6 Langkah Move On Dari Kegagalan

Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan, pernah jatuh berulangkali. Pernah merasakan pahitnya berjuang sendiri tanpa penyemangat. Pernah berusaha sebaik apapun, namun takdir masih belum menyatakan sebuah keberhasilan.

Tapi, kamu perlu bangkit, perlu berdiri lagi, perlu berjalan lagi atau menyambangi kegagalan berikutnya lagi. Perlu usaha beberapa kali lipat untuk menindas problema. Tidak semua kegagalan itu hal yang buruk. Kamu justru akan mendapatkan pelajaran yang tak terduga. Bisa menjadi manusia pemberani, tangguh, bermental juara. Saat gagal apa yang yang dilakukan untuk Go on lagi?

1. Menangis

Tidak bisa dipungkiri lagi, saat sesuatu yang kita harapkan berlalu pergi tanpa pamit, kita akan merasa kecewa, kita merasa dunia dipenuhi ketidak adilan. Satu-satunya hal terikhlas yang bisa kita lakukan adalah menangis. Menumpahkan seluruh sesak melalui air mata. Tapi jangan lama-lama berlarut dalam kesedihan. Sudahi semuanya setelah kamu merasa lega. Bila perlu, paksa dirimu untuk tersenyum setelah kamu menangis. Hidup ini terlalu pendek jika hanya diisi dengan ratapan kesedihan.

2. Refreshing

Membaca Novel

Membaca Novel via http://www.pinterest.com

Advertisement

Pikiranmu butuh penyegaran setelah terbentur kegagalan. Kamu bisa mengeksplorasi hobimu. Misalnya membaca novel seharian, menonton film terbaru di bioskop, mendengarkan musik, atau pergi ke suatu tempat bersama teman hidupmu. Jika kamu belum punya teman hidup yang sabar ya, kamu bisa mengajak teman, sahabat ataupun keluarga.

3. Make To Do List

To Do List

To Do List via http://www.pinterest.com

Step berikutnya, kamu harus menyusun strategi untuk rencanamu di masa depan. Sebelum itu, sebaiknya kamumembuat to do list yang bisa dilakukan setiap harinya. Ingat sesuatu hal yang besar tersusun atas hal-hal kecil yang tersusun rapi. Dengan ini kamu akan berangsur melupakan kesedihan karena sibuk dengan berbagai aktivitas.

4. Hope Less Do More

Advertisement

Jangan terlalu berharap dan membayangkan suatu keberhasilan. Tapi lakukan sesuatu untuk menggapai apa yang kamu inginkan. Jangan sibuk berimajinasi dan bermain dengan ilusi, kamu harus melakukan hal nyata untuk menyusun tangga-tangga kesuksesan.

5. Jangan Menyerah

Never Give Up

Never Give Up via http://www.pinterest.com

Never Give Up, kamu jangan pernah menyesali apa yang telah kamu lakukan. Karena itu hal terbaik yang bisa kamu tunjukan pada dunia. Setidaknya kamu baik-baik saja, setelah banyak badai kegagalan menerpa. Be Strong and stay positive.

6. Percaya Diri

Believe in Yourself

Believe in Yourself via http://www.pinterest.com

Kalau kamu tidak percaya dengan dirimu sendiri, lantas siapa lagi yang percaya? Yakinlah bahwa Tuhan sedang mengujimu. Ibaratnya kamu adalah karyawan yang sedang ditraining untuk menjadi direktur. Tetap percaya diri, dan jangan menghiraukan hinaan orang lain.

Saat kamu merasa berada di fase terbawah dalam hidup, kamu bisa mencoba beberapa proses diatas. Kamu bisa mulai menata hidup untuk masa depan dan mulai melupakan masa lalu kegagalanmu. Kamu berhak bahagia atas kegagalan yang pernah menyapamu. Let’s move on for a better life.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE