Miris! kata yang paling tepat menggambarkan bagaimana rasanya hati ini tercabik-cabik. Tercabik kala bagaimana saya mendengar, juga melihat dengan mata kepala sendiri bila adik-adik yang masih sangat belia itu dapat melantunkan, bahkan menyanyikan dengan fasih lagu berbau percintaan.

Lagu-lagu hits ala remaja galau zaman sekarang ini parahnya tak hanya didengar oleh mereka yang cukup usia, namun juga oleh anak-anak. Lantas apa yang mesti kita lakukan? Apa hanya berdiam diri? Tidak, tidak, dan tentu tidak. Celakalah kita jika hanya berdiam diri.

Nah, karena itulah tulisan ini hadir. Tulisan ini yang akan menjawab kegalauan kita bersama. Tulisan ini berisi daftar lagu anak yang seharusnya masuk dalam list kita semua yang memiliki anak, ponakan, adik, atau apalah itu, yang jelas anak-anak. Yuk, simak!

1. 1. Satu-Satu Sayang Ibu


Satu-satu aku sayang Ibu…

Dua-dua aku sayang adik, kakak..

Satu-dua-tiga aku sayang semuanya…


Advertisement

Penggalan lagu di atas tak hanya enak didengar, atau juga dinyanyikan. Tapi juga mengedukasi. Yah, tanpa kita sadari lagu dengan lirik sederhana yang begitu mudah menempel ini sunguh mengedukasi untuk anak sebenarnya. Lagu ini tak hanya mengajarkan anak untuk menyayangi Ibu, tapi juga adik-kakak, dan seluruhnya. Bukankah kasih sayang adalah hal dasar yang harus dimiliki setiap anak? Saya rasa siapapun akan sepakat akan hal ini.

Sebab Ayah, dan Ibu mana yang tak ingin memilik anak penuh cinta kasih, juga berbudi luhur.

2. 2. Air, Joshua.


Di obok-obok, airnya di obok-obok.

Ada ikannya kecil-kecil pada mabok.

Di semprot airnya, di semprot-semprot.

Kena mukaku, aku jadi mandi lagi.

Dingin-dingin di mandi in nanti masuk angin.


Siapa yang tak kenal penggalan lagu di atas? Lagu yang dibawakan oleh Joshua ini begitu hits pada masanya. Lagu ini sangat pas dalam menggambarkan kebanyakan anak yang memang gemar bermain air. Namun tak hanya pas menggambarkan, sebab di lain sisi lagu ini juga menasehati anak agar tak selalu sering bermain air, agar tak masuk angin.

Menggambarkan bagaimana anak-anak, menasehati tanpa terkesan menggurui. Aih, paket lengkap sudah lagu ini.

3. 3. Terima Kasihku


Guruku tersayang..

Guruku tercinta..

Apa jadinya aku..


Terima kasihku adalah lagu bertema Guru yang juga begitu hits pada masanya. Lantunan yang enak didengar, membuat lagu ini begitu melekat.

Selain itu makna yang tersirat dalam lagu ini sangat tepat. Betapa kita harus menghormati guru, sang pahlawan tanpa tanda jasa. Tanpa Guru apa jadinya kita? Tak bisa baca-tulis, mengerti banyak hal.

4. 4. Bangun Tidurku Terus Mandi


Bangun tidur kuterus mandi

Tidak lupa mengosok gigi

Habis mandi kutolong Ibu

Membersihkan tempat tidurku


Penggalan lirik di atas begitu pas dengan kegiatan yang biasa anak lakukan di pagi hari, bukan? Bangun tidur, mandi, tidak lupa menggosok gigi. Serasa pas dihati sebab lagu ini seakan tahu jika anak kerap kali lupa, atau bahkan malas menggosok gigi. Ntah apa dasarnya, tapi saya yakin rata-rata kebanyakan anak pasti pernah mengalami fase malas menggosok gigi.

Selain isinya yang pas, tak lupa lagu ini juga mengajak anak untuk membantu Ibu, sesederhana merapikan kamar tidurnya sendiri. Bukankah sesuatu yang besar, selalu di awali dari yang sederhana.

5. 5. Dua Mata Saya

Dua mata saya


Hidung saya satu

Dua kaki saya

Pakai sepatu baru.

Dua telinga saya.

yang kiri dan kanan

Satu mulut saya tidak berhenti makan


Ada yang ingat? Yup, penggalan lirik diatas ialah lagu yang sempat menemani hari-hari saat kecil dulu, lagu yang sempat menjadi favorit sebagian anak.

Liriknya yang sederhana, begitu melekat pada anak. Lagu ini sedikit-banyak memperkenalkan anak pada bagian tubuhnya, dan juga apa fungsinya. Seperti mulut untuk makan, kaki untuk jalan dengan memakai alas, entah sandal atau sepatu.

6. 6. Laskar Pelangi


Laskar pelangi…

Takkan terikat waktu…

Bebaskan mimpimu di angkasa…

Warnai bintang di jiwa…


Lagu yang dibawakan oleh Grup yang digawangi oleh Giring dan kawan-kawannya ini juga sangat cocok bila ingin di dengar, atau dinyanyikan bareng si kecil.

Lagu ini mengajarkan pada anak agar tak takut bermimpi, karena berani bermimpi itu baik. Sebab seperti yang dikatakan Nidji dalam lagunya bahwa mimpi adalah kunci untuk menaklukan dunia. Selain itu lagu ini juga mengajarkan pada anak jika berani bermimpi, maka harus berani untuk mewujudkannya.

Yuk ah bangunkan lagi kejayaan lagu anak-anak ini!