Semua orang selalu berencana dalam segala hal agar semuanya berjalan dengan benar, tidak ada salah, jika pun ada tidak akan berdampak besar dalam kehidupan. Dengan merencanakan segala hal mungkin semuanya akan berkakhir seperti apa yang kita bayangkan jadi kita tidak perlu cemas akan masa yang akan datang, dan berikut adalah hal-hal yang biasanya kita rencanakan.

1. Rencananya ingin tidak menunjukkan emosi yang signifikan, tapi apa daya kadang diri susah dikendalikan

Semua orang memiliki batasan akan emosi, terutama pada beberapa orang yang sulit sekali menontrol  emosinya yang terkadang melonjak tanpa bisa diperkirakan. Terutama ketika kita berada pada masa  di mana hormon tidak seimbang dan tentu saja akan berpengaruh pada emosi yang dimiliki. Berencana meyakinkan diri untuk terus dapat mengontrol emosi, padahal pada waktunya terkadang kita belum 100% bisa mengontrolnya.

2. Kalau sudah bicara soal perasaan, siapa yang bisa menahannya, meski rencana awalnya ingin mengedepankan logika

Advertisement

Untuk pemilik perasaan yang sebenarnya ingin sekali biasa saja tapi sulit, ingin memberikan perasaan yang lebih takut tidak baik atau ingin memberikan perasaan yang sedikit takut kehilangan. Bicara tentang porsi memberikan kita harus tahu dengan benar sebab jika tidak direncanakan dalam membaginya mungkin akan ada pihak yang merasa tidak diberikan kesempatan akan perasaan tersebut.

Sebagai contoh kita berencana untuk tidak jatuh cinta, tapi siapa yang tahu cinta akan datang dengan mudahnya bahkan tidak bisa kita duga.

3. Kalau rasa malas sudah merasuki diri, rasanya sulit untuk tetap pada rencana untuk menyemangati diri

Kita sudah merencanakan banyak hal untuk dilakukan secara terperinci, kita sudah merencanakan banyak kegiatan yang sudah biasa tahu baru akan kita biasakan tapi rasanya siapa yang dapat menolak saat rasa malas menghampiri.

Advertisement

Segala rencana yang sudah direncanakan jadi tidak terencana atau bahkan tidak jadi dilakukan, ajaibnya rasa malas ini membuat kita sedikit merilekskan diri kita yang sudah terlalu lelah atau bosan. Berencana untuk tetap produktif tetap saha selalu ada pemicu agar bermalas-malasan.

4. Merencanakan pengeluaran bulanan atau tabungan memang mudah, tapi di tengah perjalanan ada saja goadannya

Rencananya mau berhemat ditahun 2018 tapi ada yang dilupakan, membayar kostan, membayar kuliah, cicilan-cicilan yang yang ternyata hanya menyisakan sedikit untuk ditabung. Bahkan tabungan dari bulan-bulan sebelumnya malah terpakai saat ada keperluan tiba-tiba, tabungan bulan-bulan kemarin ternyata habis untuk berlibur atau terpakai pada hal-hal yang tidak kita sadari.

5. Prioritasmu memang bisa berantakan kalau tak selalu di susun ulang, mengingat konsisten itu cukup sulit diterapkan

Berencana menyusun hal-hal apa saja yang lebih baik didulukan dari hal-hal lainnya, berencana untuk melakukan hal yang tidak bisa ditunda-tunda berakhir dengan lupa akan yang direncanakan.

Hal yang sudah direncanakan untuk dilakukan lebih awal malah dilakukan paling terakhir, alhasil  apa yang sudah disusun sedemian pula jadi berantakkan.

6. Kata orang masa depan harus direncanakan, tapi di kenyataan semua bisa berjalan penuh dengan kejutan

Semua orang selalu berencana untuk masa depannya, entah cepat moveon atau cepat menemukan orang yang tepat untuk langsung diajak serius tapi bukan itu saja. Berencana punya rumah sendiri, pekerjaan dengan posisi yang tepat dan juga punya segala kebutuhan untuk kelak memiliki anak seperti pendidikannya dan juga kesehatannya.

Mungkin bisa kita mulai dengan merencanakannya lalu mencari informasi pada setiap aspek kehidupan yang dapat terus kita pantau perkembangannya, seperti pendidikan  yang bagus dan juga perlindungan jiwa seperti asuransi. Tapi masih direncanakan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya