#MimpiMasaMuda-5 Tips Pola Hidup Sehat Penuhi Gizi Seimbang Sebagai Ikhtiarmu Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah adalah gangguan kesehatan yang sering terjadi pada semua orang, yuk mulai cegah dengan pola hidup sehat agar aktivitasmu berjalan lancar;) Pernah nggak sih kamu tiba-tiba merasa pusing terus timbul rasa ngantuk, dan itu terjadi disaat ibu guru nerangin pelajaran di depan kelas? Hayoo jangan-jangan karena semalam ngelembur ngerjain pr, nonton drama korea atau malahan kamu terkena anemia? wah-wah jangan sampai anemia membuat konsentrasi belajarmu terganggu.

Perlu diketahui, anemia adalah kondisi berkurangnya sel darah merah (entrosit) dalam sirkulasi darah atau massa hemoglobin, sehingga tidak mampu memenuhi fungsinya sebagai pembawa oksigen ke seluruh jaringan. Gejala yang ditimbulkan berupa 5L (lemah, letih, lesu, lelah dan lalai). Saat datang bulan, wanita lebih mudah terkena anemia oleh karena itu, dibutuhkan asupan gizi yang lengkap untuk memenuhi kadar darah di dalam tubuh. Kamu bisa dapatkan dari mengatur pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Advertisement

1. Sarapan pagi, asupan yang penting untuk memulai aktivitas

Sarapan pagi dengan seimbang foto oleh Daria Shevtsova dari pexels

Sarapan pagi dengan seimbang foto oleh Daria Shevtsova dari pexels via https://www.pexels.com

Ada yang pernah perutnya keroncongan saat di kelas? Hayo.. jangan-jangan perutmu kosong dan belum terisi oleh sarapan pagi. Pasti jadi buat kamu ngga fokus karena merasa lapar. Mungkin kamu akan beralasan karena bangun kesiangan dan takut telat datang ke sekolah, kamu jadi lupa untuk sarapan.

Perlu untuk diketahui, menunda sarapan itu ngga baik bagi tubuhmu, nantinya kamu akan merasa pusing dan kehilangan konsentrasi saat belajar dan jika itu berkelanjutan akan berpengaruh dengan prestasi belajarmu. Untuk mendapatkan manfaat dari sarapan pagi, kamu perlu sarapan dibawah dari jam 9 dengan menyeimbangkan asupan gizi yang mengandung protein, karbohidrat dan vitamin.

Advertisement

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh, dengan minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup foto oleh Daria Shevtsova dari pexels

Minum air putih yang cukup foto oleh Daria Shevtsova dari pexels via https://www.pexels.com

Tubuh mememerlukan sekitar 2,5 liter air untuk mencukupi asupan cairan perhari. Namun, itu tergantung dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, seperti saat kamu olahraga, faktor lingkungan, jenis kelamin, aktivitas dan lain-lain. Kekurangan air di tubuh dapat menyebabkan pusing, susah konsentrasi bahkan dehidrasi.

Pentingnya untuk mencukupi asupan cairan bepengaruh terhadap kemampuan kognitif di kemudian hari. Takaran minimal untuk mencukupi asupan cairan di tubuh, kamu perlu minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Yuk, terapkan selalu minum air putih yang cukup, untuk menjaga kesehatan organ-organ di dalam di tubuhmu.

3. Kendalikan stress, kurangi terlalu memikirkan hal-hal yang membuatmu berat

Advertisement
Kurangi memikirkan yang membuatmu pusing foto oleh Polina Zimmerman dari pexels

Kurangi memikirkan yang membuatmu pusing foto oleh Polina Zimmerman dari pexels via https://www.pexels.com

Ada hal yang harus kamu pikirin banget, yang menurutmu itu penting untuk kehidupanmu kelak. Seperti memikirkan masa depan yang berhubungan dengan karir, keluarga ataupun hal lain. Namun, perlu diingat semua itu akan berjalan dengan sendirinya sesuai kemampuan, buktikan kamu udah berusaha dan hasilnya semoga sesuai dengan apa yang kamu harapin.

Memikirkan yang berat-berat atau Overthinking di malam hari menyebabkan kamu sulit tidur dan akan mengganggu aktivitasmu. Jangan sampai kamu berfokus dengan masalah yang lagi dihadapin dan melupakan untuk memenuhi asupan gizimu ya!

4. Zat besi dan vitamin membantu memenuhi asupan gizi yang seimbang saat terkena anemia

Makanan yang mengandung zat besi dan vitamin foto oleh Polina Tankilevitch

Makanan yang mengandung zat besi dan vitamin foto oleh Polina Tankilevitch via https://www.pexels.com

Zat besi adalah kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel darah merah (hemoglobin) sebagai penyalur oksigen yang baik agar menjaga fungsi organ tubuh. Saat kamu mengalami mudah capek atau pusing, dapat menjadi tanda kamu mengalami anemia atau kekurangan darah.

Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang bersumber dari daging, ayam, sereal, ikan, kacang-kacangan dan vitamin yang bersumber dari sayuran seperti bayam, brokoli, kentang, kol dan sebagainya.

5. Menerapkan gaya hidup sehat, dapat menjaga metabolisme tubuh dan kognitif baik

Gaya hidup sehat foto oleh Mary Taylor dari pexels

Gaya hidup sehat foto oleh Mary Taylor dari pexels via https://www.pexels.com

Apakah kamu termasuk tipe yang suka pilih-pilih dalam makanan? Wah, sudah saatnya kamu menyeimbangkan asupan makan dengan porsi yang baik. Boleh kok makan fast food tapi, harus dilengkapi sama sayuran dan buah-buahan ya! Jangan sampe asupan makan yang masuk banyak dari fast  food dan melupakan gizi dan vitamin yang terkandung dalam sayuran dan buah.

Oh iya, ingat selalu untuk mengatur jam makanmu, jangan sampai telat makan nantinya akan berpengaruh pada kesehatanmu di kemudian hari dan kemampuan kognitifmu jadi susah konsentrasi. Olahraga juga salah satu hal yang ngga boleh dilupakan, karena dapat menjaga badanmu tetap bugar dan agar ngga mudah gampang lelah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE