Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti membutuhkan teman. Pentingnya teman atau sahabat dalam kehidupan sampai-sampai Islam pun mengatur bagaimana adab berteman. Tidakkah kita ketahui bahwa rosul sendiri memiliki sahabat yang senentiasa menemani dan mendampingi serta mendukung setiap perbuatan yang Nabi lakukan.

1. Selalu mengingatkan dalam kebaikan

Manusia tidak terlepas dari salah dan khilaf, oleh sebab itu kita dituntut untuk mencari teman yang baik. Saling mengingatkan dalam kebaikan dan juga saling menasehati apabila salah.

2. Jujur

NanoMas

NanoMas via http://google.com

Sikap saling jujur adalah hal yang penting dalam sebuah pertemanan. Meski kadang kala kejujuran menimbulkan konflik dalam pertemanan. Jujur mampu menguatkan tali persahabatan bila saling menerima satu sama lain.

3. Selalu memberi dukungan positif

Advertisement

Bagaimana kita akan maju jika teman sendiri tidak pernah memberi dukungan terhadapmu. Ingatlah jika temanmu tidak mendukung apa yang kamu perbuat padahal itu hal positif maka itu bukanlah teman yang baik, karena teman yang baik pasti akan selalu memberikan dukungan dan menghargai pendapatmu.

4. Sabar

Gubahan Catur Cahyaningrum

Gubahan Catur Cahyaningrum via https://caturcahyaningrum.wordpress.com

Luqman Al-Hakim mengatakan, “Jika ingin mencari teman, ujilah ia dengan membuatnya marah, jika ia tidak sabar dengan sikapmu itu maka jauhilah.” Sikap saling sabar sangat penting dalam sebuah pertemanan.

5. Tidak egois

Sapa Warga

Sapa Warga via http://google.com

Teman yang egois cenderung mementingkan diri sendiri. Maka carilah teman yang senantiasa ada, baik kamu dalam keadaan susah maupun senang.

6. Pendengar yang baik

Bobo.id

Bobo.id via http://google.com

Advertisement

Dalam sebuah pertemanan hendaklah saling menjadi pendengar yang baik. Walaupun tidak sepenuhnya kita bisa membantu masalah yang teman kita hadapi, paling tidak kita bisa sedikit mengurangi bebannya dengan menjedi pendengar yang baik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya