<>1. Mandiri
Kuat Ala Superman

Kuat Ala Superman via http://goo.gl

Dengan merantau otomatis kita jauh dari orang tua dan suasana nyaman di daerah kita. Ya, di tanah rantauan kita akan belajar untuk tidak bergantung pada orang lain dalam menghadapi  kehidupan yang kerasnya sekeras isi celana laki-laki (#eh). Di tanah rantauan kita dituntut untuk tidak menjadi orang manja yang masih mengandalkan kekuatan orang tua untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Dan mungkin kata-kata ini bisa menjadi bahan renungan untuk kalian semua merantaulah dan pecahkanlah masalah-masalah yang kamu hadapi dengan kemampuanmu sendiri, agar kelak di kemudian hari kamu tidak kebingungan ketika kedua orang tuamu sudah tak berada lagi disampingmu.

<>2. Mengetahui pandangan orang tentang daerah kita.
Wilayah Indonesia

Wilayah Indonesia via http://goo.gl

Jika kita berada di daerah kita sendiri tentu kita akan merasakan bahwa daerah kitalah yang paling nyaman untuk ditempati,namun semua itu akan berubah saat negara api menyerang kita merantau. Di tanah rantauan kita pasti akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai daerah di nusantara ini. Disanalah kita akan mengetahui bagaimana pandangan mereka terhadap daerah tempat asal kita, dan kita juga bisa bertanya-tanya seputar kebudayaan dan seluk-beluk daerah tempat tinggal teman-teman perantauan kita.

<>3. Menemukan teman sejati yang sesungguhnya
Film My True Friend

Film My True Friend via http://goo.gl

Buat kalian yang ingin menemukan cinta teman sejati, merantaulah jawabannya. Kenapa? Karena di tempat perantauan kalian akan menemukan berbagai macam karakter teman. Mulai dari teman yang selalu datang kepada kita ketika ada perlunya, teman yang bersikap manis di depan tapi menusuk dari belakang, hingga teman yang selalu ada untuk kita baik susah ataupun senang.

<>4. Memahami makna Bhineka Tunggal Ika.
Bhineka Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika via http://goo.gl

Bhineka Tunggal Ika sendiri memiliki arti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua, di perantauan nanti kalian pasti akan bertemu dengan teman-teman dari daerah yang berbeda, hal ini bisa kalian manfaatkan untuk mengamalkan ajaran Bhineka Tunggal Ika yakni cinta perbedaan. Untuk pengamalannya bisa dimulai dari hal kecil seperti mencintai laki-laki atau gadis dari daerah yang berbeda.

<>5. Mengetahui bahasa daerah dari 'Aku Cinta Kamu'.
Film Suck Seed

Film Suck Seed via http://goo.gl

Nah ini yang paling seru. Saat merantau kita bertemu dengan orang – orang dari daerah yang berbeda. Tentu Bahasa daerahnya pun berbeda – beda. Disini kalian bisa memanfaatkannya untuk mengetahui bahasa daerah dari ‘Aku Cinta Kamu’ jadi nanti saat kalian pulang kampung kalian bisa nembak gebetan kalian sesuka hati tanpa si doi ngerti hehe.

<>6. Menemukan 'permata' yang terpendam di kawasan nusantara.
Sabina Altynbekova

Sabina Altynbekova via https://goo.gl

Khusus laki – laki, dari daerah manapun kalian berasal tentu kalian akan menganggap bahwa gadis dari daerah kalianlah yang serba ter- (tercantik, terbaik, dan ter – ter lainnya). Tapi setelah kalian merantau kalian akan merasakan sesuatu yang berbeda. Kalian akan menemukan banyak ‘permata’ terpendam yang tersebar di nusantara ini. Dari sini pula kalian bisa menyadari bahwa Indonesia adalah negara besar dengan ribuan keindahan terpendam yang ada di dalamnya.

Nah sudah tahu kan manfaatnya merantau. Jadi buat kalian yang baru lulus SMA segera angkat tas dan kopermu dan merantaulah sejauh - jauhnya. Hehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya