Perasaan bosan bisa dialami oleh siapa saja, bisa bosan terhadap situasi, keadaan, seseorang, rutinitas dan lain sebagainya. Sebenarnya perasaan bosan adalah hal yang wajar. Bosan menjadi penanda apakah seorang manusia masih melakukan aktivitas kehidupan atau tidak. Bosan yang berkelanjutan dapat menyebabkan rasa malas yang akut, kepercayaan diri berkurang, membuat hubungan dengan orang lain berakhir dan menjadikan kita pribadi yang terpuruk.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir rasa bosan, baik dari dalam rumah maupun luar rumah. Apabila kita sedang berada di rumah dan tidak bisa keluar rumah, sedangkan rasa bosan melanda, berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosan dari dalam rumah

1. Menonton Film

Ini merupakan cara yang paling umum yang dapat dilakukan untuk mengusir rasa bosan, tetapi juga merupakan cara paling ampuh. Kita bisa memilih jenis film sesuai dengan keinginan kita, biasanya jenis film komedi dan horor dapat memperbaiki suasana hati kita dengan lebih cepat. Tidak harus dengan menonton film baru, tetapi kita juga bisa menonton film favorite atau film yang ingin kita tonton lagi untuk mengusir rasa bosan dan menghabiskan waktu yang ada.

2. Berolahraga

Advertisement

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh kita, karena olahraga juga bisa membuat perasaan seseorang menjadi bahagia. Ketika berolahraga kita menghasilkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan. Olahraga juga dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stress dan adrenalin dalam tubuh.

Kita juga bisa melakukan olahraga ringan di dalam rumah, seperti yoga, pilates, senam, push up, sit up dan sebagainya untuk mengganti rasa bosan menjadi rasa bahagia dan sehat.

3. Memasak

Ahli sosial psikologi bernama Clay Routledge mengatakan bahwa memasak memberikan kebebasan kepada seseorang untuk memilih bahan dan juga cara mengolahnya. Kita bisa mencoba untuk bereksperimen terhadap masakan baru atau sekedar memasak masakan kesukaan kita. Apabila belum bisa memasak, kita bisa mencoba untuk mulai belajar memasak dengan menu yang mudah terlebih dahulu.

Advertisement

Karena memasak juga bisa disebut sebagai suatu aktivitas seni, kita bisa melihat hasil karya kita dalam bentuk hasil masakan. Rasa bosan hilang, kita pun jadi bisa menyantap hasil karya yang sudah kita buat.

4. Membersihkan rumah

Kita bisa memulai dari membersihkan debu – debu yang menempel pada perabotan, menata kembali barang – barang yang sudah ada ke tempat yang baru, atau menyapu dan mengepel lantai rumah. Membuat badan kita bergerak dan lelah bisa mengusir rasa bosan kita, rumah pun juga terlihat bersih dan tertata, karena rumah yang bersih juga bisa meningkatkan situasi hati menjadi lebih baik.

5. Bermain game

Untuk kalian yang suka bermain game, pasti cara ini selalu kalian lakukan untuk mengusir rasa bosan, karena keseruan dari bermain game bisa membuat kita lupa akan apa yang kita rasakan sebelumnya. Apabila tidak suka bermain game, kita bisa mencoba game-game yang mudah dan membuat penasaran untuk kita coba. Game petualangan, pertandingan atau asah otak bisa menjadi salah satu pilihan untuk bermain game.

Apabila rasa bosan sudah hilang ketika bermain game, jangan lupa untuk melakukan aktifitas lainnya ya, karena banyak orang yang sering keasikan bermain game hingga lupa waktu juga.

6. Menulis

Ketika rasa bosan melanda, biasanya kita sering kali menjadi terpikirkan banyak hal. Bisa masa lalu, masa depan, apa yang sedang terjadi, gagasan atau ide, ataupun hal lainnya. Kita bisa menuangkan apa yang ada dipikiran kita tersebut dengan menulis. Mengapa menulis? Karena menulis merupakan kegiatan untuk menuangkan isi hati kita ke dalam bentuk tulisan, sehingga orang lain bisa tau atau mengerti apa yang ada di dalam pikiran kita.

Terkadang banyak ide dan gagasan yang bisa muncul ketika kita sedang merasa bosan, untuk itulah menulis bisa membantu kita mengingat apa ide dan gagasan yang terlintas saat itu. Tidak hanya ide dan gagasan saja, tapi kita juga bisa menulis tentang perasaan kita saat itu. Karena menulis adalah aktifitas yang mempunyai tujuan. Baik tujuan yang jelas maupun hanya sekedar iseng.

Banyak orang yang bingung dengan cara menulis, mau menulis apa dan mulai menulis dari mana. Tenang saja, menulis bisa dimulai dari kita membuat satu kata yang siap disusul dengan kata-kata yang lainnya sehingga membentuk kalimat dan hasil tulisan nantinya. Jangan takut untuk mencoba menuangkan ide, gagasan, perasaan atau cerita kita melalui tulisan, karena #SemuaBisaJadiPenulis kok.

Yuk, kita mulai menulis dari sekarang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya