Dear Para Orang Tua, Ini 5 Tips Menjadikan Anak Tumbuh Sehat dan Pemberani. Efeknya Baik, Lho!

Tips anak tumbuh sehat dan jadi pemberani

Sebagai orang tua, kesehatan anak nomor satu. Hal itu yang umumnya ada disetiap pikiran orang tua ketika anak sudah beranjak dewasa, anak pun sudah mengerti perasaaan takut dan tidak membiarkan rasa takut menahan mereka. Keberanian perlu dilatih pada anak sejak dini untuk mengelola kemampuan emosinya. Maka, simak tips-tips berikut untuk menjadikan anak tumbuh sehat dan pemberani.

Advertisement

1. Biasakan Agar Anak Rajin Cuci Tangan

Penting untuk cuci tangan

Penting untuk cuci tangan via https://www.pexels.com

Mencuci tangan bisa mencegah penularan penyakit berbahaya yang dengan adanya virus Covid-19 ini. Para orang tua harus membiasakan anaknya untuk rajin cuci tangan dengan benar adalah langkah menjaga kesehatan.

Kita para orang tua harus waspada dan membantu mengurangi risiko anak terkena penyakit dan mencegah menyebarkan penyakit ke orang lain. Maka dari itu kita sebagai orang tua harus mengajarkan anak cuci tangan sebelum makan dan sesudah makan.

Advertisement

2. Mengajak Anak Outbound

Aktivitas luar ruangan untuk anak

Aktivitas luar ruangan untuk anak via https://www.pexels.com

Aktivitas outbound akan membuat anak akan menjadi berani untuk mengalahkan rasa takut serta terdorong untuk berkomunikasi. Hal ini sangat membantu terhadap pembentukan keberanian anak.

Outbound merupakan aktivitas yang dilakukan di luar ruangan dan permainan yang berbentuk tantangan yang memerlukan keterampilan fisik dan kekuatan mental.

3. Menyajikan Makanan yang Sehat untuk Anak

Advertisement
Buah adalah salah satu makanan sehat

Buah adalah salah satu makanan sehat via https://www.pexels.com

Sebagai orang tua harus memastikan bahwa anak makan makanan yang sehat dan bergizi. Hal tersebut adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan anak.

Hidangkan lah makanan yang sehat di rumah. Dengan begitu anak akan terbiasa mengomsumsi olahan makanan yang sehat.

Jangan biarkan anak jajan yang sembarangan dan biasakan bawakan bekal dan pastikan bekal yang dibawa ada berbagai makanan seperti sayur, ikan maupun kacang-kacangan.

4. Meningkatkan Kemampuan Anak Berkomunikasi

Komunikasi antara orang tua dan anak

Komunikasi antara orang tua dan anak via https://www.pexels.com

Mendorong anak untuk menjadi pemberani tidak lah mudah bagi orang tua. Rasa takut anak untuk berinteraksi kepada orang lain yang membuat anak menjadi tidak berani. 

Maka sebab itu mari lah kita para orang tua untuk memulai mengajak anak untuk berumpul dan berinteraksi kepada keluarga atau saudara terlebih dahulu dan selanjutnya mengajak berinteraksi kepada teman-temannya dan orang lain.S ebab keberanian memulai berinteraksi sangat lah penting untuk mendorong anak menjadi pemberani.

5. Mengajak Anak Untuk Berolahraga

Yoga bisa menjadi pilihan untuk olahraga bersama anak

Yoga bisa menjadi pilihan untuk olahraga bersama anak via https://www.pexels.com

Dengan adanya virus Covid-19 saat sekarang ini, orang tua harus mengajak anak untuk berolahraga seperti yoga atau bersepeda, namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

Di dalam rumah orang tua juga bisa mengajarkan anaknya dengan yoga. Banyak gerakan yoga yang sederhana agar anak bisa mengikutinya dengan mudah mesti tidak sempurna. Setelah itu jangan lupa berikan anak pujian ketika gerakannya bagus.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE