Bukan hal baru melihat pemandangan sekumpulan orang-orang sibuk dengan gadget-nya sendiri, bahkan itu seringkali terjadi saat kita sedang berkumpul bersama dengan teman, rekan kerja bahkan keluarga sekalipun. Kamu sering begitu? Kalau iya, maka tidak ada alasan untuk menyebut kamu adalah salah satu korban kecanduan gadget atau smartphone.

Sah-sah saja sebenarnya, toh sekarang memang eranya teknologi terutama smartphone. Tapi kalau sudah kecanduan dan berlebihan penggunaannya, jelas tidak bisa dibiarkan. Karena tak jarang, banyak orang yang justru jadi “tergantung” dengan gadget. Cirinya bagaimana? Gampang banget, kamu bahkan bisa menilai diri kamu sendiri apakah kamu termasuk pecandu gadget atau tidak, coba deh sehari saja nggak pegang smartphone, rasanya bagaimana?.

Pasti kamu akan merasa dunia ini terasa membosankan, tidak ada hal yang seru yang lain selain dengan kamu mengakses gadget, bagi kamu anak sekolah atau kuliah, rasanya malas banget untuk belajar kalau belum bersentuhan dengan gadget. Terlepas dari manfaat positifnya, ada begitu banyak hal negatif dari penggunaan smartphone terutama jika berlebihan, so, kalau kamu merasa (saya rasa hampir semua orang yang baca artikel ini) adalah pecandu gadget sejati, segera lakukan 5 tips berikut ini:

1. Lupakan dan Hindari Gadget 30 Menit Pertama Setelah Bangun dan Akan Tidur.

bangun tidur kok pegang gadget?

bangun tidur kok pegang gadget? via http://9trendingtopic.blogspot.co.id

Sudah hal pasti kalau pecandu gadget akan selalu mengecek smartphone-nya, terutama saat akan tidur, bahkan saat di mana mata baru melek bangun tidur saja, tangan sudah meraba-raba smartphone dan mengeceknya. Betul? Maka dari itu, solusi yang bisa kamu coba adalah dengan menghindari akses smartphone saat pertama kali bangun dan akan tidur, paling tidak 30 menit sebelum itu.

Karena kalau dari bangun tidur saja sudah mengakses smartphone, seterusnya pasti bakal tak bisa lepas darinya. Secara tidak langsung, kebiasaan ini juga akan membuat kamu bisa terlepas dari genggaman gadget meski cara ini jelas tidak bisa sepenuhnya membuat kamu terhindar dari kecanduan gadget, kalau begitu, lanjut ke tips selanjutnya!

2. Lakukan Kegiatan yang No Phone Available atau Ketiadaan Smartphone.

lakukan banyak hal yang tak ada gadget di situ

lakukan banyak hal yang tak ada gadget di situ via http://milo.co.id

Advertisement

Kalau kegiatan seperti nongkrong bareng teman, rasanya nggak mungkin kalau disuruh menghindari yang namanya smartphone, karena bakal ada momen "garing" dan pasti lama kelamaan akan merasa bosan, belum lagi kalau ada temen yang suka selfie, gagal permanen untuk menghindari kecanduan smartphone.

Terus gimana dong? Lakukan banyak hal yang tak ada gadget! Ada banyak hal kok, yang paling simpel adalah dengan olahraga dan masih banyak aktivitas lain tentunya, yang penting, lakukan aktivitas yang membuat kamu berpikir untuk membuang jauh jauh smartphone saat kamu sedang melakukan aktivitas tersebut.

3. Kalau dua Cara di Atas masih Kurang Mempan, Kamu Bisa Buat Jadwal Ketat Penggunaan smartphone Kamu!

Buat Jadwal ketat

Buat Jadwal ketat via https://www.appletreebsd.com

Memang, ada sebagian orang yang benci sekali dengan yang namanya jadwal, karena memang sering membuat kita jadi merasa tertekan, jam segini, teng! Harus melakukan ini, itu dan lain-lain. Tapi tak bisa dipungkiri, bahwa jadwal adalah cara terbaik untuk membuat diri kita lebih di siplin, termasuk dalam penggunaan smartphone ini, jangan berlebihan, buatlah jadwal berapa kali dan kapan waktu kamu pegang smartphone dan untuk aktivitas lain, jangan sampai aktivitas sehari-harimu sering tertunda karena keseringan scrool gadget terus.

4. Ajak Pasanganmu Kerjasama, Jangan Chat Setiap Hari Setiap Waktu, Bikin Gagal Fokus!

chat sama doi juga ada waktunya

chat sama doi juga ada waktunya via https://relationship.popbela.com

Advertisement

Kalau alasan kamu sering scrool smartphone karena menunggu chat dari doi, cobalah untuk ajak kerjasama pasangan kamu tersebut. Kapan waktunya chatting, kapan waktunya fokus kegiatan sehari hari entah itu kuliah, kerja, hiburan misal nonton TV dan lain sebagainya.

Karena seringkali orang jadi gagal fokus kalau terus terusan mantengin ponsel hanya untuk menunggu chat dari pasangannya saja, lagi kuliah Dosen belum dateng scrool smartphone, kuliah baru 10 menit cek lagi, hal inilah kenapa ada banyak orang yang sukses karena tidak pacaran, ya karena memang mereka fokus pada aktivitas mereka, kuliah, kerja dan lain sebagainya.

5. Jangan Kebanyakan Akun Sosmed, Hapus Game-Game dan Aplikasi Nggak Penting

buang jauh jauh aplikasi nggak penting

buang jauh jauh aplikasi nggak penting via http://wikipiee.com

Mau nggak kecanduan gadget tapi di dalamnya masih banyak aplikasi seperti sosial media, game, aplikasi dan lainnya? Memang tak masalah sebenarnya selama kita sendiri tidak membuka smartphone tersebut, tapi ini jelas menghambat proses kamu melupakan kecanduan smartphone itu sendiri, apalagi fenomenal game yang sedang terjadi saat ini, sosmed juga, gunakanlah 1-2 saja, jangan terlalu banyak karena ini akan semakin membuat kamu bolak-balik buka satu per satu aplikasi sosial media.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya