Hubungan dengan anggota keluarga seringkali menjadi tantangan. Salah satu hubungan yang dikenal memiliki tantangan besar adalah menantu dengan mertua. Well, mertua merupakan paket yang ikut menjadi bagian dari sebuah pernikahan.

Sehingga mau tidak mau menjaga hubungan dengan mertua yang merupakan orang tua dari pasangan kita harus dilakukan. Di sisi lain, jika kamu berhasil memenangkan hati seorang pria atau wanita yang akhirnya kamu nikahi, maka memenangkan hati orang tua mereka sepertinya merupakan hal yang tidak mustahil.

Seringnya terjadi kesulitan memenangkan hati mertua dan menjaga hubungan baik umumnya disebabkan karena faktor karakter atau kepribadian salah satu pihak. Sebagai menantu, ada baiknya kamu mencoba mengakomodir mertua dan beberapa tips memenangkan hati mertua berikut ini.

1. Bersikap jujur dan buktikan kamu mampu bertanggungjawab

Jujur itu penting agar mertua lebih percaya sama kamu

Jujur itu penting agar mertua lebih percaya sama kamu via https://www.google.com

Salah satu hal penting yang akan membuat kamu sulit untuk ditolak dan mudah disukai oleh mertua adalah dengan memiliki serta menunjukkan kepribadian yang baik. Setidaknya ada dua poin penting dari kepribadian baik yang akan terus dipantau dan dinilai oleh mertua.

Advertisement

Salah satunya adalah kejujuran kamu. Tidak hanya jujur dengan pasangan, ada baiknya bagi kamu untuk juga jujur dengan mertua. Atau setidaknya jika ada rahasia yang ingin disimpan dari mertua, kamu harus kompak dengan pasangan untuk menjaga rahasia tersebut.

Hal lain yang akan terus dipantau adalah tanggung jawab kamu pada keluarga. Memahami kewajiban sebagai suami atau istri dan menunaikan tanggung jawab tersebut setidaknya akan membuat mertua minim bahan untuk tidak menyukai kamu.

Jangan sampai pasangan kamu curhat mengeluhkan dirimu yang kurang bertanggung jawab pada orang tuanya. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu harus siap-siap bermasalah dengan mertua.

2. Sayangi anak-anakmu karena mereka adalah cucu mertua

Tunjukin di depannya kalau kamu sayang banget pada anak

Tunjukin di depannya kalau kamu sayang banget pada anak via https://www.google.com

Advertisement

Hal lain yang akan membuat mertua sulit tidak menyukai kamu adalah sikap yang baik pada anak. Jika kamu menunjukkan kasih sayang dan perhatian yang baik pada anak, maka setidaknya para mertua tahu bahwa cucu mereka dirawat oleh seseorang yang baik dan bertanggung jawab.

Membiarkan anak-anak dekat dengan kakek nenek mereka juga bisa menjadi salah satu strategi untuk menjaga hubungan baik dengan mertua. Jadi selama tidak ada pengaruh buruk yang datang dari kakek dan nenek seperti kebiasaan dimanja berlebihan, maka membiarkan anak-anak akrab dengan kakek neneknya dapat memudahkan hubungan dengan mertua.

3. Kenali hobi dan kesukaan mertua

Kalau dia punya hobi khusus, turutin aja biar ia tampak senang

Kalau dia punya hobi khusus, turutin aja biar ia tampak senang via https://pixabay.com

Cara ini sebenarnya tidak hanya berlaku bagi para mertua, tetapi bagi semua orang. Setiap orang akan lebih menyukai dan respek pada orang lain yang memahami kesukaan mereka. Jadi ada baiknya bagi kamu untuk mengenali hobi dan kesukaan mertua. Mulai dari aktivitas yang disukai hingga makanan favorit mereka.

Memberi tahu ketika ada acara yang berkaitan dengan hobi mertua atau bahkan ikut melakukan aktivitas hobi mereka bisa menjadi jurus jitu memenangkan hati mertua. Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah membawakan makanan favorit mereka saat berkunjung. Kata orang, cara mengambil hati seseorang yang paling mudah dimulai dari perutnya.

4. Selalu cermat dan hati-hati dalam memilih bahan pembicaraan

Kalau ngobrol sama mertua perlu dipikir ulang apa saja yang mau diobrolin

Kalau ngobrol sama mertua perlu dipikir ulang apa saja yang mau diobrolin via https://www.google.com

Jika kamu sudah tahu kesukaan dan hobi mertua, maka sering-seringlah ngobrol mengenai hal-hal tersebut. Obrolan tentang sesuatu yang disukai selalu menarik bagi siapapun. Kamu sebenarnya tidak perlu terlalu banyak bicara, banyak-banyaklah mendengarkan dengan tetap tahu betul tentang apa yang mertua kamu bicarakan.

Hindari melakukan pembicaraan tentang topik yang tidak mereka sukai. Cari tahu hal-hal atau topik apa yang membuat mereka sensi. Hal ini penting karena kamu dipastikan tidak ingin terlibat pembicaraan dengan mertua saat mood mereka buruk hanya karena topik pembicaraan yang bikin mereka sensi. Cari tahu hal-hal yang pernah kamu atau pasangan kamu lakukan sehingga mengecewakan mereka, kemudian jauhi topik tersebut dalam setiap pembicaraan.

5. Meluangkan waktu berkualitas bersama mertua

Meluangkan waktu bersama mertua pasti akan semakin akrab hubungan kalian

Meluangkan waktu bersama mertua pasti akan semakin akrab hubungan kalian via https://www.google.com

Sesekali meluangkan waktu bersama mertua bisa menjadi cara untuk menunjukkan bahwa kamu peduli dan respek pada mereka. Jika tidak turut beraktivitas pada kegiatan hobi mereka, kamu bisa nimbrung di aktivitas yang bersifat santai seperti menemani mereka belanja atau membantu mengerjakan sesuatu.

Jika kamu sudah cukup dekat dan akrab dengan mertua, mengajak mereka makan siang atau minum teh bersama di sore hari bisa menjadi momen baik untuk lebih mendekatkan diri. Jika sulit atau masih canggung untuk pergi bersama dengan mertua, mengajak seluruh keluarga bisa menjadi sebuah pilihan yang baik. Lebih mudah mencairkan suasana ketika ada lebih banyak orang, meski berarti juga ada lebih banyak orang yang harus kamu jaga.

6. Kompromi dan kompromi. Biar situasi lebih kalem

Jadikan situasi lebih adem dengan berkompromi bareng

Jadikan situasi lebih adem dengan berkompromi bareng via https://www.google.com

Kompromi menjadi salah satu kata kunci dalam hubungan sosial dengan siapapun. Kompromi bukan berarti harus selalu mengalah, tetapi kamu harus selalu siap untuk mengalah jika berurusan dengan keinginan atau keputusan mertua.

Tentu saja selama keinginan dan keputusan tersebut tidak bertentangan dengan norma kehidupan yang baik serta konsep hidup yang kamu telah sepakati dengan pasangan. Satu hal yang pasti, kompromi dengan mertua bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari konflik.

Hal yang paling penting adalah lakukan semuanya dengan tulus dan sabar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya