Gaya hidup merokok ini sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Namun, hanya segelintir orang yang bisa merokok pada waktu itu, karena rokok pada zaman tersebut merupakan benda yang cukup mahal dan bergaya jadi hanya orang-orang kerajaan yang bisa merokok.

Namun hal itu sudah berubah 180 derajat, hampir semua orang dewasa sekarang ini mengenal rokok dan dari 10 orang dewasa 7 dari 10 orang tersebut merokok. Rokok pun sangat mudah didapatkan, bisa dengan mudah dibeli di warung-warung terdekat.

Namun dari kenikmatan merokok tersebut, ternyata rokok mengundang banyak sekali permasalahan bagi kita, khususnya untuk kesehatan kita. Menurut data yang saya lansir dari Metronews, ada 46 orang yang meninggal setiap jamnya karena merokok.

Untuklah saya merasa kita perlu menghentikan kebiasaan buruk ini agar setidaknya dapat menghindari resiko kematian tersebut. Oke, langsung saja mari kita simak apa saja tipsnya.

1. Makan permen

Makan permen dapat membantu mencegah rasa ingin merokok anda. Jika anda merasa asam pada mulut dan ingin merokok segera makan permen dan rasa ingin merokok anda akan terhenti sementara. Usahakan untuk menyiapkan permen di setiap tempat yang menjadi rutinitas anda seperti di meja tamu, meja kerja, meja santai dan di tempat lainnya.

2. Perbanyak olahraga /akvitas bergerak

Dengan sering berolahraga maka kita tidak akan terpikirkan untuk merokok karena otak sedang konsentrasi dengan olahraga yang kita lakukan. Misalnya bermain fulsal, basket, renang dan lain-lain. Setelah olahraga usahakan untuk minum air putih saja agar tidak memancing rasa ingin merokok anda muncul lagi.

3. Minta support dari keluarga dan teman

Advertisement

Dengan support dari keluarga dan teman untuk membantu anda berhenti merokok akan terasa lebih ringan dibanding anda melakukannya sendiri. Biasanya keluarga dan teman akan membantu memberikan motivasi dan menjauhkan anda dari segala sesuatu yang berhubungan dengan rokok.

4. Konsumsi buah setiap hari

Untuk menghilangkan dampak tidak sehat dari merokok anda bisa mengkonsumsi vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada buah. Usahakan untuk makan buah setiap hari, setelah makan. Biasanya seorang perokok aktif pasti akan merokok setelah. Nah, sekarang kebiasaan tersebut harus anda ganti dengan makan buah. Selain membantu mencegah rasa ingin merokok, makan buah juga sangat baik untuk memulihkan kesehatan anda yang terganggu dari rokok tersebut. Adapun contoh beberapa buah yang bagus untuk perokok adalah buah kiwi, jeruk, apel, pisang, blueberry dan lain-lain.

5. Komitmen dan Tekad

Siapkan mental anda. Bulatkan tekad dan tetapkan komitmen anda kalau anda memang benar-benar ingin berhenti merokok. Karena inti dari berhenti merokok adalah di sini. Keempat tips di atas akan menjadi percuma jika anda tidak mempunyai komitmen dan tekad yang bulat untuk berhenti merokok. Pastikan anda yakin dan beritahukan pada keluarga anda bahwa anda benar-benar ingin berhenti merokok.