Banyak orang pasti ingin “mencicipi” indahnya negara Inggris. Meskipun kecil, negara ini selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hal itu karena negara yang terkenal dengan kerajaan dan premier league-nya ini banyak memiliki tempat-tempat yang menarik dan worthy untuk dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kalau berkunjung ke benua Eropa tidak lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke Inggris, negara yang bahasanya menjadi bahasa internasional ini. Nah, berikut beberapa alasan kenapa perlu berkunjung ke Inggris setidaknya sekali dalam seumur hidup.

1. Inggris Punya Tempat Wisata yang Banyak

Sebut saja London Eye yang terkenal dengan biang lala-nya, Big Ben yang menjadi ciri khas Inggris, London Tower Bridge, Buckingham Palace, Stonehenge yang misterius, Madam Tussauds yang berisi patung lilin tokoh-tokoh dunia, Westminster Abbey yang digunakan sebagai tempat penobatan Raja Inggris dan Perancis, British Museum yang berisi berbagai macam koleksi kuno dari berbagai masa, Trafalgar Square yang ada di pusat Kota London, Portobello Road Market yang menyajikan barang-barang antik, dan sebagainya. Belum ke Inggris rasanya kalau belum mengunjungi tempat-tempat epic tersebut.

2. Inggris Punya Kampus Terbaik di Dunia

Kamu punya mimpi kuliah di salah satu universitas terbaik di dunia? Jika iya, kamu bisa mewujudkannya dengan pergi ke Inggris. Di Inggris ada Universitas Oxford dan Universitas Cambridge yang sudah terkenal merupakan universitas terbaik di dunia dan telah melahirkan banyak ilmuwan-ilmuwan terkenal. Nggak cuma dua universitas tersebut, ada juga universitas Warwick, Universitas Manchester, dan Universitas Lancester yang tak kalah kerennya.

Advertisement

Kamu bisa mewujudkan mimpimu untuk kuliah di Inggris dengan mencari beasiswa. Banyak sekali program-program beasiswa yang menawarkan kuliah di Inggris yang bisa kamu temukan di internet, tapi cari yang trusted, ya. Meskipun kamu tidak berminat untuk kuliah di Inggris, mengunjungi kampus-kampus ini bukanlah hal yang sia-sia. Kali aja kamu bisa dapat ilmu yang lain atau kamu bisa memanfaatkannya sebagai spot foto agar feeds Instagram-mu makin ciamik.

3. Inggris Punya Desa-Desa yang Cantik dan Wajib Dikunjungi

Bibury Village

Bibury Village via http://bibury.com

Selain punya universitas terbaik, Inggris juga punya desa wisata yang worthy banget untuk dikunjungi. Masing-masing desa menawarkan keindahannya tersendiri. Contohnya adalah Desa Bibury di Gloucestershire yang terkenal dengan cottage batu tradisional dari abad 17-an, Desa Castle Combe yang terkenal dengan cottage batu dan bangunan gereja abad pertengahan.

Desa Clovely yang terkenal dengan jalan batunya yang curam tapi cantik yang diapit oleh cottage-cottage bernuansa putih dan bercerobong asap yang khas, Desa Castleton di Derbyshire yang memiliki daya tarik pada nuansa pedesaan ala Inggris yang asri dan nyaman, dan Desa Lacock di Wiltshire yang terkenal dengan pemandangan desanya yang masih tradisional dan masih orisinil karena tak banyak berubah sejak abad 18. Mantap, kan? Jadi makin pengen explore Inggris, deh.

4. Inggris Punya Banyak Stadion Sepak Bola yang Terkenal di Dunia

Advertisement

Kalau berbicara tentang Inggris belum lengkap rasanya kalau tidak menjamah sepak bolanya. Negara berjuluk The Three Lions ini punya banyak banget klub sepak bola yang telah mendunia, sebut saja Manchester United, Arsenal, Liverpool, Chelsea, Manchester City, Leicester City, Everton, dan lainnya. Dari klub-klub tersebut lahirlah banyak bintang-bintang dunia sepak bola. Sebut saja Christiano Ronaldo, Mohammed Salah, David De Gea, Kevin de Bruyne, Alexis Sanchez, dan lain sebagainya.

Nah, masing-masing dari klub tersebut pasti punya stadion sebagai kandangnya. Contohnya adalah Stadion Old Trafford yang merupakan kandang Manchester United, Stadion Emirates markasnya Arsenal, Stadion Stamford Bridge markasnya Chelsea, Stadion Goodison Park markas dari Everton, King Power Stadium markas dari Leicester City, Anfield Stadium markas dari Liverpool, Ethihad Stadium markas dari Manchester City, dan masih banyak stadion sepak bola lainnya. Masing-masing stadion pun memiliki desain yang megah dan keren pastinya. Kamu yang soccerholic wajib untuk mengunjungi stadion-stadion sepak bola tersebut!

5. Inggris Punya Kerajaan yang Masih Bertahan Hingga Sekarang

Buckingham Palace

Buckingham Palace via http://visitlondon.com

Inggris merupakan negara yang berbentuk monarki konstitusional dan termasuk ke dalam United Kingdom (UK) atau Britania Raya (The Great Britain). Oleh sebab itu, Inggris memiliki Ratu sebegai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Kerajaan Inggris telah berdiri sejak abad ke-9 dan bertahan hingga sekarang. Hal itu terlihat dari jabatan kepala negara yang dipegang oleh Ratu Elizabeth II dan jabatan Putra Mahkota yang dipegang oleh Pangeran Charles.

Kemegahan kerajaan Inggris juga sudah terkenal di seluruh dunia. Arsitekturnya yang unik menjadi daya tarik tersendiri dan menarik banyak pengunjung. Selain itu, kehidupan anggota kerajaan Inggris juga menyita banyak perhatian publik. Termasuk berita tentang anak-anak Pangeran William dan Kate Middleton. Hayo, pasti pengen banget jalan-jalan ke Istana Inggris lalu berharap bertemu Pangeran George dan Putri Charlotte yang imut-imut itu, kan?

6. Inggris Punya Ikatan Sejarah dengan Indonesia

History of Java

History of Java via http://2.bp.blogspot.com

Dari buku-buku sejarah kita tahu bahwa Inggris pernah menduduki Indonesia setelah Belanda pada tahun 1811-1816. Penjajahan itu dimulai dengan adanya Perjanjian Tuntang yang menyatakan bahwa Belanda telah menyerah kepada Inggris dan Indonesia menjadi daerah jajahan Inggris di bawah pimpinan Sir Thomas Stamford Raffles.

Meskipun Inggris menduduki Indonesia tidak selama Belanda, tapi banyak peristiwa dan kebijakan yang terjadi selama periode itu, antara lain Pulau Jawa dibagi menjadi 16 karesidenan, petani dibebaskan untuk menanam tanaman ekspor, penetapan sewa tanah (land rent), penghapusan kerja rodi, ditulisnya buku History of Java, penemuan bunga Rafflesia arnoldii, dan dirintisnya pendirian Kebun Raya Bogor.

Penasaran nggak, sih, dengan jejak-jejak sejarah Indonesia di Inggris? Siapa tahu dengan jalan-jalan ke Inggris kita bisa menemukan jejak saudara kita yang zaman dulu yang pernah ke Inggris setelah pernah dijajah. Hehehe.

Bagaimana? Sudah kepengin banget belum untuk pergi ke Inggris? Semoga suatu hari nanti diberikan kesempatan untuk pergi ke sana, ya, guys! :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya