Jika kalian pernah menonton acara tv series berjudul SUITS yang disiarkan oleh tv kabel USA, maka nama Harvey Specter adalah tokoh yang tidak asing lagi untuk didengar. Tokoh yang diperankan oleh Gabriel Macth ini merupakan seorang pengacara kondang yang telah memecahkan banyak perkara hukum. Walaupun ada beberapa tokoh lainnya dalam acara tersebut seperti Mike Ross (aka Patrick J. Adams), Jessica Pearson (aka Gina Torres) dan tokoh lainnya, tulisan ini akan berfokus pada karakter Harvey Specter.

Telah banyak orang yang menghubungkan karakter yang satu ini sebagai simbol kesuksesan di masa sekarang.

Pola pikir “out of the box”, jenius, sikapnya terhadap klien merupakan salah satu kelebihan dari karakter tersebut.

Bahkan telah ada buku yang membahas karakter ini sebagai bahan utama di dalamnya. Salah satu yang sering menjadi topiknya adalah kepercayaan dirinya yang begitu besar.

Meski karakter Harvey Specter cuma tokoh fiksi di dalam film, tapi banyak yang dapat diambil darinya terutama mengenai bagaimana quote-quote insipiratif yang banyak disajikan dalam film SUITS. Agar tidak terlalu lama, yuk kita intip beberapa quote dari karakter kondang satu ini

1. "Kill them with success, bury them with a smile"

harvey quotes

harvey quotes via https://www.google.com

Siapa sih orang yang gak punya haters di dunia ini, bahkan dari orang terkenal sampai orang yang gak terkenal pun setidaknya ada satu atau dua orang yang gak suka sama kamu. Iya, kan? Yup, ini adalah salah satu quote yang dilontarkan Havey untuk memotivasi rekan kerjanya, Mike.

Advertisement

Harvey yang sudah berpengalaman dan berada di puncak karirnya ini sudah paham betul bahwa tidak semua orang akan suka dengannya. Apalagi status pekerjaanya sebagai lawyer yang memaksa dia untuk bertindak yang mungkin tidak disukai oleh lawan kerjanya.

2. "Dont raise your voice, improve your argument"

Well, quote ini mungkin cocok banget buat kamku yang suka berdebat. Harvey adalah salah satu tokoh fiksi yang memiliki kemampuan komunikasi verbal yang super duper luar biasa. Kalau kalian penggemar tokoh Suit, sangat jarang Harvey meninggikan suara atau marah marah untuk menyelesaikan suatu kasus. Dia punya seribu satu argumentasi untuk menjatuhkan lawannya tanpa harus teriak-teriak untuk itu. Bahkan ketika beraksi bersama Mike dengan menggunakan taktik "Bad cop, good cop," Harvey adalah karakter yang tetap terkesan mengintimidasi tanpa harus meninggikan suara.

3. "Work until you no longer have to inroduce yourself"

Kamu yang sudah sering ikut wawancara kerja pasti sudah tidak asing dengan pertanyaan "Coba jelaskan diri kamu" atau "Apa kemampuanmu" dan sebagainya. Buat kita yang masih belum punya nama, hal seperti itu adalah hal yang sangat lumrah apabila ada orang yang menanyakan kapabilitas kita. Tidak terkecuali bagi Harvey, apabila kalian ingat dengan perkataan Harvey yang satu ini kepada Mike

Advertisement

"…. Look, you were giving me shit this morning because I come and go when I want to, you know why I can do that? Because when I got here I dominated, they thought I worked 100 hours a day, now no matter what time I get in nobody questions my ability to get the job done. Get it through your head, first impressions last. …"

4. "Winners Don't Make Excuses"

Buat kamu yang masih sering ngeluh dan bikin bikin alasan, mungkin setelah baca ini bisa dikurangi mengeluhannya. Masalah demi masalah memang hal yang super duper wajar dalam hidup ini, tapi bukan alasan buat kamu ngeluh terus-terusan bukan. Quote ini disampaikan Harvey kepada Mike ketika dia mengeluh karena kasus yang ditanganinya berjalan tidak sesuai rencana. Sama halnya dengan hidup ini, banyak hal yang kadang tidak berjalan dengan rencana dan impian kita. Tapi sekali lagi, Winners don't make excuse.

5. Sorry, I can't hear you over the sound of how awesome I am

Percaya Diri! Karakter inilah yang sangat mendominasi tokoh Harvey Specter. Berdiri tegak, pandangan ke depan, dan cara berjalan yang penuh percaya diri adalah hal yang paling lumrah kita temukan pada karakter ini di film SUITS. Meskipun sering dihadapkan dengan permasalahan besar yang banyak menguras emosi, tapi tidak pernah kita temukan Harvey Specter berjalan seperti orang yang menyerah dan tanpa harapan. Begitu juga ketika berinteraksi ataupun berdiskusi, sangat jarang kita temukan Harvey menunjukan kelemahanannya. Dia selalu berusaha menjaga postur tubuhnya sebagai kesan bahwa "Ini dapat diselesaikan" meskipun belum tahu apa yang akan dilakukan.

6. "You always have a choice"

Quote penutup dari artikel ini, meskipun masih banyak quote dari sang pengacara kondang ini yang bikin hidupmu jadi lebih termotivasi. Kamu pernah merasa tidak punya pilihan? Merasa kalau itu satu-satunya jalan keluar? Kalau begitu bisa jadi quote menjadi motivasimu, karena Mike juga pernah diberi pertanyaan yang hampir sama oleh Harvey.

"What are your choices when someone puts a gun to your head?
What are you talking about? You do what they say or they shoot you.
WRONG. You take the gun, or you pull out a bigger one. Or, you call their bluff. Or, you do any one of a hundred and forty six other things."

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya