6 Pelajaran Penting dari Pandemi Virus Corona. Ternyata di Balik Sebuah Musibah, Ada Hikmahnya Juga

pelajaran penting dari pandemi virus corona

Saat ini dunia dihebohkan dengan wabah virus Covid-19. Berbagai upaya dilakukan guna mengatasi virus ini mulai dari pola hidup bersih, karantina individu hingga karantina kota dan negara. Namun, di balik setiap musibah pasti ada hikmah yang bisa kita ambil. Selama pandemi ini pembelajaran apa yang bisa kamu sampaikan kepada dirimu sendiri atau orang lain 5 sampai 10 tahun lagi?

Advertisement

1. Manusia boleh berencana tetapi Tuhan sebaik-baiknya perencana

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Setiap dari kita pasti punya harapan untuk kehidupan yang terbaik. Namun, kita sebaiknya tidak terlalu fokus dengan โ€œterencanaโ€ sampai lupa bagaimana jika rencana itu tidak bisa terlaksana. Tuhan-lah yang menentukan dan Tuhan lebih tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya. Yok semangat!

2. Jangan boros

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Setidaknya, pandemi ini juga membuat kita belajar mengenai cara mengelola keuangan. Kita belajar memprioritaskan kebutuhan dan berhemat untuk melewati masa krisis ini. Tentu saja pembelajaran ini untuk seterusnya ya bukan di saat masa krisis saja. Mulai nabung!

Advertisement

3. Jaga diri sendiri dan keluarga

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Photo by Gustavo Fring from Pexels via https://www.pexels.com

Musibah Covid-19 ini menyadarkan kita akan pentingnya menjaga diri mulai dari kesehatan, kebersihan diri, dan lingkungan. Soal kebersihan mulai dari kebersihan jasmani juga rohani. Walaupun tidak ada jaminan selama kita mencuci tangan pasti tidak akan terkena virus tetapi minimal ada upaya untuk melindungi diri ya.

4. Jangan lupakan sejarah, budaya, dan tradisi

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Menurut para ahli, sebelum Covid-19 ini dunia sudah pernah mengalami pandemi global dengan skala yang sama besarnya dan tanpa vaksin, yaitu wabah flu Spanyol pada 1918. Hal itu tentu menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua dalam menghadapi virus corona ini. Jangan lupakan sejarah, karena sejarah itu berulang juga kembali ke budaya lama di mana mengedepankan pola hidup bersih dan sehat.

5. Lebih aware dengan lingkungan sekitar

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Selama karantina mandiri kita menjadi belajar tidak perlu takut sendiri karena terkadang kesendirian bisa menjadi alat refleksi untuk lebih mengenal diri kita sebenarnya dan di sisi lain kita sadar bahwa kita tidak sedang hidup sendirian. Hargai dan hormati sekitar selagi ada.

Advertisement

6. Selesaikan tugas, lebih cepat lebih baik

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Kita tidak tahu apa yang terjadi hari esok. Jadi, lakukan hal sebaik-baiknya di hari ini. Sebosan-bosannya aktivitas kita saat ini, percayalah dulu ini yang selalu kita dambakan. Ayo kalahkan rasa malas!

Semoga wabah virus corona ini segera berlalu ya tanpa menyisakan luka supaya kehidupan masyarakat bisa kembali normal.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

โ€œ

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

โ€

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat kata

Editor

une femme libre

CLOSE