Bagi anak di era generasi 90an, apa pun yang ada dan yang terjadi di masa kecilnya selalu memberikan kesan tersendiri untuk selalu dibicarakan dan diingat, bahkan sekalipun usia kita kita kini tak lagi muda. Termasuk mengenai barang-barang kesukaan. Yang di zaman itu untuk memiliki 6 barang di bawah ini bisa dibilang perlu perjuangan sekali, guys.

Selain beberapa diantaranya terbilang mahal, terkadang ada cerita tersendiri di baliknya. Semisal untuk memiliki walkman di zamannya, kita perlu nabung dulu dari uang jajan. Tahu sendiri kan guyswalkman merupakan barang keren yang tidak semua remaja dapat memilikinya di saat itu. Itulah mengapa 6 barang dibawah ini merupakan benda terkeren di zamannya dan terspesial di zaman sekarang.

Saking sulitnya mendapatkan 6 barang ini, di zaman serba modern dan canggih seperti era milenium saat ini, anak zaman sekrang mana tau rasanya nelpon gebetan harus pergi ke wartel atau minta dijemput kudu lari ke tempat telepon pakai koin Rp 500,- an sambil bilang “ma, udah waktunya adek dijemput pulang”.

Apa aja nih, barang spesialnya?

1. Telepon Umum

Telepon Umum

Telepon Umum via https://www.google.co.id

Meski di zaman dulu telepon rumah sudah ada, tapi tidak untuk phone celular alias handphone ya guys. Kalaupun ada, pastinya hanya anak gedongan yang dapat memilikinya, guys. Walaupun telepon umum bukanlah barang pribadi, tapi telepon umum menjadi barang yang dianggap keren oleh anak 90an.

Advertisement

Bayangin aja guys, saat itu untuk bisa menghubungi orang tuamu hanya untuk minta dijemput, menghubungi teman hanya sekadar menanyakan PR atau menghubungi beberapa kerabat sering kali anak 90an menggunakan fasilitas telepon umum yang disediakan oleh pemerintah. Dalam penggunaanya sering kali kita harus mengantre, yang mungkin dan bisa dibilang memakan waktu sampai berjam-jam. 

2. Disket

Sebelum adanya CD-R/CD yang bertransformasi menjadi Flashdisk, pelopor pada zamannya adalah disket, guys. Disket atau yang dikenal juga sebagai floppy disk merupakan barang bawaan wajib bagi para mahasiswa di era 90an. Dan, jangan harap kamu bisa menyimpan semua segala file download-anmu pada disket yang kamu bawa ya, guys. Karena kapasitas disket atau floppy disk terbatas, hanya 1,5MB. Ukuran 1,5 MB pada saat itu sudah dianggap besar. 

3. Tape Player

Tape Player

Tape Player via https://www.google.co.id

Meski tape player memiliki ukuran yang besar, nyatanya pemuda yang membawa tape player ke kosan atau terpampang nyata di dalam kamarnya selalu dianggap keren. Dan bahkan guys, anak-anak zaman dulu bukannya malu kalau harus menenteng barang satu ini, justru ada kebanggaan pada diri mereka ketika bisa menenteng tape player di zamannya. Ditambah penjualan kaset yang saat itu bisa dibilang sedang tinggi-tingginya, membuat tape player menjadi barang yang paling diincar oleh kalangan  muda di era tahun 90an.

4. Nintendo

Advertisement

Sebelum playstation sebooming seperti saat ini, nintendo merupakan barang yang wajib dimiliki oleh para gamers di era 90an. Tidak hanya dari kalangan pecinta game, rata-rata nintendo adalah barang yang wajib disentuh dan ditemui oleh anak-anak era 90an sepulang sekolah atau bahkan di hari libur sekalipun. Yang mana ada satu hal yang tidak bisa dilupakan dari perangkat satu ini, yaitu kasetnya yang memiliki ukuran  besar dan belum berbentuk lempengan CD seperti saat ini.

5. Gimboat

Gamewatch atau yang lebih dikenal dengan nama Gimbot. Apa itu Gimbot? Bisa dibilang gimbot ini mirip dengan nintendo ya, guys. Hanya saja gimbot ini lebih praktis, bisa dibawa ke mana-mana tanpa harus bawa kaset gamenya.

Gimbot selalu menawarkan bentuk-bentuk karakter games yang bisa dikatakan sangat bagus pada saat itu. Bahkan di dalam gimbot juga terdapat background music  yang enak untuk didengar di saat kita main games. 

6. Walkman

Nah, kalau untuk barang yang satu ini, hampir semua anak remaja di tahun 90an selalu mengidamkan untuk memiliki walkman pada saat itu. Bagi remaja 90an, menenteng walkman adalah kebanggan tersendiri. Sebelum adanya Mp3 player, walkman adalah idaman remaja pada zamannya. Yah bisa dibilang semacam iPhone pada zamannya.

Selain harganya yang mahal, walkman juga hampir memiliki konsep yang sama dengan tape player, hanya saja walkman berbentuk kecil dan bisa dibawa ke mana-mana. Tentunya juga dengan disertai kaset ya guys, untuk mendengarkan lagu yang kita inginkan.

Meski keberadaan 6 barang tadi sudah mulai hilang eksistensinya dan tergantikan dengan barang-barang yang lebih canggih, namun, bagi generasi 90-an barang-barang tersebut memiliki kenangan tersendiri yang tidak bisa dihapuskan. Tentunya anak zaman milenial tidak pernah bisa merasakan sensasi dari ke 6 eksistensi barang ini. Iya, kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya