Ingin hidup sehat, sejatinya memang harus berolahraga. Namun, kebanyakan orang justru malas untuk berolahraga karena berbagai alasan, mulai dari kesibukan pekerjaan maupun aktifitas sehari-hari dan alasan-alasan lain. Lalu, apa kita yang jarang, bahkan sama sekali tidak pernah olahraga akan bisa tetap sehat? Jawabannya tentu saja bisa, asalkan anda juga harus menerapkan pola hidup yang sehat mulai dari makanan yang kita konsumsi, waktu tidur dan masih banyak lagi yang akan saya kupas di artikel ini.

Namun, tentu saja olahraga merupakan metode paling ampuh apabila ingin hidup sehat dan kuat, serta menjaga kebugaran tubuh. Anda tidak perlu repot-repot berolahraga yang berat, cukup olahraga yang simpel, seperti lari pagi, atau sekadar stretching, dan yang paling penting, olahraga tersebut harus dilakukan secara teratur, rutin dan konsisten. Hal tersebut justru lebih baik dibanding mereka yang sekali olahraga menghabiskan tenaga yang luar biasa, namun setelah itu tak lagi pernah olahraga. Jadi sangat disarankan, lebih baik luangkan waktu meski hanya setengah jam untuk berolahraga, asalkan rutin.

1. Pola Makan Yang Teratur, Satu Langkah Lebih Depan Untuk Anda Bisa Hidup Sehat

pola makan via http://google.com

Terkadang, orang tidak pernah memikirkan apa saja yang dikonsumsi setiap harinya. Banyak yang tidak peduli akan kandungan gizi dari sumber makanan yang dimakan setiap hari, padahal mempertimbangkan pola makan, seperti seberapa banyak protein yang dimakan pagi hari, siang hari dan hal-hal lain yang berkaitan dengan nutrisi dan gizi yang anda konsumsi itu sangat penting. Maka dari itu, aturlah pola makan menjadi lebih baik. Selain jenis konsumsi, anda juga wajib menjadwal kapan anda makan dan ini harus teratur, jangan asal makan saat lapar saja.

2. Tidur yang Cukup, dan Jangan Terlalu Sering Begadang

waktu normal tidur via http://detik.com

Normalnya, seorang pria maupun wanita yang sudah dewasa, tidur minimal 6-8 jam dalam sehari. Hal tersebut penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat organ tubuh anda menjadi rileks, sehingga akan selalu dalam keadaan fit dan bugar. Menghindari begadang juga sangat penting, karena ada banyak sekali dampak negatif akibat sering begadang, seperti kurang darah dan lain sebagainya, yang tentu membuat kondisi fisik kesehatan tubuh anda menurun.

3. Berjemur di Pantai, Cara Mudah Untuk Menyehatkan Badan

Advertisement

berjemur di pagi hari via http://hipwee.com

Tahu kah anda, bahwa berjemur di pantai itu ternyata bisa menyehatkan badan? hanya berjemur saja, tidak perlu olahraga, akan membuat tubuh terkena vitamin D dari sinar matahari. Waktu berjemur yang paling bagus adalah rentang jam 8 sampai 9 pagi. Tidak harus berjemur dipantai juga, intinya usahakan tubuh anda terkena sinar matahari pada jam-jam tersebut.

4. Mandi Air Dingin Dapat Memperlancar Metabolisme

mandi air dingin via http://google.com

Mandi air dingin, dapat memperlancar metabolisme. Tapi ingat, jangan mandi air dingin saat malam hari. Mandi dengan air dingin memang sangat bagus untuk menyehatkan badan, namun lebih baik tidak dilakukan saat malam hari, karena bisa berisiko menyebabkan rematik dan penyakit-penyakit lainnya.

5. Sekali Kali minum air putih hangat

minum air hangat via http://liputan6.com

Air putih hangat juga dapat digunakan sebagai metode menjaga kesehatan tubuh tanpa olahraga. Air hangat mampu merelaksasi otot tubuh dari dalam dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Namun, jangan terlalu berlebihan juga dalam mengonsumsi air putih hangat ya. Jangan lupa juga imbangi dengan minum air putih dingin biasa.

6. Latihan Kardio

Latihan kardio, tidak terlalu berat. Anda hanya perlu melakukan aerobik ringan selama paling tidak setengah jam. Selain dapat menyehatkan tubuh karena dapat meningkatkan denyut jantung dan memperlancar aliran darah dalam tubuh, latihan kardio juga dapat menghilangkan stres dan menenangkan pikiran, sehingga anda akan sehat fisik dan pikiran.

Itulah beberapa metode untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh tanpa harus berolahrag. Kembali lagi ke point yang saya katakan di atas, olahraga tentu metode yang paling ampuh dan disarankan untuk kesehatan, namun dengan adanya tips ini, semoga anda lebih terbuka lagi wawasannya bahwa ada banyak cara untuk hidup sehat.