Pernah nggak sih kesal sendiri karena kuota internet handphone kamu cepat habis? Simak yuk daftar aplikasi oke buat ngehemat kuota berikut ini.

Ada beberapa hal yang sebenarnya bikin kuota kamu cepat habis. Pertama, karena kamu mengunduh file-file dari internet dengan ukuran aslinya. Kedua, kamu suka nggak sadar scrolling foto-foto Instagram sampai lupa waktu. Ketiga, kamu suka browsing website yang banyak gambar dan videonya.

Daripada uring-uringan harus beli kuota internet mulu tiap minggu, coba deh pakai aplikasi Android untuk menghemat kuota internet berikut ini. Dijamin masalah boros kuota kamu akan cepat teratasi.

1. My Data Manager

Aplikasi My Data Manager

Aplikasi My Data Manager via https://google.com

My Data Manager adalah aplikasi yang dapat melaporkan berapa banyak kuota internet yang kamu gunakan. Sehingga kamu dapat mengontrol penggunaan kuota kamu, agar tidak kehabisan kuota.

Aplikasi ini juga akan memberitahu kamu, aplikasi apa saja yang banyak memakan kuota internet kamu. Dengan aplikasi ini kamu juga bisa menghentikan aplikasi yang banyak memakan kuota.

2. Samsung Max

Samsung Max

Samsung Max via https://google.com

Advertisement

Samsung Max adalah aplikasi yang akan memberikan kamu saran untuk menghemat kuota internet. Selain itu, aplikasi ini dapat melindungi keamanan dan pengelolaan aplikasi.

Aplikasi bawaan Samsung ini juga dapat memproses data yang masuk ke browser, aplikasi, dan game online kamu. Dengan kompresi data yang tinggi, membuat hemat kuota internet kamu dan mempercepat koneksinya.

3. Data Usage Monitor

Data Usage Monitor

Data Usage Monitor via https://google.com

Data Usage Monitor adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan untuk kamu. Aplikasi ini dapat membantu kamu secara akurat untuk mengecek kuota kamu dan menganalisa data dengan sangat mudah. Aplikasi ini juga akan memunculkan notifikasi apabila kamu telah menggunakan kuota melebihi batas yang telah ditentukan.

4. UC Browser

UC Browser

UC Browser via https://google.com

Advertisement

UC Browser merupakan browser yang dapat menghemat kuota lho. Browser buatan Tiongkok ini dapat mengatur penggunaan kuota kamu dengan fitur Hemat Data. UC Browser akan mengkompres data yang masuk tanpa mengurangi kualitas pada saat kamu sedang berselancar di internet.

5. Opera Mini

Opera Mini

Opera Mini via https://google.com

Opera Mini juga merupakan browser yang dapat menghemat kuota kamu. Aplikasi ini dapat mengatur data dan kecepatan internetnya. Pada aplikasi ini terdapat pengaturan untuk mengkompres data menjadi "High" atau "Extreme". Jadi kamu bisa lebih menghemat kuota internet ketika menggunakan browser ini. Efek dari menghemat kuota ini, kualitas dari gambar, video, dan lain-lain akan menjadi rendah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya