Perkembangan teknologi memang sangat luar biasa saat ini, hal tersebut pun membuat banyak aspek kehidupan yang sekarang bisa diaplikasikan seperti berbelanja misalnya. Jika dulu untuk berbelanja kita harus datang langsung ke toko barang tersebut dijual, sekarang kita bisa berberlanja hanya dengan lewat smartphone atau komputer saja.

Sah-sah saja sebenarnya kalau mau belanja offline atau dengan datang langsung ke toko, tapi kalau lokasi nya jauh? Daripada habis tenaga, waktu dan tak sedikit biaya untuk ongkos transport, mending belanja online saja. Bukan cuma itu saja, salah satu faktor kenapa toko online kini banyak disukai adalah karena ketersediaan produk yang berragam dan harga yang bisa saja lebih murah dibanding dengan produk yang dijual di toko biasa.

Misalnya saat kamu akan membeli produk fashion entah itu jeans, kemeja, kaos oblong dan lain sebagainya, rasanya akan sangat melelahkan karena tentu kita harus mencari model yang sesuai, dengan berbelanja online, kita bisa mudah memilih dan memilah atau mencari mana produk yang akan kita beli, tidak perlu memasuki toko satu per satu.

Namun bagi sebagian orang, berbelanja online kini masih menjadi hal yang menakutkan karena takut tertipu atau bagaimana. Untuk kamu yang masih merasa demikian, yuk simak tips dari Hipwee di bawah ini untuk tips berbelanja online agar menyenangkan dan memuaskan, tidak ada lagi ceritanya tertipu!

1. Pilih Toko Online yang Benar-Benar Terpercaya!

perhatikan situs yang kamu kunjungi

perhatikan situs yang kamu kunjungi via http://google.com

Sekarang ada banyak sekali toko online yang terpercaya, jadi kamu tak perlu khawatir akan tertipu, memilih situs yang terbaik dan terpercaya untuk belanja online adalah cara pertama yang wajib diperhatikan, kalau kamu kebingungan situs apa saja yang terpercaya, lihat saja iklan iklan di TV, banyak kok toko online yang ngiklan di TV dan itu sudah pasti terpercaya.

2. Jangan Cuma Fokus dengan Produk, Tapi Pastikan Testimoni Pembeli Bagus!

perhatikan apa kata mereka

perhatikan apa kata mereka via http://google.com

Advertisement

Melihat pengalaman orang lain saat belanja produk yang kamu incar adalah cara terbaik untuk kamu memastikan kalau toko online itu memang berkualitas dan terpercaya, bagi kamu yang akan membeli suatu produk tertentu, kamu wajib memperhatikan hal tersebut.

Lihatlah halaman testimoni dari toko online tersebut, pasti ada kok, kalau tidak ada testimoni, mending pikir-pikir dulu deh karena bisa saja toko online tersebut kurang terpercaya. Selain itu kamu juga bisa melihat kualitas produk yang akan kamu beli juga dari pembeli lain yang sudah membelinya, jadi bisa dijadikan tolak ukur mengenai kualitas produk.

3. Biasanya Banyak Promo Belanja Online Besar-Besaran, Tapi Jangan Tergiur Dulu!

jangan asal beli produk hanya karena diskon!

jangan asal beli produk hanya karena diskon! via https://hipwee.com

Salah satu yang diidam-idamkan shopper saat akan berbelanja online adalah harga barang yang murah, khusus toko online, biasanya ada banyak atau seringkali ada promo besar besaran yang dilakukan dengan harga yang sangat murah.

Advertisement

Tapi yang perlu digarisbawahi, jangan sampai tergiur dulu, pastikan kualitas produk atau barang memang baik dan kalau harganya terlampau murah, kamu patut curiga dan jangan asal beli saja ya!

4. Kalau Belanja Produk Fashion, Perhatikan Ukuran!

jangan sampai lupa ukuran ya!

jangan sampai lupa ukuran ya! via https://www.subscart.com

Banyak sekali orang yang mengalami kekecewaan saat belanja online dan salah satunya adalah saat belanja produk fashion mulai dari sepatu, baju, celana dan lainnya. Bukan karena tertipu atau barang tidak sampai, tapi karena ukuran barang tidak pas saat kita gunakan.

Ya namanya juga toko online, tentu saja tidak mungkin kita mencoba dulu sebelum membelinya kan?

Maka dari itu perhatikan ukuran produk tersebut dengan baik, jangan sampai terlewat karena banyak orang yang saking semangatnya membeli produk sampai tidak memperhatikan ukurannya saja, kalau perlu, kamu bisa chat dulu ke pelapak apakah produk tersebut tersedia dengan ukuran yang kamu inginkan atau tidak.

5. Kalau Perlu, Pilih Kurir yang Menyediakan Layanan COD

perhatikan jasa pengiriman

perhatikan jasa pengiriman via https://www.subscart.com

Tips terakhir khusus untuk kamu yang memang benar benar ragu dalam berbelanja online, kamu tidak perlu khawatir tertipu atau bagaimana, karena sekarang sudah banyak jasa kurir yang menyediakan layanan COD atau bayarnya saat bertransaksi produk nanti, jadi tidak bayar dulu di awal.

Dan sudah banyak juga toko online yang menyediakan fitur ini, tapi biasanya jasa kurir yang ada layanan COD adalah yang khusus daerah perkotaan saja, kalau daerahmu sedikit pelosok atau bahkan di pedesaan, rasanya mustahil deh!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya