6 Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Tanaman Gantung. Rumah Jadi Cantik dan Lebih Asri

bunga tanaman hias gantung

Belakangan ini Indonesia sedang dilanda tren tanaman hias, mulai dari harga murah hingga jutaan rupiah. Meskipun demikian fungsinya tetap sama, sebagai tanaman penghias penambah estetika ruangan rumah. Adapun tanaman yang sangat digemari di antaranya monstera, araceae, aglonema, dan peperomia. Tren ini semakin marak selama Indonesia melalui pandemi yang berkepanjangan.

Namun, tahukah kamu bahwa tanaman hias tidak sebatas aglonema, monstera ataupun peperomia? Ada juga tanaman hias yang berbunga sekaligus dapat digantung. Bisa menambah estetika rumah nih. Apa saja? Yuk, dicek!

Advertisement

1. Million bells

Gambar oleh stillworksimagery

Gambar oleh stillworksimagery via https://pixabay.com

Tanaman million bells atau calibrachoa merupakan tanaman yang masih berkerabat dengan bunga petunia. Tanaman bunga satu ini tidak memerlukan perawatan khusus agar bunganya tetap bermekaran dengan indah. Cukup media tanam yang lembab serta terkena sinar matahari akan selalu membuatnya tumbuh subur.

Adapun corak warna yang biasa dimiliki bunga million bells di antaranya kuning, oranye, merah hingga ungu kebiru-biruan.

Advertisement

2. Petunia

Foto oleh Min An dari Pexels

Foto oleh Min An dari Pexels via https://www.pexels.com

Bunga petunia adalah bunga yang tidak lekang oleh waktu. Dari zaman dulu, bunga petunia sangat akrab berada di rumah-rumah warga sebagai tanaman hias dan tanaman gantung. Iklim di Indonesia sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman bunga satu ini. Dengan rajin memberi pupuk di media tanam yang tepat, tanaman bunga petunia akan bermekaran sepanjang tahun. Petunia terbilang tanaman yang bandel sebab tidak memerlukan perlakukan khusus loh. Untuk macam-macam warna bunga, petunia biasanya memiliki warna kelopak merah, merah jambu, fushia bahkan keunguan.

3. Begonia

Gambar oleh Gerard

Gambar oleh Gerard via https://pixabay.com

Tanaman satu ini berasal dari daerah subtropic dan tropis lembab, sehingga di Indonesia tanaman ini bisa cepat beradaptasi. Akan tetapi, jika terlihat kelopak bunganya sudah tampak pucat, segeralah pindahkan begonia ke tempat yang lebih redup atau teduh.

Untuk warnanya sendiri sangat beraneka ragam, mulai dari merah, merah jambu dan putih. Sehingga sangat cocok dijadikan tanaman gantung untuk lebih mewarnai rumahmu.

Advertisement

4. Anggrek

Foto oleh Claudia Barbosa dari Pexels

Foto oleh Claudia Barbosa dari Pexels via https://www.pexels.com

Tanaman hias anggrek memiliki begitu banyak macam jenisnya. Sehingga setiap jenis bunga memiliki kekhasan tersendiri.

Bunga anggrek sendiri sangat cocok dipadu padankan dengan segala bentuk dan jenis pot plastik, keramik, hingga semen biasa. Pastikan, di bawah potnya terdapat lubang untuk keluar masuknya udara di sekitar akar. Selain itu, fungsi lubang di bawah pot juga bisa untuk membuang kelebihan air ketika disiram.

5. Geranium

Gambar oleh congerdesign

Gambar oleh congerdesign via https://pixabay.com

Geranium adalah tanaman bunga yang tergolong dalam tanaman abadi atau semak. Tak cuma cantik, bunga geranium ini memiliki segudang manfaat salah satunya sebagai pengusir nyamuk.

Biasanya, bunga geranium hadir dalam berbagai varian warna di antaranya merah, putih, merah muda dan ungu. Tanaman satu ini bisa hidup hingga 20 cm sampai 40 cm di dalam pot, sedangkan jika hidup langsung di tanah biasa bisa tumbuh hingga empat meter tingginya.

6. Krokot mawar

Gambar oleh manfredrichter

Gambar oleh manfredrichter via https://pixabay.com

Tahukah kamu, tanaman bunga krokot mawar memiliki banyak sebutan mulai dari bunga pukul sembilan karena selalu mekar di pukul sembilan pagi, juga disebut bunga portulaca atau portulaka yang diambil dari nama latinnya yang cukup panjang yakni portulacaceae.

Tanaman satu ini memiliki variasi warna bunga yang didominasi warna-warna terang seperti kuning, oranye, fuschia, merah, ungu muda maupun putih.

Bunga portulaca atau biasa disebut krokot sangat cocok hidup di daerah beriklim tropis dan hanya membutuhkan sedikit air. Meski demikian, kamu tetap harus menyiramnya ya.

Cara memperbanyak bunga krokotpun terbilang mudah, kamu hanya perlu stek batang dan tancapkan langsung ke media tanam. Tunggu beberapa hari, bunga satu ini akan segera hidup dan berbunga kembali.

Itu dia rekomendasi bunga yang bisa digunakan untuk tanaman hias gantung. Biar rumah bisa jadi lebih cantik dan asri dilihatnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE