perhatian audiens apabila presentator terlupa materi yang akan disampaikan.

5. Gunakan media pendukung

FOTO BY : wordpress.com

FOTO BY : wordpress.com via https://www.google.com

Penggunaan media sangat membantu dalam proses presentasi, biasanya media yang digunakan adalah alat digital semacam laptop dan proyektor untuk memudahkan proses presentasi. Namun perlu diingat nih, gunakan media presentasi secukupnya, dalam artian tuliskan saja beberapa kata kunci di dalam tampilan layar kemudian penjelasan tidak tertulis di layar tampilan. Kenapa? Agar fokus audiens tertuju kepada presentator bukan medianya, karena tugas media hanya untuk membantu dalam hal memodifikasi presentasi se-modern mungkin.

Jika sudah menyiapkan berbagai bahan materi dan sebelum melakukan presentasi di hadapan seseorang atau banyak orang secara langsung. Tentunya untuk melatih kesiapan mental diperlukan latihan. Nah, latihan yang simpel dan cepat gimana nih? Kamu bisa berlatih dengan menggunakan kaca, kamu berbicara di depan kaca dengan melakukan presentasi. Trik itu digunakan untuk melatih mental dan kesiapan presentator.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE