6 Alasan Kamu Harus Ambil Beasiswa di Luar Negeri

nilai lebih beasiswa luar negeri

Belajar di luar negeri adalah topik bahasan yang tidak pernah bosan untuk diulas. Selain dari  manfaatnya yang sangat besar, kesempatan ini juga sangat baik untuk prospek karier yang cemerlang. 

Banyak sekali tawaran dan program beasiswa yang tersebar dari pemerintah maupun non pemerintah di Indonesia. Jadi tidak perlu khawatir biaya mahal untuk melanjutkan kuliah atau belajar di luar negeri. Yuk simak alasan pentingnya belajar di luar negeri sampai akhir.

Advertisement

1. Referansi ilmu

Photo by fauxels from Pexels

Photo by fauxels from Pexels via https://www.pexels.com

Belajar di luar negeri memberikan kita kesempatan bertanya ataupun berguru langsung kepada profesor dan para ilmuwan dunia.

Kita juga bisa menggali langsung ilmu dari referensi induknya dengan bahasa asli tanpa suntingan dari penerjemah.

Advertisement

Begitu pula dengan jurnal dan perpustakaan yang berbeda bagi mahasiswa internasional. Akses buku yang lebih fleksibel serta fasilitas perpustakaan yang lebih memadai sangat membantu hasil penelitian yang kita kerjakan.

2. Bahasa baru

Photo by Keira Burton from Pexels

Photo by Keira Burton from Pexels via https://www.pexels.com

Bahasa adalah alat komunikasi yang sangat sering kita digunakan untuk bertahan hidup. Bahasa akan melekat dengan sendirinya di dalam otak kita setelah mendengarnya berulang kali.

Kemampuan berbahasa ini sangat membantu kita untuk memperoleh ilmu lebih dalam berbahas asing. Juga dengan peluang kerja di tanah air nantinya, tanpa kursus kita bisa menguasai bahasa dan menggunakanya dengan sangat mudah.

Advertisement

3. Kematangan finansial

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Photo by Karolina Grabowska from Pexels via https://www.pexels.com

Hidup sederhana di negara orang dapat memberikan kita banyak pelajaran. Salah satunya yaitu bagaimana kita hidup dengan memanfaatkan sebaik mungkin pendapatan yang ada.

Maka kita akan terbiasa cerdas dalam menggunakan uang. Lagipula kurs rupiah dengan mata uang asing biasanya di atas rata-rata. Sisa uang beasiswa yang kita peroleh bisa ditabung dan nantinya bisa untuk modal usaha.

4. Kenyamanan belajar

Photo by Kampus Production from Pexels

Photo by Kampus Production from Pexels via https://www.pexels.com

Konsentrasi berperan sangat penting dalam proses belajar. Jadwal belajar dan kehidupan yang penuh juga sangat mempengaruhi kita dalam mengisi waktu luang.

Semakin sedikit waktu luang kita, maka semakin sedikit pula kesempatan kita untuk scroll-scroll  di media sosial. Hal ini membuat kita nyaman untuk berkonsentrasi penuh dalam belajar.

Selain fokus, ruang belajar yang dipenuhi berbagai fasilitas mendukung juga akan meningkatkan kenyamanan belajar. Mahasiswa internasional biasanya lebih menghargai waktu dan kenyamanan untuk belajar.

5. Peluang kerja sama

relasi baru

relasi baru via http://freepik.com

Semakin kita membuka dan mengeksplor diri kita, semakin kita mudah untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Tempat dan lingkungan yang berbeda akan memberikan kita banyak kesempatan untuk membuka relasi baru.

Maka dari relasi yang terbentuk biasanya akan timbul interaksi dan kepercayaan satu sama lain. Hal ini membuat kita lebih mudah dalam membuka kerja sama dengan relasi yang ada. Akan berbeda masalahnya jika orang yang bekerja sama dengan kita asing dan sama sekali belum kita kenal.

6. Wawasan mendunia

Photo by Kampus Production from Pexels

Photo by Kampus Production from Pexels via https://www.pexels.com

Sangat disayangkan jika setelah hidup lama kita hanya mengetahui hal-hal seputar kehidupan di rumah kita saja. Maka dengan wawasan yang lebih luas kita bisa membagikan lebih banyak hal baik dari dunia ini kepada orang lain.

Akan ada banyak cerita dan jalan keluar untuk masalah yang kita hadapi. Kita bisa banyak membantu orang lain dengan ilmu yang kita punya.

Dan yang pasti, ini menambah presentase kita dalam membuka peluang kerja dengan berbagai orang yang berbeda latar belakang dan negara.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE