Di Indonesia sendiri, Bahasa Inggris merupakan salah satu materi pelajaran WAJIB yang ada mulai dari SD, SMP, SMA sampai kuliah pun kita dijejali materi bahasa Asing yang satu ini. Tidak aneh karena kemampuan berbahasa Inggris memang sangatlah penting bagi semua orang karena ini merupakan bahasa Internasional dan khusus kamu yang sudah memasuki SMA dan bangku kuliah, Bahasa inggris juga wajib kamu kuasai untuk mempermudah jalan kamu menggapai karir karena di era sekarang, kebanyakan perusahaan perusahaan pasti ingin para karyawannya paling tidak bisa berbahasa Inggris.

Namun Bahasa Inggris seringkali menjadi "momok" bagi banyak orang, banyak sekali yang mengeluh karena sulitnya memahami Bahasa Inggris yang memang penuh dengan aturan dari mulai penulisan, membaca kalimat dan lain sebagainya, ada saja aturannya. Namun kembali lagi, mengingat pentingnya Bahasa Inggris, tentu tidak ada alasan untuk kamu tidak mendalami bahasa Inggris ini, bahkan di luar sana banyak lho yang rela habis jutaan untuk biaya kursus. Nah, khusus untuk kamu yang tak mau kursus karena tentu biayanya mahal, alangkah baiknya kamu perhatikan 5 tips dari Hipwee di bawah ini.

1. Punya Smartphone? Ubah Smartphonemu Jadi Bahasa Inggris!

ubah bahasa default ponsel ke inggris

ubah bahasa default ponsel ke inggris via https://www.educenter.id

Bisa dipastikan hampir semua orang pasti punya smartphone. Dan ini bisa menjadi media kamu untuk belajar Bahasa Inggris. Pernah dengar pepatah "bisa karena terbiasa"? Ya, itu memang benar adanya. Kalau diamati, banyak atau bahkan sebagian gamers contohnya, pasti mereka pandai berbahasa Inggris karena mereka sering bermain game di mana game sendiri memang notabenenya berbahasa Inggris.

Advertisement

Maka dari itu bagi kamu yang setiap hari mengakses smartphone, ubahlah bahasa default ponsel kamu jadi bahasa Inggris, dengan ini secara tidak langsung kamu juga belajar Bahasa Inggris.

2. Suka Film? Mulai Sekarang, Tonton Film Tanpa Ada Subtitlenya!

nonton film inggris tanpa subtitle!

nonton film inggris tanpa subtitle! via http://jalantikus.com

Kalau kamu suka nonton film-film luar negeri yang berbahasa Inggris, cobalah untuk tidak menggunakan subtitle saat menonton film tersebut. Ini sebenarnya masih berkaitan dengan tips sebelumnya yakni mengubah smartphone jadi bahasa Inggris. Dengan begini, kamu bakal berlatih berbahasa Inggris secara tidak langsung tapi hasilnya bakal optimal karena kamu bakal berusaha untuk memahami suatu percakapan dalam film dengan mengetahui maksud dari setiap kalimat yang diucapkan. Cara ini juga terbilang efektif karena bisa dipastikan kamu tak akan merasa bosan karena memang sudah hobi nonton film.

3. Jika Memang Masih 0 Dalam Berbahasa Inggris, Jangan Ragu Belajar Materi Bahasa Inggris SD Sekalipun.

belajar dari 0? why not!

belajar dari 0? why not! via https://ganeshacollege.com

Bagi kamu yang sudah pelajar tingkat menengah ke atas atau mahasiswa sekalipun namun skill berbahasa Inggris masih 0, jangan pernah ragu untuk belajar dari 0 juga. Belajarlah bahasa Inggris dasar banget yang biasanya dipelajari waktu sekolah SD sekalipun seperti tentang Alphabet, kosakata dan lain sebagainya.

Advertisement

Karena yang namanya mempelajari sesuatu, memang bagusnya dari dasar, jadi kalau skill dasarnya saja kamu masih jelek, bagaimana mau jago berbahasa Inggris?

4. Jangan Belajar Bahasa Inggris Hanya Dengan Menghafal Kosakata Saja

stop belajar bahasa asing dengan menghafal kosakata!

stop belajar bahasa asing dengan menghafal kosakata! via http://hipwee.com

Mayoritas orang kalau belajar Bahasa Inggris, mungkin satu hal yang pasti, mereka akan mencoba menghafalkan banyak kosakata satu per satu, namun kalau dengan cara itu saja, jelas akan sia sia. Karena yang namanya menghafal, tentu ada lupanya di situ, termasuk dalam berbahasa Inggris. INGAT! kosakata bahasa Inggris itu bukan puluhan tapi banyak! Realistis saja, apa kamu bisa menghafal kosakata dengan jumlah yang banyak begitu hanya dengan menghafal saja? Tentu tidak.

Terus gimana dong? Selain menghafal kosakata, ada baiknya kamu seringkali belajar dengan menggunakan kosakata kosakata tersebut menjadi sebuah kalimat sederhana, bisa kalimat percakapan, pertanyaan atau lain lain dan sering seringlah terapkan kalimat tersebut dalam sehari-hari.

5. Setelah Kamu Kaya Akan Kosakata, Pelajarilah Materi Grammar Dengan Baik

grammar memang susah, tapi wajib kamu pahami

grammar memang susah, tapi wajib kamu pahami via http://hipwee.com

Grammar merupakan materi yang sangat penting yang harus dikuasi oleh semua orang yang ingin berbahasa Inggris, namun grammar juga menjadi salah satu materi yang paling tidak disukai karena memang sangat rumit sekali. Tapi kalau benar benar mau jago berbahasa Inggris, ya kamu harus belajar grammar sebaik mungkin karena ini memang sangat penting.

Grammar merupakan aturan dalam bahasa Inggris yang harus diterapkan dengan benar, kalau salah, bisa bisa lawan bicaramu akan salah mengartikan kalimat bahasa Inggris yang kamu ucapkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya