Di zaman millenial yang serba modern ini, arus informasi semakin mudah untuk diakses. Salah satu cara untuk memanfaatkan perkembangan ini adalah dengan mengembangkan diri, salah satunya dengan pergi ke luar negeri. Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus ke luar negeri.

 

1. Membuka mindset

shanesnow/dreamteams

shanesnow/dreamteams via https://www.shanesnow.com

Dengan pergi ke luar negeri, kamu akan tahu hal-hal baru yang tidak akan kamu temukan di negaramu, tempat di mana kamu berasal. Kamu akan ditantang untuk keluar di zona nyamanmu dengan beradaptasi pada lingkungan asing yang membuatmu tidak nyaman. Dengan demikian, mau tidak mau kamu harus menerima dan hal demikian membuat menjadi pribadi yang lebih terbuka.

2. Menambah teman

Advertisement

Dengan pergi ke luar negeri, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah dan meluaskan jaringan pertemananmu dalam skala global. Jadi temanmu nggak itu-itu mulu.

3. Tahu karakter orang asing

Jabar Tribunnews

Jabar Tribunnews via http://jabar.tribunnews.com

Kamu jadi tahu karakteristik orang-orang di luar negaramu seperti apa. Ada yang individualis, opportunist, maupun friendly dan down-to-earth. Kamu akan belajar memahami karakter  orang luar negeri, sehingga hal demikian akan membantumu untuk tahu cara bergaul dengan mereka

4. Meningkatkan kemampuan berbahasa asing

+Babbel Magazine

+Babbel Magazine via https://www.babbel.com

Dengan pergi ke luar negeri, kamu akan belajar berkomunikasi dengan menggunakan bahasa internasional, yakni bahasa Inggris. Di jaman modern ini, memiliki kemampuan berbahasa Inggris adalah nilai plus seseorang agar tetap bisa bersaing di skala global. dengan pergi ke luar negeri, kamu bisa mengasah kemampuan berbahasamu disini karena mau tidak mau hanya bahasa Inggris yan bisa kamu gunakan

5. Menjadi lebih nasionalis dan banyak bersyukur

Indo Progress

Indo Progress via https://indoprogress.com

Advertisement

Dengan pergi ke luar negeri, kamu akan dipaksa untuk keluar dari zona nyamanmu. Kamu akan menghadapi banyak situasi yang berbeda dari yang kamu biasa lakukan atau kamu temui di negaramu, misalnya berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, adpatasi dengan makanannya, lingkungannya, kamu akan jauh dari keluargamu serta harga apapun yang bisa jadi 2-3 kali lipat bisa lebih mahal maupu lebih murah.

Kamu akan belajar untuk lebih nasional dan bersyukur karena bagaimanapun di negaramu lah tempat terbaik untuk tinggal dan kembali bagaimanapun situasi dan kondisinya. Kamu akan belajar lebih menghargai apa yang ada di negaramu dan bangga akan menjadi warna negara di mana kamu lahir. 

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Rilivstory

Rilivstory via http://riliv.co

Dengan pergi ke luar negeri, dengan pengalaman yang kamu dapatkan selama di sana, secara tidak langsung akan mempengaruhi menjadi seseorang yang lebih percaya diri. Hal ini dikarenakan kamu sudah memiliki pengalaman internasional dengan tahu kondisi lingkungan global.

7. Menjadi pribadi yang lebih humble

Meme xyz

Meme xyz via https://meme.xyz

Kamu tahu kondisi di luar negeri terkadang tak seindah yang ada di foto.Kamu harus berjalan cukup jauh dan lama untuk menuju suatu tempat, makan makanan yang rasanya mungkin kurang bisa diterima lidah dan perutmu, toilet tanpa air cuma tisu saja. Semua kondisi tidak enak ini akan menjadikanmu sebagai pribadi yang lebih rendah hati, kamu akan lebih belajar menghargai apa saja yang ada di negaramu. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya