Waspada PCOS! Yuk, Mulai Bangun Pola Hidup Sehat!

Hidup sehat itu penting

Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin banyak penyakit baru yang ditemukan. Sebut saja kanker, tumor, dan yang saat ini paling sering dibicarakan adalah PCOS atau yang lebih dikenal dengan nama Sindrom Polikistik Ovarium. PCOS merupakan penyakit ketika ovum atau sel telur di tubuh wanita tidak dapat berkembang dengan normal karena ketidakseimbangan hormon.

Beberapa dampak yang diterima oleh wanita dengan PCOS adalah jadwal haid yang tidak teratur, nyeri berlebih saat datang bulan, pertumbuhan rambut di tempat yang tidak semestinya, jerawat berlebih, mood yang sering berubah, dan masih banyak lagi.

PCOS sendiri dipercaya terjadi kepada 1 dari 10 wanita di dunia. Sayangnya, lebih dari 50% penderitanya malah tidak menyadari tentang hal ini. Selain tidak diketahui banyak orang, PCOS sendiri masih belum diketahui penyebabnya. Namun, beberapa faktor seperti genetik dan kelebihan insulin kerap dianggap sebagai penyebabnya. Dan, meskipun terdapat lebih dari 150.000 kasus PCOS di Indonesia, hingga saat ini penyakit satu ini masih belum dapat disembuhkan total.

Meskipun belum bisa disembuhkan, dampak PCOS masih dapat diminimalisir dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Berikut ini tips yang bisa kita terapkan untuk mengurangi dampak PCOS.

Advertisement

1. Gorengan, cilok, dan batagor emang menggoda lidah. Tapi, demi kesehatanmu, kurang-kurangin deh!

Jajan Sembarangan

Jajan Sembarangan via https://www.shutterstock.com

Membeli jajanan-jajanan di pinggir jalan memang menggiurkan. Terlebih buat kamu yang jarang menyiapkan makanan dari rumah.  Namun, sebaiknya kamu harus mulai hentikan kebiasaan itu. Dibandingkan membeli jajanan, akan lebih baik kamu membawa bekal sendiri dari rumah. Hal ini dikarenakan jajanan yang tersedia di pinggir jalanan seringkali tidak diperhatikan kebersihannya. Tentunya makanan yang terkena debu dari udara dan asap kotor dari kendaraan akan berkurang kualitasnya. Dengan membawa makanan dari rumah, kebersihannya tentu akan lebih terjamin. Selain itu, kita pun bisa lebih menghemat pengeluaran.

2. You are what you eat! Pondasi terbaik dari kesehatan bisa kamu mulai dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi

Makan Makanan Bergizi

Makan Makanan Bergizi via https://depositphotos.com

Memakan makanan seperti sayur mayur dan buah-buahan tentunya jauh lebih baik dibandingkan mengkonsumsi fast food. Mengkonsumsi buah-buahan seperti alpukat, apel, pir, stroberi dipercaya bermanfaat baik untuk tubuh. Hal itu dikarenakan buah-buahan memiliki banyak serat yang dibutuhkan untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh manusia. Selain buah-buahan, sayur mayur seperti brokoli, wortel, daun kale, serta bayam juga diketahui memiliki serat yang tinggi. Menurut angka kecukupan gizi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan, wanita memerlukan serat setidaknya sebanyak 30 gram dalam sehari. Karena itu penting bagi kita untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

Advertisement

3. Masih malas olahraga? Banyak racun yang harus dikeluarkan dari tubuh kamu loh~

Rajin Olahraga

Rajin Olahraga via https://www.shutterstock.com

Banyak dari kita yang memang malas untuk berolahraga. Padahal, nyatanya olahraga memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Mulai dari menjauhkan dari penyakit, meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki mood, dan dapat membuat tidur lebih nyenyak. Coba mulai sisihkan waktu luang yang kita miliki untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat. Sekedar jogging di sekitar rumah selama 15 menit sudah merupakan langkah awal yang baik untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan. Kalau mau lebih asik, kamu bisa mengajak teman untuk berolahraga bersama. Dengan begitu, kita pasti jadi lebih bersemangat untuk berolahraga.

4. Jangan sepelekan anjuran tidur yang cukup! Itu terbukti berguna banget

Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup via https://www.shutterstock.com

Memiliki waktu yang tidur cukup tentunya tidak boleh disepelekan. Setelah melakukan aktivitas-aktivitas yang tentunya menguras energi dari tubuh, tidur diperlukan untuk mengembalikan seluruh energi yang sudah terpakai. Sayangnya, seringkali orang-orang pada zaman sekarang kurang mementingkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, tidur juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuhmu. Nyatanya tidur cukup dapat meningkatkan kualitas otak manusia. Karena itu penting bagi kita semua untuk memiliki waktu tidur yang cukup.

5. Ini waktu yang tepat untuk mengatur emosi. Hindari hal-hal yang dapat memicu stress dalam dirimu

Stress Berlebih

Stress Berlebih via https://www.graphicstock.com

Mengurangi stress sama dengan mengurangi produksi hormon kortisol. Kortisol adalah hormon yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi respon tubuh atas situasi tertentu. Dengan demikian, semakin kamu merasa stress, produksi hormon kortisol di dalam tubuhpun akan semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari munculnya rasa cemas atau gelisah pada seseorang. Untuk mengurangi stress berlebih, cobalah untuk bercerita kepada teman terdekat, melakukan hobi, atau sekedar mendengarkan musik sambil bersantai.

Advertisement

6. Mulailah ganti kopi dengan minuman lain yang lebih menyehatkan. Contohnya, air putih~

Mengkonsumsi Kafein

Mengkonsumsi Kafein via https://www.rd.com

Bagi para pencinta kopi, mengurangi konsumsi kafein harian mungkin terlalu berat atau bahkan nyaris mustahil untuk dilakukan. Namun, mengkonsumsi kopi secara berlebihan nyatanya bisa berdampak negatif terhadap tubuh. Hal disebabkan karena kafein dapat mempengaruhi kerja sistem saraf pusat, meningkatkan detak jantung, meningkatkan kewaspadaan, membuat susah tidur, dan mengubah cara otak manusia dalam menghasilkan hormon. Hal ini akan meningkatkan produksi hormon kortisol dan hormon pemicu stress lainnya,

Baik Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dan Otoritas Keamanan Pangan Eropa (EFSA) mempertimbangkan bahwa asupan harian kafein adalah 400 miligram. Jumlah ini kira-kira setara dengan 2-4 cangkir kopi perharinya. Namun untuk wanita hamil, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists harus dibatasi maksimal 200 miligram per harinya.

 

PCOS mungkin memang belum bisa disembuhkan secara total. Namun, beberapa tips di atas tentunya bisa mempermudah hidup penderita PCOS dengan mengurangi dampaknya. Ayo mulai beralih ke gaya hidup yang lebih sehat untuk mengalahkan PCOS!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A person trying to live her life to the fullest

CLOSE