Ilmu Komunikasi UNY, merupakan salah sau jurusan terfavorit di Kampus Universitas Negeri Yogyakarta. Setiap tahunya ribuan orang bersaing untuk dapat mendapatkan jatah kursi warga Ilmu Komunikasi UNY. Semua usaha, halangan, dan rintangan mereka lalui untuk mendapat satu jatah kursi ini. Tak hanya itu, banyak fakta-fakta menarik lainya dibalik jurusan Ilmu Komunikasi UNY ini. Berikut fakta unik Jurusan Ilmu Komunikasi UNY.

1. Jurusan Baru

twitter.com

twitter.com via https://twitter.com

Pada tahun 2014 Ilmu Komunikasi UNY didirikan atas dasar mandat dari pemerintah (Ditjen Dikti) untuk membuka program studi baru berdasarkan perluasan mandat (wider mandate) kepada UNY untuk mengelola bidang-bidang non-kependidikan di samping bidang pendidikan sebagai mandat utamanya berdasarkan surat Dirjen Dikti No. 1259/D/T/97 tertanggal 29 Mei 1997. Di tahun 2018 ini Ilmu Komunikasi UNY baru memasuki angkatan ke limanya.

2. Dikira Jurusan Paling Santai

Ilmu Komunikasi FIS UNY

Ilmu Komunikasi FIS UNY via http://ilkom.fis.uny.ac.id

Mahasiswa komunikasi sering dianggap paling santai, lantaran tidak praktikum di laboratorium atau membuat laporan. Tidak sedikit mahasiswa dari urusan lain merasa iri akan hal tersebut. Meski pada kenyataanya mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY juga tidak lepas dari tugas-tugas yang membelenggu.

Advertisement

Tugas-tugas tersebut tersembunyi diantara menonton film, berkunjung ke festifal film, kunjungan-kunjungan ke media massa sehingga terlihat lebih santai jika dibandingkan dengan yang lainya, padahal tidak sama sekali.

3. Banyak Tugas Proyek

Memasuki semester lanjut, mahasiswa komunikasi mulai mendapatkan mata kuliah yang banyak mengandung praktik, seperti menulis berita, membuat film, produksi siaran, iklan, majalah dan masih banyak lagi. Tugas-tugas proyek tersebut sering berada di semester yang sama seperti semester lima dan enam.

Selain itu di semester ini tugas teori seperti makalah dan jurnal juga masih tersisa. Tak jarang hal tersebut memaksa mahasiswa untuk begadang dalam menyelesaikan tugas.

4. Dosen Jadi Teman

Ilmu Komunikasi FIS UNY

Ilmu Komunikasi FIS UNY via http://ilkom.fis.uny.ac.id

Advertisement

Tidak sedikit dosen di jurusan komunikasi UNY bisa berperan sebagai teman bagi para mahasiswanya. Beberapa mata kuliah bahkan dikemas secara asyik sehingga mahasiswa tidak merasa bosan. Dalam hal komunikasi tak jarang mahasiswa dan dosen saling sapa bak teman sendiri.

Tak sedikit pula mahasiswa dan dosen yang memiliki proyek bersama seperti penelitian, proyek film, bisnis ataupun proyek di luar ranah perkuliahan lainya.

5. Bebas Tapi Sopan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY lebih dibebaskan dalam berpakaian. Tidak seperti jurusan lain yang diharuskan memakai baju yang rapi dan celana kain, warga ilmu komunikasi uny dapat secara bebas mengunakan pakaian sesuai selera mereka seperti kaos, celana jeans, dan pakaian modis lainya.

Meski bebas namun warga ilmu komunikasi UNY tetap dibatasi norma-norma yang ada. Dosen pengampu membebaskan cara berpakaian beralasan bahwa cara berpakaian adalah salah satu bentuk komunkasi.

6. Terakreditasi B

Akreditasi merupakan hal yang sering ditanyakan pertama kali oleh calon mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY, karena akreditasi merupakan hal yang penting dalam proses berikutnya seperti mencari kerja. Selama empat tahun ini pula kakak tingkat hanya bisa menjawab “Dalam proses”.

Atas perjuangan dosen-dosen dan seluruh warga ilmu komunikasi UNY, di tahun 2018 ini sesuai SK 825/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2018 pada akhirnya jurusan ini memperoleh Akreditasi B. Akreditasi yang termasuk baik untuk jurusan yang termasuk baru.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya