Waktu lagi kuliah rasanya pengen banget cepet-cepet liburan, eh sekalinya udah liburan malah jadi bingung mau ngapain. Apalagi liburan kuliah di akhir semester termasuk liburan yang lama banget.

Kalau nggak nemu hal-hal seru buat dilakuin, duhh dijamin deh berlumut di rumah! Makanya nih, di sini bakal kita liHat ide-ide menarik buat dilakuin selama liburan ini, yang nggak cuma sekedar menghabiskan waktu liburan tapi juga bikin kamu nambah pengalaman.

Yuk langsung kita cek!

1. Liburan Bareng Keluarga

Kapan lagi semua anggota keluarga bisa libur dalam waktu bersamaan dan kumpul bareng untuk liburan? Tentunya liburan kuliah ini harus dimanfaatkan buat menghabiskan waktu bareng keluarga sekaligus mengeksplor berbagai daerah di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Advertisement

Biasanya banyak banget travel yang menyediakan paket-paket murah meriah untuk liburan sekeluarga dengan fasilitas yang lengkap. Atau kalau keluarga kamu tipe-tipe yang suka bertualang boleh banget buat bikin rencana perjalanan dadakan, yang penting tetap perhatikan keselamatan ya!

2. Hangout Bareng Temen Lama

Liburan adalah waktu yang pas buat kumpul-kumpul sama temen lama, entah itu temen SMA, SMP, Bimbel, SD sampe temen TK! Apalagi dengan padatnya jadwal kuliah dan waktu yang sedikit untuk bertemu, momen ini pas banget buat dijadiin momen bertukar cerita tentang hal-hal yang udah terjadi di hidup kalian sejauh ini. Syukur-syukur pulang kumpul dapet gebetan tuh!

3. Magang

Buat kalian yang mau menghabiskan liburan dengan menghasilkan uang, salah satu yang bisa dipilih adalah magang! Nggak cuma dapet pengalaman aja, tapi ini bisa jadi salah satu ajang buat ketemu orang-orang baru dan nambah relasi. Untuk magang sendiri bervariasi durasinya dengan persyaratan yang juga bervariasi. Kesempatan magang sendiri bisa kalian cari dengan mudah lewat internet, beberapa diantaranya melalui website ataupun mencari lowongan di LinkedIn!

4. Menjadi Freelancer

Freelance

Freelance via http://mashable.com

Advertisement

Buat kalian yang bingung bedanya freelancer sama magang itu apa, kalau freelance biasanya kita bekerja dalam sebuah project dan sistem pembayarannya pun sesuai dengan project yang kita kerjakan. Selain itu, tidak terdapat keterikatan dengan orang yang mempekerjakan kita pada saat proyek telah selesai dilakukan. Untuk freelance sendiri tipe pekerjaan yang dibutuhkan lebih beragam dan bisa dikerjakan di rumah saja! Kalian bisa coba untuk menjadi freelancer dari website seperti Sribulancer.com dan projects.co.id!

5. Menekuni Hobi

Dengan waktu liburan yang panjang, tentunya kalian bisa lebih menghabiskan waktu untuk mendalami hobi yang kalian miliki. Bisa dengan ikut kelas khusus untuk menambah ilmu, ataupun bergabung dengan komunitas yang memiliki hobi sama. Selain mengasah kemampuan dalam hobi, kamu juga bisa menambah teman yang menyukai hal yang sama denganmu!

6. Belajar Hal-Hal Baru

Nah, liburan juga bisa diisi dengan sesuatu yang produktif lainnya seperti belajar hal-hal baru! Semester baru pastinya harus jadi pribadi yang lebih dari yang sebelumnya dong. Banyak banget kursus-kursus yang bisa kalian ikutin selama liburan, apalagi yang di akhir memberikan sertifikat sebagai bukti kalian udah lulus pelatihan. Wah seru banget kan pastinya! Beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan seperti:

  • Les masak
  • Ikut workshop tentang makeup
  • Les nyetir
  • Les bahasa
  • Travelling sendiri atau bareng teman terdekat
  • Belajar suatu hal lewat tutorial di youtube
  • Ikut kelas zumba dan yoga

Dan masih banyak lagi!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya