Assalamu’alaikum, Singlelillah dan yang sudah alumni jadi Singlelillah. Semoga selalu dalam kebaikan.

Untukmu yang masih terbayang-bayang wajah mantan,
untukmu yang masih terngiang-ngiang rayuan maut mantan dan
untukmu yang masih berharap bisa bertemu dengan mantan. #eh

Yuk praktekkan 5 tips ini agar kamu bisa move on dari mantan.
Karena para singlelillah harusnya sudah sibuk move on dari dosa-dosa bukan berusaha move on dari mantan hehehe

1. Jangan memaksa melupakan tapi ikhlaskan

Yuk, pelan-pelan saja melupakannya

Yuk, pelan-pelan saja melupakannya via https://www.google.co.id

Kalau kamu diputusin harusnya bersyukur karena dia sudah jujur dari awal daripada tetap bersama orang yang tidak sepenuhnya mencintai kita, kan perih! Atau bisa jadi memutuskan untuk tidak pacaran tapi memutuskan untuk menuju halal seperti menikah mungkin hihi.

Advertisement

Tapi kalau kamu yang mutusin aku acungkan jempol plus jempol kaki malahan hehe. Kamu hebat dan kamu sudah keluar dari zona hubungan haram, semoga kamu memutuskan karena ingin hijrah menuju yang lebih baik. Bukankah kamu tahu pacaran itu melenakan akan tetapi ada dosa di antaranya.

2. Hapus semua memori tentang dia

Hapus kenangan juga ya!

Hapus kenangan juga ya! via https://www.google.co.id

Jikalau dia masih suka mengejar dan meneror segera hapus nomor dia dari daftar kontak kamu dan dari ingatanmu juga. Tapi jika dia menerima keputusanmu maka tak perlu melakukan hal yang tadi cukup stop stalking tentang dia agar tidak memutus silaturahmi kamu dan dia.

Awas jangan sampai ada modus lagi hehe. Dan untuk kenangan yang terpatri dalam ingatan insha Allah akan perlahan hilang jika kamu selalu berusaha dzikir menyebut nama-Nya bukan melamun mengingatnya. Allah selalu peka dengan hamba-Nya yang sedang berusaha menuju petunjuk-Nya. Insha Allah kenangan memudar bersama waktu.

3. Jangan ada space melamunkan tentangnya

Jangan melamun terus ya!

Jangan melamun terus ya! via https://www.google.co.id

Advertisement

Maksudnya adalah sibukkan dirimu dengan kegiatan positive. Seperti berkumpul dengan orang-orang saleh/saleha, mengikuti kajian, seminar dan kegiatan positive lainnya. Apalagi di era yang penuh kompetitif ini, kini saatnya peluang untuk kamu berenergi positif.

Membangun usaha demi terciptanya lapangan kerja, berkarya untuk menginspirasi sesama, berpetualang hingga alam membuatmu jatuh cinta, atau berbagi demi senyum sesama. Karena di luar sana banyak yang harus kamu sentuh tangannya, banyak yang butuh akan hangat pelukmu, banyak yang menunggu karya-karya luar biasamu, banyak yang ingin bersamamu juga mengarungi bahtera rumah tangga eh keceplosan hehe.

4. Mengemis ilmu dimanapun kamu berada

Jangan lelah menuntut ilmu ya!

Jangan lelah menuntut ilmu ya! via https://www.google.co.id

Ini adalah tips andalan untukmu yang ingin move on dari mantan. Pelajari ilmu tentang taaruf, perzinahan dan yang berhubungan dengannya. Karena hanya dengan menuntut ilmu ataupun mengikuti kajian taubat nasuha insha Allah istiqamah. Seperti kata Ust. Abdul Somad,

"Jika kamu ingin istiqamah dalam taubat nasuha maka pertama paksakan ikut pengajian dimanapun kamu berada, kedua muhasabah diri dan ketiga selalu ingat mati"

Semakin kamu tahu tentang besarnya dosa zina seperti pacaran, kamu akan semakin yakin dan tekadmu kuat untuk bisa move on dari mantan karena kamu sudah tahu betapa besarnya dosa pacaran bahkan pacaran tidak hanya merugikan diri sendiri tapi orang lain juga.

Orang lain juga akan terkena dosanya apabila melihatmu pacaran namun diam saja. Tidakkah kamu egois sudah menaburkan dosa untuk orang lain juga?

5. Berdoa

Berdoa lebih dekat dengan Tuhan

Berdoa lebih dekat dengan Tuhan via https://www.google.co.id

Jangan lelah untuk menangis di sepertiga malam memohon ampun pada-Nya. Jangan berhenti meminta petunjuk akan jalan lurus dari-Nya. Jangan lelah berdoa untuk orang lain agar menuju kebaikan. Karena doa adalah langkah terakhir saat ucapanmu tak dihiraukan, saat ajakanmu pada kebaikan ditolak berkali-kali, saat marahmu menjadi pertengkaran dan saat sabarmu tak terbendung dan tercurahkan dalam tangisan.

Tetaplah berdoa, biarlah Allah yang membuka hatinya. Yang terpenting sekarang bukan mantan melainkan Allah yang selalu singgah di hatimu. Asseekk So, praktekan dan amalkan agar menjadi sadaqah jariyah.

Selamat melupakan mantan dan selamat balikan dalam kebaikan. Semoga dipertemukan kembali dalam pelaminan #eh. Singlelillah semangat berjuang meraih cinta-Nya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya