Di era modern seperti ini, setiap orang pasti memiliki cita-cita setinggi langit. Hal ini berlaku juga bagi seorang wanita yang sudah berstatus istri bahkan seorang ibu. Bukan hal yang asing jika ada seorang ibu memilih untuk bekerja diluar rumah. Mulai dari alasan mengisi waktu, mencari tambahan finansial keluarga, hingga alasan agar gelar yang diperoleh saat menempuh pendidikan tidak sia-sia. Namun, pernahkan anda berfikir untuk menjadi ibu rumah tangga? Banyak orang yang berfikir bahwa menjadi ibu rumah tangga di jaman sekarang adalah hal yang sangat sia-sia ? Padahal banyak kelebihan jika seorang ibu memilih menjadi ibu rumah tangga loh ? mau bukti ?

1. Menghemat pengeluaran keluarga

finansial keluarga via http://media.viva.co.id

Bingung kenapa dengan menjadi ibu rumah tangga justru akan menghemat pengeluaran? Menjadi wanita karir memang membuat keluarga memiliki penghasilan lebih, namun pengeluaran juga akan semakin banyak tanpa kita sadari. Seorang Ibu yang bekerja harus membeli busana kantor, biaya transportasi, dan lain sebagainya. Terlebih jika sudah memiliki anak, pasti seorang ibu akan menggunakan jasa pengasuh atau asisten rumah tangga untuk mengurus anak dan rumah. Itulah mengapa menjadi ibu rumah tangga dapat menghemat pengeluaran keluarga. Pemasukan pun dapat digunakan untuk membeli berbagai keperluan lainnya!

2. Menyimpan lebih banyak energi

Umumnya, jam masuk dan pulang kantor bagi seorang ibu yang bekerja antara pukul delapan bagi hingga empat sore. Itupun belum ditambah waktu untuk perjalanan dari rumah kekantor. Jika sedang terjebak macet, tak jarang seorang ibu harus meninggalkan rumah dari sehabis subuh hingga menjelang malam. Belum lagi ditambah beban pekerjaan yang menumpuk dikantor. Hal-hal tersebut tentunya akan menyerap banyak energi seorang ibu. Sehingga saat pulang kerumah tak jarang ibu tak bisa menemani anaknya atau mengurus kebutuhan suaminya. Untuk itulah menjadi ibu rumah tangga akan memiliki banyak waktu dan energi untuk anak dan dan suaminya.

3. Mengikuti perkembangan anak

Advertisement

Meskipun dengan menjadi wanita karir tak menghapus tanggungjawab seorang ibu membesarkan anaknya, namun perbedaan menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga akan sangat terlihat dalam hal ini. Dengan menjadi ibu rumah tangga, Ibu mendapat kesempatan waktu dan tenaga lebih banyak bersama anak. Mulai dari bangun tidur hingga pergi tidur. Terlebih ketika anak baru memasuki usia batita, berbagai perkembangannya pasti muncul dalam waktu yang cepat. Menjadi ibu rumah tangga akan memungkinkan Ibu untuk menyaksikan perkembangan anaknya.

4. Kedekatan dengan anak akan lebih erat

Menurut U.S. Department of Health and Human Services, anak-anak yang tidak didampingi orangtua dalam waktu lebih lama cenderung mengalami peningkatan masalah perilaku. Dengan menghabiskan waktu lebih banyak di rumah,Seorang Ibu tak akan kehilangan momen-momen penting pertumbuhan anak

5. Mengurangi tingkat stress

Ibu merasa stres via http://theopage.net

seorang ibu tentunya akan membuat akan cepat stress dengan berbagai masalah yang akan muncul di kehidupan anda. Mulai dari masalah rumah, kesehatan anak dan suami, pendidikan anak hingga keperluan rumah tangga lainnya. Dengan menjadi wanita karir tentunya justru akan menambah tingkat tekanan stres seorang Ibu. Dengan "bekerja di rumah", Ibu tidak akan merasakan tekanan yang berat tentunya.

6. Ibu rumah tangga adalah pekerjaan paling mulia

Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga ibu mudah? Seorang ibu rumah tangga yang baik ialah yang bukan hanya mampu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah saja loh. Seorang ibu rumah tangga dituntut menjadi seorang yang multitalenta. Dia bisa menjadi koki saat memasak makanan untuk suami dan anaknya. Dia bisa menjadi seorang guru saat mendidik anak-anaknya, bahkan seorang ibu rumah tangga bisa menjadi dokter sekaligus perawat saat merawat anaknya yang sakit. Dari berbagai pekerjaan inilah, sungguh ibu rumah tangga adalah pekerjaan paling mulia bagi wanita di muka bumi ini. Percayalah!