Kalau melihat drama-drama korea atau film-film romantis di mana ada adegan pasangan sedang melihat bintang-bintang dari alam terbuka, rasanya pasti so sweet banget. Banyak dari kita yang berfikir syuting adegan tersebut di dalam studio yang di dekorasi sedemikian rupa.

Tapi, ternyata di dunia nyata ada tempat-tempat terbuka yang mana kita bisa melihat hamparan bintang. Belakangan ini ada konsep wisata baru yang sedang dikembangkan, yaitu Astro-Tourism. Astro-Tourism ini mengajak para wisatawan untuk bisa menikmati wisata bersama dengan bintang dan alam. Keenam lokasi tersebut antara lain :

1. San Pedro de Atacama, Cile

Atacama Desert

Atacama Desert via https://www.lonelyplanet.com

Kota ini terletak di Chili, Amerika Selatan. Kota ini terkenal dengan pembuatan tembikar dan banyak dari hasil tembikar disini di ekspor ke luar negeri. Wilayah ini memiliki banyak tempat wisata yang bisa disinggahi salah satunya astro tourism yang banyak dibicarakan. Dari wilayah ini, terutama jika pergi ke Gurun Atacama, para wisatawan akan disuguhi pemandangan yang luar biasa berupa hamparan langit dipenuhi bintang.

2. Merzouga, Morocco

Desert Destination

Desert Destination via http://www.exploringmorocco.com

Advertisement

Merzouga merupakan wilayah kecil atau desa di negara Maroko yang letaknya disebelah tenggara. Wilayah ini memiliki air bawah tanah terbesar di Moroko. Di wilayah ini memiliki bukit sahara dengan ketinggian 1000 kaki dimana kita bisa mendakinya dengan menaiki unta. Pada saat senja langit dari bukit sahara akan terlihat sangat indah, dan pada malamnya pengunjung bisa melihat hamparan bintang saat cuaca cerah.

3. Sedona, Amerika Serikat

Wilayah Sedona terletak di bagian utara wilayah Arizona sekitar 200 Km dari ibukota Phoenix. Di wilayah ini terkenal dengan banyaknya bebatuan berwarna merah yang dipadukan dengan hutan hijau dan wilayah yang unik. Di wilayah ini terdapat hamparan luas bukit berbatu merah para wisatawan yang kemari bisa menikmati gugusan bintang Andromeda yang terhampar di langit wilayah ini. Wilayahnya cukup dingin tapi seketika bisa sirna karena keindahan dari hamparan langit.

4. Danau Tekapo, Selandia Baru

Lake Tekapo

Lake Tekapo via https://www.trover.com

Danau Tekapo adalah danau terbesar kedua dari tiga danau membentang dari sisi utara hingga selatan Cekungan Mackenzie. Di sekitar danau ini menawarkan pemandangan yang indah dan di kelilingi oleh bunga lupin liar yang berwarna warni. Letak danau ini sebelah barat daya Chrischurch di Mackenzie Basin.

Advertisement

Selain lingkungan sekitar yang indah pada siang hari, di malam hari para pengunjung akan disuguhi oleh pamandangan indah lain berupa hamparan bintang-bintang. Danau ini dinobatkan oleh UNESCO sebagai Dark Sky Reserve untuk melihat bintang-bintang secara terbuka.

5. Wadi Rum, Yordania

Wadi rum merupakan gurun yang terletak di Yordania dan hampir bisa disamakan dengan planet Mars. Gurun ini merupakan salah satu warisan UNESCO sejak tahun 2011 dan luasnya mencapai 74 ribu hektar serta menjadi gurun terluas di Yordania. Gurun ini juga memiliki nama lain yaitu lembah bulan atau biasa disebut the valley of the moon. Dari gurun ini para wisatawan yang datang pada malam hari untuk berkemah disini bisa menikmati pemandangan indah berupa hamparan bintang bima sakti.

6. Vilaflor, Spanyol

Gemínidas

Gemínidas via http://www.iac.es

Kota Vilaflor ini terletak di pulau Tenerife, Spanyol. Di pulau ini terdapat obsevatorium yang terletak di Gunung Teide sekita 2,930 M di atas permukaan laut. Obsevatorium yang bernama Obsevatoriio del Tiede dikenal memiliki pemandangan yang indah dan dari wilayah ini pengunjung bisa melihat bintang di belahan bumi utara. Para pengunjung yang datang kemari bisa mendapatkan tour gratis sekaligus menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya