Setiap manusia punya pilihan, kesalahan, dan jalan masing-masing. Ada pepatah mengatakan "habiskanlah jatah kegagalanmu selagi muda agar di waktu tua tinggal memetik hasilnya" bukan berarti kamu melakukan hal-hal yang pasti mengarah kegagalan, akan tetapi dihindari boleh kan?

Sekarang apa saja sih yang bikin setiap manusia mengalami kegagalan, inilah enam diantaranya.

1. Banyak Berencana, Do Nothing

Malas aktifitas

Malas aktifitas via https://unsplash.com

Memang kita harus mengatur rencana di setiap plan yang kita buat, tapi apa jadinya jika kita ngga melakukannya dengan sedikit-sedikit? "Tangga ke-1000 tidak akan kita kewati jika tidak melewati tangga pertama". Apa salahnya mencoba dan bergerak dahulu lalu cari pemecahan sambil berjalan, ya bukan?

2. Hobi Menunda Sesuatu Hal

menunda hal yang merugikan

menunda hal yang merugikan via https://unsplash.com

Bila menunggu adalah hal yang paling kamu benci, begitupun menunda sesuatu hal yang akan kamu lakukan. Sudah banyak hal yang kamu sesali karena kamu tunda dan jangan sesekali kamu mengulangnya. Dan jangan sampai apa yang kamu tunda bisa merugikan bagi orang lain.

3. Kacaunya Manajemen Waktu

membuang-buang waktu

membuang-buang waktu via https://unsplash.com

Memang waktu kita bukan hanya milik kita, tapi memang ada waktu untuk orang lain. Terlebih kalau kita sulit meluangkan waktu buat hal-hal yang berguna bagi kita kedepannya. Manfaatkan sebaik mungkin waktumu selagi bisa, penyesalan selalu di akhir bukan?

4. Tidak Konsisten

tidak konsisten terhadap sesuatu

tidak konsisten terhadap sesuatu via https://unsplash.com

Selalu terikat dengan segala hal yang rutinitas mungkin membuat kita merasa bosan. Apa salahnya jika kita melakukannya dengan konsisten, mungkin hasilnya lebih dari apa yang kita harapkan bukan? Ingat segala effort kamu terhadap apapun tidak akan mengkhianati hasilnya.

5. Suka Berbohong

tidak berkata jujur

tidak berkata jujur via https://unsplash.com

Banyak yang mengatakan kejujuran yang nomor satu, nyatanya masih berlaku sampai detik ini. Bersikaplah jujur terhadap diri sendiri ternyata lebih sulit dibandingkan ke orang lain. Cobalah mengatakan apapun seburuk apapun keadaan kamu hanya kamu yang tahu bukan?

6. Masih Arogan dan Jumawa

merasa sombong

merasa sombong via https://unsplash.com

Selalu ada langit di atas langit, pepatah itu cocok bagi kamu yang masih merasa sombong dengan keadaanmu sekarang. Roda kehidupan berputar guys, ada saatnya kamu butuh orang lain untuk membantumu. So, tetaplah rendah hati agar orang-orang sekitarmu menghargaimu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya