Kucing merupakan binatang yang banyak digemari di indonesia dan dunia, tingkahnya yang menggemaskan dan kadang menjengkelkan ini yang membuat cat lovers selalu rindu mereka. Namun, kucing juga terkenal sebagai hewan yang memiliki sejarah panjang dan juga berbagai mitos baik dan buruk yang berkembang di masyarakat.

Hal ini sendiri tidak lepas dari kisah kucing yang sudah ditemukan di berbagai lukisan di dinding yang ada di Mesir dan peristiwa lainnya. Melihat hal ini sendiri tentu saja tidak heran kalau banyak sekali mitos yang berkembang tentang kucing, salah satu yang paling terkenal di masyarakat Indonesia adalah tentang mitos buruk tentang kucing.

Banyak masyarakat yang mempercayai bahwa kucing binatang pembawa kesialan, namun apakah benar? Yuk, kita lihat mitos kucing yang paling terkenal.

1. Jenazah Akan Hidup Kembali Jika Dilompati Kucing Hitam

Jenazah Akan Hidup Kembali Jika Dilompati Kucing Hitam

Jenazah Akan Hidup Kembali Jika Dilompati Kucing Hitam via https://www.flickr.com

Nah, mitos yang satu ini sendiri terbilang sedikit menyeramkan dan berhubungan dengan kucing yang mempunyai bulu warna hitam. Ada kepercayaan yang mengatakan bahwa jika jenazah diloncati kucing hitam akan membuat mayat tersebut hidup lagi.

Advertisement

Lalu jika mayat tersebut memeluk orang yang ada di dekatnya maka pelukannya akan sangat sulit untuk dapat dilepas. Kucing hitam sendiri memang identik dengan hal mistis dan sering kali dilambangkan sebagai salah satu simbol ilmu gaib. Wah, menyeramkan juga ya.

2. Kucing Memiliki Nyawa 9

Kucing Memiliki Nyawa 9

Kucing Memiliki Nyawa 9 via https://www.google.com

Salah satu hal yang sering kali didengar tentang mitos yang berhubungan dengan kucing adalah hewan menggemaskan ini memilik 9 nyawa. Hal ini sendiri tidak lepas dari kucing yang dapat melompat dengan tinggi dan pada saat terjatuh dari tempat yang tinggi tidak akan terluka.

 

Advertisement

Walaupun pada kenyataannya bahwa kucing sendiri memiliki keseimbangan yang sangat baik, di mana hal ini sendiri sudah dibuktikan oleh salah satu ilmuwan bernama Etienne Jules Marey yang berasal dari Perancis pada tahun 1894.

 

Jadi bukan karena nyawa yang ada 9, akan tetapi karena kucing dapat menyeimbangkan tubuhnya pada saat terjatuh dari tempat tinggi dengan merenganggkan kakinya dan pada saat sudah akan mendarat mereka akan menekuk kaki untuk mengurangi kecepatan.

3. Induk Kucing Memindahkan Anaknya

Induk Kucing Memindahkan Anaknya

Induk Kucing Memindahkan Anaknya via https://thesprucepets.com

Selain mitos nabrak kucing yang dipercaya dapat mendatangkan sial, salah satu mitos lainnya yang terkenal adalah jika kucing mempunyai anak akan memindahkan anaknya sebanyak 7 kali di tempat yang berbeda. Mitos ini sendiri sebenarnya tidak berhubungan apapun dengan kesialan atau keberuntungan.

Mitos ini dipercaya muncul karena seorang insting induk kucing yang menginginkan bahwa anak mereka aman dari segala macam jenis predator. Sebenarnya induk kucing tidak akan memindahkan anaknya apabila tempatnya melahirkan dirasa aman dan tidak akan ada pengganggu.

Lain hal jika tempat tersebut mempunyai banyak sekali gangguan yang berasal dari predator atau manusia.

4. Kucing Menjilat Tangannya Pertanda Hujan

Kucing Menjilat Tangannya Pertanda Hujan

Kucing Menjilat Tangannya Pertanda Hujan via https://www.google.com

Satu lagi mitos yang sangat sulit dipercaya yang berhubungan dengan kucing adalah jika kucing menjilat tangannya berarti pertanda akan turun hujan. Mitos ini sendiri berkembang tanpa adanya penjelasan ilmiah apakah benar atau tidak.

 

Namun yang pasti mitos ini hanyalah sekedar mitos, karena menurut ahli seekor kucing akan menjilat kaki dan tubuhnya untuk membersihkan diri dari sisa makanan atau kotoran yang menempel. Tentu saja tidak ada hubungan sama sekali dengan prediksi akan turun hujan.

5. Mendapatkan Keberuntungan

Kucing Pembawa Rezeki

Kucing Pembawa Rezeki via https://www.istockphoto.com

Mitos tentang kucing sendir tidaklah selalu seram, terbukti dengan mitos yang satu ini. Di mana ada sebuah mitos yang mengatakan apabila kucing tiba-tiba menjilat salah satu bagian tubuh tuannya, maka sang tuan akan mendapatkan keberuntungan.

Keberuntungan yang dimaksud adalah akan mendapatkan rejeki. Ada beberapa juga yang mengatakan jika kucing melahirkan anak dengan jumlah ganjil maka akan mendapatkan keselamatan. Mitos ini sendiri merupakan salah satu mitos yang sering kali didengar dan juga dipercaya oleh banyak orang.

6. Menabrak Kucing Tertimpa Sial

Menabrak Kucing Tertimpa Sial

Menabrak Kucing Tertimpa Sial via https://www.google.com

Mitos selanjutnya adalah saat kamu menabrak kucing, banyak orang percaya bahwa sang penabrak akan tertimpa kesialan. Mitos yang satu ini sendiri dapat dikatakan yang paling banyak beredar di kalangan masyrakat, di mana jika kita menabrak kucing akan mendapatkan sial.

Kesialan yang dimaksudkan tersebut diantaranya adalah adanya keluarga yang meninggal atau mendapatkan kesialan selama beberapa hari berturut-turut. Mitos ini sendiri sering kali dikaitkan dengan berbagai macam musibah yang sering terjadi jika menabrak kucing dan tidak segera menemukan kucing atau mengubur kucing tersebut.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya