Tahun 2019 bisa dibilang merupakan era “kegelapan” bagi dunia hiburan di Korea Selatan. Bagaimana tidak, sejak awal tahun, industri music K-pop sudah dinodai dengan skandal yang melibatkan nama-nama selebriti ternama. Sebut saja Seungri dan Jung Joon Young yang namanya dicatut dalam kasus prostitusi.

Seungri sendiri ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan menyediakan prostitusi untuk investor asing yang ingin bekerja sama dengannya. Sementara JJY ditangkap lantaran merekam diam-diam dan menyebarkan video seks.

Melihat apa yang terjadi di dunia K-pop barangkali membuat kita mengingat pula akan kejadian serupa di tanah air. Di Indonesia, beberapa kasus asusila selebriti juga sempat menghebohkan publik. Apalagi, kasus tersebut melibatkan nama-nama besar dan tenar di seantero nusantara.

Dan asal kamu tahu, kasus yang sama juga terjadi di seluruh dunia. Sederet artis kelas dunia yang mungkin pernah kamu dengar namanya juga pernah tersandung kasus asusila yang menggemparkan dunia.

Mau tahu siapa saja mereka? Berikut ini informasinya yang kami rangkum dalam 7 artis Indonesia dan mancanegara yang pernah nyaris hancur kariernya karena kasus asusila.

1. Rihanna

Siapa yang tak kenal Rihanna? Penyanyi kelas dunia yang satu ini dikenal namanya sejak hadir dengan single “Umbrella” tahun 2008 silam.

Saat sedang tenar-tenarnya, tahun 2009 namanya justru menjadi buah bibir lantaran foto-foto syur dirinya bersama Chris Brown beredar di dunia maya. Kala itu, Rihanna memang masih menjalin asmara dengan Chris Brown.

Akibat beredarnya foto-foto itu, sejumlah kontrak kerja yang sudah ditandatangani Rihanna pun terpaksa dibatalkan sepihak.

Salah satunya, ia batal menjadi model sampul majalah Vogue. Padahal sebelumnya, editor majalah tersebut menggandeng Rihanna karena sangat mengaguminya.

Kabarnya, kala itu Rihanna sempat menghubungi pihak Anna Wintour selaku editor. Namun sayang, Anna tidak sekalipun mengangkat telepon dari pelantun lagu “Diamonds” tersebut.

2. Ariel NOAH

Nazril Irham

Nazril Irham via https://www.kepogaul.com

Ariel sudah bebas dari penjara akibat kasus asusila sejak 2012 lalu. Ya, kita semua mungkin sudah tahu, vokalis band NOAH ini pernah menjadi pesakitan lantaran video syurnya dengan dua selebriti ngetop tanah air beredar.

Pada bulan Januari 2011, pemilik nama asli Nazril Irham itu divonis 3,5 tahun penjara dan denda Rp250 juta karena terbukti membuat dan menyebarkan video rekaman pornografi.

Setelah satu tahun menjalani masa tahanan, ia dinyatakan bebas bersyarat dan masih dikenai wajib lapor. Hingga di tahun 2013, ia pun dinyatakan sepenuhnya bebas.

Kini, Ariel kembali disibukkan dengan aktivitas bermusiknya. Ia bersama NOAH pun telah beberapa kali mengeluarkan album.

3. Paris Hilton

Paris Hilton

Paris Hilton via https://www.instagram.com

Artis sekaligus pengusaha Paris Hilton juga pernah terpuruk karena skandal asusila. Sekitar tahun 2003 silam, video rekaman Paris tengah berhubungan badan dengan sang kekasihnya kala itu, yaitu Rock Solomon beredar. Parahnya lagi, video yang tersebar itu dijadikan bahan lelucon di internet.

Hingga kini, trauma dari masa lalu itu bahkan masih menghantui Paris Hilton. Di sebuah wawancara tahun 2018 lalu, ia mengaku masih menyesal atas kejadian yang pernah menimpanya.

“Hidupku berubah dalam semalam. Semua orang menjadikan video itu sebagai lelucon,” katanya. “Aku tidak keluar rumah selama beberapa bulan. Aku sangat malu. Rasanya semua orang di jalan seperti menertawakanku. Aku merasa seperti diperkosa. Aku juga merasa separuh jiwaku hilang, dan jadi bahan omongan dengan cara yang kejam.”

4. Park Yoochun

Park Yoochun

Park Yoochun via https://news.naver.com

Idol K-pop Park Yoochun JYJ pun pernah tersangkut kasus asusila. Semua bermula pada tahun 2016 ketika nama Yoochun dilaporkan oleh dua orang wanita atas tuduhan pelecehan seksual.

Kedua wanita tersebut mengaku dilecehkan Yoochun di sebuah bar yang tengah dikunjunginya.

Seketika setelah kabar pelecehan ini diketahui publik, terutama para penggemar, Yoochun langsung diboikot. Banyak penggemar yang mengecamnya dan menyatakan untuk tidak lagi memberikan dukungan pada bintang drama “Rooftop Prince” itu.

Tak hanya diboikot fans, idol yang satu ini juga jadi jarang muncul di layar kaca. Ia sempat muncul mengumumkan pertunangan dengan wanita bernama Hwana Hana, akan tetapi keduanya batal melangsungkan pernikahan.

Malahan, di awal tahun 2019, Yoochun kembali berurusan dengan kepolisian karena kasus narkoba.

Semoga kasus Yoochun ini bisa menjadi pelajaran bagi artis-artis K-pop lainnya, ya!

5. Vanessa Hudgens

Vanessa Hudgens

Vanessa Hudgens via https://www.instagram.com

Kamu masih ingat film “High School Musical”? Kalau ingat, nama Vanessa Hudgens tentu sudah tidak asing lagi di telingamu. Ia adalah sosok yang memerankan karakter Gabriella Montez, kekasih Troy Bolton (diperankan oleh aktor Zac Efron).

Vanessa pernah terkena skandal asusila usai foto-foto bugilnya tersebar luas di internet pada tahun 2007. Padahal, foto-foto pribadinya itu tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi konsumsi publik.

Beberapa tahun berselang, sekitar pada 2014, kejadian yang sama kembali terulang. Potret Vanessa tanpa mengenakan busana beredar lagi di dunia maya.

Beberapa di antaranya adalah foto baru, tetapi ada pula yang disebut berasal dari data yang sama dengan file yang beredar di tahun 2007.

Konon, tersebarnya foto itu sengaja dilakukan pihak tidak bertanggung jawab untuk menjatuhkan Vanessa. Pasalnya, kala itu ia tengah mempromosikan film baru yang berjudul “Sucker Punch”.

6. Park Shi Ho

Kamu barangkali tidak pernah menyangka aktor Park Shi Hoo pernah terlibat skandal pelecehan seksual. Tahun 2013, ia dilaporkan oleh seorang wanita berinisial A yang memberi pernyataan bahwa dirinya minum-minum bersama Park Shi Hoo dan berakhir di atas ranjang dalam keadaan telanjang.

Park Shi Hoo sempat membantah dan melaporkan balik si wanita atas tuduhan pencemaran nama baik. Namun, A tetap bersikukuh dan malah menyebut jika pihak Park Shi Hoo sempat menawarkan uang damai padanya.

Pada akhirnya, Park Shi Hoo memang dinyatakan tidak bersalah atas kasus pelecehan. Akan tetapi, skandal asusila itu telah membuat kariernya merosot dan nyaris hancur.

Ia terpaksa vakum dari dunia entertain selama kurang lebih 4 tahun dan kembali muncul bermain drama di tahun 2017.

7. Luna Maya

Kasus asusila Luna Maya erat kaitannya dengan Ariel NOAH. Ya, Luna adalah sosok wanita yang ada di salah satu video syur Ariel yang tersebar di dunia maya. Sama seperti kebanyakan artis yang terlibat skandal, karier Luna kala itu juga meredup.

Beberapa tahun berlalu, ia kembali memberanikan diri muncul di dunia hiburan. Kehidupannya sebagai selebriti pun berjalan normal. Kini, selain sibuk bermain film dan menjadi model, Luna Maya juga menggeluti dunia bisnis.

Itulah tadi 7 selebriti terkenal dari Indonesia, Korea, dan Hollywood yang pernah tersandung kasus asusila. Selain yang ada di atas, masih ada nama lain yang juga pernah tersandung kasus serupa.

Sebagai warga biasa, ada baiknya kita berhati-hati dalam memilih siapa artis yang kita sukai, ya. Boleh tetap jadi penggemar meski mengetahui kekurangannya, tetapi tidak perlu membela mati-matian kalau yang bersangkutan benar-benar bersalah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya