6 Hal Ini Perlu Kamu Persiapkan Agar Sidang Skripsimu Sukses!

Mimpi menyandang gelar sarjana sudah menjadi impian mahasiswa tingkat akhir.

Mimpi menyandang gelar sarjana sudah menjadi impian mahasiswa tingkat akhir. Untuk melewatinya butuh ‘penderitaan’ berbulan-bulan demi menyusun kata demi kata sehingga menjadi rangkaian kalimat indah dan mengesankan dosen. Setelah mengumpulkan berkas pendaftaran sidang, maka saatnya kamu menunggu namamu terpampang pada jadwal sidang, hmmm, rasanya membuat dada sesak dan berbisik menelisik hati “akhirnya penderitaan ini akan segera berakhir”.

Tidak cukup hanya menunggu hari tiba, kamu mengingat jargon “if you fail to plain, you plan to fail“, maka tidak ada salahnya jika kamu merencanakan kesuksesan di hari terbaikmu, kan? Agar kamu terlihat ‘pantas’ menjadi sarjana di hadapan dosen.. ciiiee.. cieee. Persiapkan 6 hal ini agar kerja kerasmu tak sia-sia yaa!

1. Slide dan alat tulis

Membuat slide dan sediakan alat tulis

Membuat slide dan sediakan alat tulis via https://pixabay.com

Advertisement

Memaparkan mengenai hasil penelitianmu membutuhkan media berupa slide presentasi. Tentu penelitianmu akan mudah dipahami dibandingkan hanya mendengarkan tanpa adanya media dan juga berfungsi sebagai ‘sign’ apa saja yang akan kamu jelaskan berikutnya. Buatlah slide presentasi yang menarik dan eye-catching untuk menarik hati dosen penguji di awal presentasimu.

Setelah slide sudah siap, biasanya dosen akan menganjurkanmu menyiapkan alat tulis diatas meja. Letakanlah alat tulis secukupnya diatas meja dan jangan berlebihan seperti 1 buku untuk mencatat dan 1 pulpen, bahkan jika diperlukan buku referensimu.

2. Latihan presentasi

Mempersiapkan mental dengan berlatih

Mempersiapkan mental dengan berlatih via https://www.freeimages.com

Jika sudah membuat slide yang menarik dan eye-catching, lakukanlah latihan presentasi di rumah atau kosan. Kamu bisa mengajak temanmu untuk menilai gaya presentasimu, hal ini diperlukan untuk membentuk mentalmu di hadapan penguji. Tunjukan bahwa kamu sudah siap untuk sidang. Siapkan apa saja hal penting yang akan kamu jelaskan secara sistematis karena dosen hanya memberikan waktu yang terbatas sekitar 10-15 menit untuk mempresentasikan penelitianmu.

Advertisement

Jadi, hargailah waktu yang diberikan dengan presentasi yang terarah. Melalui latihan kamu akan mempelajari bagaimana membuka dan menutup presentasi dengan baik, mengukur kecepatanmu berbicara, mengukur waktu dengan slide yang kamu punya dan lebih memperhatikan kesalahan kecil yang bisa mempengaruhi nilaimu. Jadi, practice makes perfect !

3. Pertanyaan penguji

Pelajari kembali yang sudah ditulis

Pelajari kembali yang sudah ditulis via https://pixabay.com

Pelajari kembali tentang penelitianmu. Ini amat penting, walaupun kamu sudah mengetahui dengan benar apa yang kamu tuliskan dan paparkan, tetapi sifat manusia tak luput dari salah dan lupa kemudian mulailah memposisikan dirimu sebagai dosen penguji. Kira-kira pertanyaan apa yang akan ditanyakan oleh dosen dan buatlah list pertanyaan-pertanyaan untuk dirimu sendiri, cari juga jawabannya dan bagaimana cara menjelaskannya agar mudah dipahami.

Kamu bisa membuat 2 tipe list pertanyaan, yang pertama adalah pertanyaan yang bisa kamu prediksi dan yang kedua adalah pertanyaan yang tidak bisa kamu prediksi atau lebih terkesan sepele dan sederhana, jadi jangan sepelekan ya. Jika kamu dapat menjelaskan dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami tentu akan meyakinkan dosen dan tak segan memberikanmu nilai tambah.

4. Makanan dan Minuman

Menyediakan makanan dan minuman

Menyediakan makanan dan minuman via https://pixabay.com

Makanan dan minuman sudah tentu menjadi kebutuhan sehari-hari. Tapi untuk edisi pentingmu yang hanya satu hari, terkadang mahasiswa dibuat bingung "kira-kira menu apa ya ?" Karena sudah menjadi kebiasaan baik bagi mahasiswa akhir yang akan sidang untuk menyuguhkan makanan sekaligus minuman para dosen penguji dan pembimbing. Well, untuk satu ini biasanya disesuaikan dengan kantong mahasiswa ya.

Pilihan yang paling banyak diminati mahasiswa karena praktis adalah snack. Tapi ada juga yang menyediakan makan berat atau kedua-duanya. Tidak ada salahnya menyuguhkan makanan dan minuman yang spesial di hari bersejarahmu, kan ? Kamu bisa join-an dengan teman agar mendapatkan harga yang lebih miring atau masakan spesial buatan ibumu.

5. Seragam

Siapkan seragam terbaikmu

Siapkan seragam terbaikmu via https://www.freeimages.com

Pernahkah salah kostum di suatu acara ? Bagaimana rasanya ? rasanya malu karena berbeda sendiri ya hehe. Mahasiswa akhir yang akan menjalani sidang skripsi sudah ditentukan dress code yang harus dipakai. Dengan memakai seragam yang sudah ditentukan, itu artinya kamu sudah menghormati aturan yang ada dan tidak dianggap mahasiswa kurang sopan santun.

Kamu juga perlu perhatikan masalah kenyamananmu berpakaian, sebaiknya tidak memakai pakaian atau celana yang ketat dan transparan, sepatu yang kesempitan atau kelonggaran, kerudung yang tidak simpel beserta bahan seragamnya agar tidak kepanasan, mudah berkeringat dan kurang rapi. Siapkanlah seragam terbaikmu jauh-jauh hari ya !

6. Berdoa dan Restu Orang Tua

Berdoa memohon kemudahan

Berdoa memohon kemudahan via https://www.freeimages.com

Berdoa terus menerus kepada Allah untuk mengharapkan keberkahan dari semua kegiatan yang dijalani merupakan agenda wajib setiap insan yang beriman. Setelah berusaha berbulan-bulan menyusun skripsi, menyelesaikan semua kredit mata kuliah setiap semesternya, sampai menjalani kesibukan diluar kelas dan saat ini sudah berada pada titik akhir menjadi sarjana,maka berdoalah dengan penuh syukur karena izin Allah swt yang senantiasa mendengarkan harapanmu dalam doa-doa.

Sebelum hari H, dianjurkan agar kamu meminta ridho orang tua untuk kelancaran sidang. Orang tua merupakan ayah dan ibu yang sudah membesarkan kita dengan kasih sayang. Setiap orang tua mengharapkan kesuksesan bagi anaknya, maka tak heran mereka menjadi orang-orang yang terdepan jasanya dalam hidup kita. Oleh karena itu, Allah memerintahkan setiap anak untuk menghormati keduanya. Dalam hadits dikatakan "Ridho Allah bergantung pada Ridho Orang Tua".

Meminta restu orang tua amatlah penting dalam meraih kesuksesan seorang anak karena hubungan orang tua dan Allah itu dekat. Orang tua akan selalu mendoakan anaknya. Jika orang tua meridhoi anaknya, maka Allah pun akan meridhoinya.

Itulah 6 hal yang harus mahasiswa akhir siapkan menjelang sidang. Semoga bermanfaat ya. Wish you luck !

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE