5 Cara Membuat Anak Cerdas Menggunakan Media Sosial

Media sosial hari ini begitu banyak ragamnya. Ragam jenis dari media sosial ini berkembang pesat bagi siapa saja untuk berkomunikasi satu sama lain, mengekspresikan diri, dan berbagi konten. Sebagai orang tua ada kekhawatiran melanda ketika anak sudah menggunakan media sosial dalam kesehariannya. Kitapun menjadi mawas diri bagaimana agar anak cerdas dalam menggunakan media sosial.

Data yang dirilis dari situs Hootsuite Januari 2021 menyatakan bahwa sekitar 170 juta pengguna media sosial di Indonesia. Artinya 61,8% penduduk Indonesia sudah menggunakan sosial media. Tidak terkecuali anak-anak.

Internet membuat semua orang bisa melakukan aktivitas tanpa batas. Apalagi ditambah dengan media sosial memunculkan budaya baru yang mengubah cara orang berinteraksi dan mendorong teknologi dan bisnis. Media sosial ibarat sebuat pedang yang bermata dua. Walaupun memiliki banyak manfaat, media sosial dapat mempengaruhi anak-anak dengan cara yang tidak sehat. Pada artikel ini saya ingin membagikan bagaimana cara mebuat anak cerdas menggunakan media sosial.

Advertisement

1. Buat Kesepakatan dengan Anak

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Photo by Annie Spratt on Unsplash via https://unsplash.com

Sebelum memberikan gawai atau kesempatan membuka media sosial. Mulailah dengan meneliti dan mempelajari situs jejaring sosial pada anak-anak.

Sebagai orang tua kita wajib memberitahu tentang pro dan kontra dari media sosial. Anak akan cerdas dalam menggunakan media sosial dengan membuat kesepakatan batasan di situs apa mereka bisa berada dan untuk berapa lama.

Advertisement

2. Beri Kepahaman Bahwa Jejak Digital akan Terekam Selamanya

Photo by sofatutor on Unsplash

Photo by sofatutor on Unsplash via https://unsplash.com

Agar anak cerdas menggunakan media sosial adalah dengan mengawasi aktivitas online mereka. Walaupun kita tidak bisa mengawasi, kita harus beri kepahaman bahwa jejak digital akan terekam selamanya.

Apa yang kita posting baik di media sosial oran lain akan terekam. Sama seperti di kehidupan nyata bahwa apa yang kita lakukan di kehidupan maya harus di pertanggungjawabkan sehingga kita dapat mengajari mereka untuk melindungi diri dari orang yang tidak bertanggung jawab di dunia online. Kita bisa memberikan mereka kebebasan yang bertanggung jawabkan.

Jika menginginkan anak untuk cerdas menggunakan media sosial, kita juga harus cerdas pula memilih kuota internet. Saya menggunakan Internetnya Indonesia, IndiHome. Dengan banyaknya pilihan paket tersedia kita dapat memilih sesuai kebutuhan kita, salah satunya paket pelajar.

Advertisement

3. Ajarkan Menjaga Privacy dan Etika di Dunia Media Sosial

Photo by Paul Hanaoka on Unsplash

Photo by Paul Hanaoka on Unsplash via https://unsplash.com

Anak-anak, apalagi remaja yang baru memiliki ponsel pertamanya perlu kita arahkan. Sebagai orang tua kita tanamkan bahwa apa yang kita lakukan di dunia maya juga harus dipertanggunjawabkan.

Beri tahu kepada anak bahwa harus bisa menjaga privasi, tak perlu detail mencantumkan informasi di media sosial seperti nomor telepon dan alamat rumah misalnya.

Sebagai orang tua kita juga perlu mengajarkan etika ber-media sosial pada anak agar mereka cerdas dalam menggunakannya. Jika mereka ingin mengunggah sesuatu di media sosial, pikirkan matang-matang apakah pantas, baik dan bermanfaat sehingga tidak menyinggung pihak lain.

Ajari anak untuk budayakan membaca, menjaga selalu etika, sopan santun, dan selalu bersikap peduli kepada teman atau orang-orang yang terkoneksi di akun media sosial kita. Minta anak-anak menghindari penggunaan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA. Hormatilah orang lain sebagaimana kita ingin dihormati.

4. Beri Teladan yang Baik

Photo by Christin Hume on Unsplash

Photo by Christin Hume on Unsplash via https://unsplash.com

Orang tua sering menuntut anaknya untuk tidak terlalu lama melihat media sosial. Namun, tidak sadar ternyata orang tua sendiri yang memberikan contoh berlama-lama online di depan gawai. Mari kita berikan teladan yang baik bagaimana agar cerdas menggunakan media sosial.

5. Perbanyak Aktivitas dan Komunikasi yang Menyenangkan

Photo by Benjamin Manley on Unsplash

Photo by Benjamin Manley on Unsplash via https://unsplash.com

Anak-anak asyik menggunakan media sosial karena mendapatkan rasa senang, nyaman dan bangga yang mereka tidak dapatkan di dunia nyata. Sebagai orang tua mari kita perbanyak aktivitas nyata seperti ke sanak saudara ataupun tetangga.

Kita bisa mengajak anak berolahraga, membaca buku, berkebun dan aktivitas lainnya. Mari kita ajari pentingnya menghabiskan lebih banyak waktu dalam persahabatan dan aktivitas kehidupan nyata.

Itu dia 6 cara bagaimana anak cerdas menggunakan media sosial. Ibarat pisau bermata dua, kita harus bijak dan cerdas dalam menggunakan media sosial. Tetapkan tujuan apa yang ingin dicapai ketika mengunakan media sosial. Selamat membersamai dan mendidik putra-putri tercinta!

Salam, Shafira Adlina.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE