Jerawat menjadi salah satu masalah paling berat buat kita para ladies.. Tapi dengan adanya makeup, kita bisa tampil lebih percaya diri, tidak perlu takut jerawat kalian akan semakin parah jika bermakeup setiap hari, asal kalian menggunakan makeup dengan benar dan membersihkan muka setelahnya. Kalian tidak perlu lagi takut untuk ber make up :)

Bukan menjadi rahasia jika sekarang sudah banyak produk-produk make up yang khusus untuk wajah berjerawat, seperti foundation yang meng-claim dirinya full coverege dan juga sekaligus membantu menyembuhkan jerawat, tapi buat kita para mahasiswa dengan uang jajan seadanya, sudah pasti tidak tega menguras dompet hanya untuk menutupi noda-noda bekas jerawat di wajah kita.

Berikut beberapa tips make up dari pengalaman pribadi saya agar kita bisa tampil lebih PD dan tidak takut untuk ketambahan jerawat lagi hehe :)

hiks.... buat teman-teman yang juga sedang berjuang melawan jerawat dan beruntusan.. tetap sabar dan optimis!!

1. Jangan malas membersihkan wajah dan tangan sebelum make up ladies!

pakai toner dulu

pakai toner dulu via https://www.google.co.id

Nomor 1 ini penting sekali buat kita ingat dan lakukan setiap hari, buat teman-teman yang tidak berjerawat pun wajib loh melakukan hal ini sebelum ber- make up..

Kenapa?

Advertisement

Coba kalian ingat kembali, sebelum kalian ber-make up apa yang kalian lakukan atau apa yang kalian pegang?


kalo saya pagi sebelum make up, pasti makan dulu hehe


Ingat kata guru di sekolah. Bakteri banyak menghuni tangan kita, dari semua barang yang kita pegang, pasti banyak sekali bakteri yang tidak terlihat. Begitu pula dengan wajah kita, walaupun kita akan make up setelah mandi, tapi tetap saja kita harus membersihkan dulu wajah kita.

Advertisement

Saya sendiri selalu menyemprotkan air mineral ke wajah saya sebelum memulai make updan dibersihkan dengan kapas. Teman-teman juga bisa menggunakan air mawar atau toner agar wajah lebih tenang dan siap untuk make up.

2. Gunakan skin care wajib hukumnya!

tlidah buaya bagus untuk kulit berjerawat

tlidah buaya bagus untuk kulit berjerawat via https://www.google.co.id

Tidak kalah penting dari nomor 1, penggunaan skin care ini wajib sekali hukumnya sebelum kita menggunakan foundation dan kawan-kawannya.

Coba teman-teman bayangkan jika kita tidak "melapisi" kulit wajah kita dengan "sesuatu" dan langsung menggunakan make up, apabila ada kandungan kimia tertentu yang tidak cocok dikulit teman-teman. apabila kulit teman-teman tidak "dilapisi" sudah tentu kulit teman-teman akan langsung menerima bahan-bahan tersebut dan kemudian reaksi yang akan terjadi biasa jerawat langsung muncul atau komedo.


Menurut saya skin care adalah hal yang tidak boleh dilewatkan sebelum kita ber make up, selain bisa melindungi wajah kita dari debu, kandungan kimia dari make up, skin care yang sudah cocok pada kulit kita juga bisa merawat kulit wajah yang berjerawat.


Awalnya saya juga berfikir, skin care itu kan juga dari bahan kimia yang dikemas tetapi dinamakan skin care, tetapi coba teman-teman amati baik-baik lagi bahan-bahan yang terkandung di dalam skin care tersebut, kebanyakan adalah bahan-bahan aktif yang mampu merawat kulit kita.


setelah saya memberishkan wajah saya dengan air mineral / air mawar, saya melanjutkan dengan penggunaan skin care, yang saya gunakan sehari-hari adalah wardah hydrating aloe vera gel atau the saem jeju fresh aloe soothing gel 99%


Untuk teman-teman yang suka penggunaan skin care berlapis juga tidak masalah, misalnya mau pakai vitamin c dulu, baru pelembab, it's okay, asal skin care yang kalian gunakan itu sudah benar-benar cocok dengan jenis kulit kalian.

Hal yang juga penting adalah penggunaan sun block ketika kita akan beraktifitas di siang hari.

3. Kurangi pemakaian Primer

ganti primer dengan es batu

ganti primer dengan es batu via https://www.google.co.id

Pasti teman-teman bingung kan, kenapa saya menyarankan untuk mengurangi pemakaian primer secara berlebihan

Setelah saya berfikir keras dengan modal otak yang pas-pasan, saya sadar pemakaian primer yang berlebihan pada kulit wajah yang berjerawat malah semakin menambah masalah. Primer itu diciptakan bagi kita yang memiliki pori-pori besar, wajah berminyak dan buat kita yang ingin make up lebih oke dan flawless, tetapi dengan claim seperti itu, harusnya kita takut, kenapa? karna dengan menutup atau menyamarkan pori-pori kita, itu akan membuat kulit kita semakin susah bernafas.

Bukan berarti saya menghasut teman-teman yang cantik ini untuk berhenti memakai primer, tetapi sebaiknya gunakanlah primer di saat yang diperlukan, misalnya mau ke acara nikahan mantan yang mengharuskan kalian untuk menggunakan make up untuk waktu lebih dari 4 jam, atau event-event lainnya. Tapi untuk daily make up sebaiknya dikurangi pemakaian primer, teman-teman bisa pakai opsi lain jika teman-teman memiliki wajah yang berminyak, yaitu mengompres wajah dengan es batu terlebih dahulu.


Selain bisa mengurangi produksi minyak, es batu juga ampuh untuk mengurangi jerawat dan bekas jerawat jika digunakan secara rutin. :)


4. Gunakan Foundation Favorit

foundation untuk menyamarkan noda ya! tdak menghilangkan tekstur

foundation untuk menyamarkan noda ya! tdak menghilangkan tekstur via https://www.facebook.com

Banyak sekali merk foundation yang kita tahu, mulai dari yang harganya murah hingga mahal mencekik. Tetapi yang saya sarankan adalah gunakan foundation favorit kalian, yang artinya foundation itu sudah cocok di kulit kalian, tidak membuat wajah berjerawat setelahnya dan juga sesuai jenis kulit.


Makanya kenapa di atas saya mengatakan harus menggunakan skin care dulu, agar jika foundation itu tidak terlalu cocok di muka kalian maka tidak akan terlalu berdampak buruk bagi wajah kalian, karna wajah sudah terlindungi sebelumnya.


Tapi buat teman-teman yang punya masalah jerawat dan sama sekali belum pernah menggunakan foundation, rekomendasi foundation lokal yang ringan adalah alas bedak purbasari, sangat mudah di dapatkan dan juga dengan harga yang terjangkau.

Dengan pengaplikasian foundation menggunakan flat top brush, akan menghasilkan medium cover jika di gunakan 2 lapis


untuk event tertentu terkadang kita membutuhkan cover yang lebih agar kita bisa tampil lebih pd, nah untuk itu jika teman-teman tidak memiliki color corrector atau concealer, teman-teman boleh menggunakan foundation 2 lapis. tunggu beberapa menit hingga foundation pertama meresap kemudian baru di timpa lagi, tapi fokuskan lapisan ke 2 di daerah yang bermasalah saja, sisanya baru di tap ke seluruh wajah agar tidak belang dan make up tidak terasa berat.


5. Gunakan bedak tabur untuk mengunci foundation

pakei bedak tabur biar lebih ringan

pakei bedak tabur biar lebih ringan via https://www.google.co.id

Hal terakhir untuk bagian complexion yaitu penggunaan bedak, untuk jenis kulit wajah yang berjerawat dan berminyak bedak yang paling di sarankan oleh beuty vlogger adalah bedak tabur, karena bedak tabur memiliki kandungan yang lebih ringan dari pada bedak padat.

Untuk merk bedak tabur kalian bisa pakek bedak tabur merk apa saja, tapi bagi kantong mahasiswa, marcks bisa menjadi pilihan paling oke, dengan harga murah dan juga isi yang cukup banyak. HEMAT!!

Saran yang paling sering kita dengar adalah pengunnan teknik baking, tetapi banyak dari kita sering salah mengaplikasikan bedak dengan teknik baking. Teknik baking sendiri bertujuan untuk mengunci foundation yang sudah kita aplikasikan sebelumnya, jadi cara yang tepat untuk baking adalah, gunakan spons atau beuty blender kemudian ambil bedak dan kita tap ke wajah kita dengan sedikit menekan sehingga bedak benar-benar meresap ke pori-pori kita, setalh itu kita bisa tunggu sekitar 5-10 menit dan kita swipe off (jangan lupa di sapu-sapu supaya jangan di pikir hantu).


Untuk kulit wajah berjerawat, saya biasa memfokuskan bakingan di daerah jerawat juga agar wajah terlihat lebih flawless


cara ini benar-benar berhasil di kulit saya, bagaimana dengan teman-teman?

6. Jangan Mager! pulang rumah, langsung bersihkan wajah!

say no to mager !

say no to mager ! via https://www.google.com

kita sering mengabaikan hal ini, sepulang dari nonton, jalan-jalan atau nge date sama pacar, biasa kebanyakan dari kita langsung melakukan aktivitas lain seperti nonton drama korea, tidur atau langsung kerjain tugas (tapi ini mustahil).

semakin lama teman-teman membiarkan make up menempel di wajah, semakin kalian tidak sayang pada wajah kalian. terutama buat kita-kita yang punya jenis kulit sensitif dan berjerawat.

Secepatnya kita biarkan kulit kita bernapas lega setelah seharian menggunakan make up.

Dengan kebiasaan baru kita yang rajin membersihkan wajah setelah ber make up atau pun setelah keluar rumah, maka kita akan lebih mudah mendapatkan kulit wajah yang sehat.


Untuk wajah yang sudah terlanjur jerawatan, memang membutuhkan usaha dan waktu yang lebih lama agar mendapatkan wajah yang lebih sehat, tapi jangan menyerah, semua ada waktunya :D


Oke ladies, semoga 6 tips ini bisa bermanfaat untuk kalian yang juga sedang berusaha menghilangkan jerawat, tetapi bukan berarti PD itu hanya di dapat ketika kita menggunakan make up ya! semua wanita cantik apa adanya, tinggal bagaimana kita mencintai dan menerima diri kita sendiri

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya