Sebagian besar makanan memang harus disimpan di dalam kulkas agar kesegarannya terjaga dan tidak basi. Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa kamu simpan di dalam kulkas karena akan mempengaruhi kualitas makanan itu sendiri. Nah, berikut ini beberapa jenis bahan makanan yang sebenarnya tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

1. Madu

Madu tetap tahan meskipun tidak disimpan di dalam kulkas via http://www.huffingtonpost.com

Madu merupakan bahan makanan yang tahan lama, dengan kata lain tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Nah, karena hal inilah kamu tidak perlu menyimpan madu di dalam kulkas. Jika disimpan di dalam kulkas terlalu lama madu bisa berubah bentuk menjadi seperti kristal. Dengan catatan madu yang kamu miliki madu asli ya.

2. Tomat

Tomat akan lebih lezat tanpa kulkas via https://kulkasidaman.blogspot.co.id

Meski buah yang satu ini terlihat rentang jika tidak dimasukkan kulkas, namun dengan menyimpannya di tempat dingin bisa menurunkan kadar asam, gula, dan aromanya. Tomat yang dingin bisa merusak struktur buah itu sendiri, sehingga memiliki tekstur yang kurang bagus. Lebih baik jika Anda menyimpan tomat dalam temperatur ruangan saja dan hindari paparan sinar matahari langsung. Meskipun dengan begini mungkin tomat Anda tidak akan bertahan terlalu lama, namun memang lebih baik tomat dikonsumsi dalam keadaan segar.

3. Kentang

Advertisement

Kentang juga lebih baik tidak disimpan di kulkas via https://theleafstore.com.au

Kulkas memiliki suhu yang terlalu dingin untuk kentang, sehingga dapat menyebabkan pati di dalamnya berubah menjadi gula. Akibat perubahan ini akan berimbas pada warna serta rasanya. Ada baiknya jika kentang Anda simpan di dalam tempat gelap namun tidak sedingin kulkas.

4. Saus sambal

Biar pedasnya tetap segar, jangan disimpan di kulkas via https://www.chocolatemoosey.com

Meskipun jika tidak disimpan di dalam kulkas tidak terlihat perubahannya, namun saus sambal lebih baik disimpan di dalam lemari biasa. Karena jika disimpan di dalam kulkas akan memengaruhi panas serta viskositas saus sambal itu sendiri.

5. Roti

Ingin roti yang empuk juga jangan dimasukkan kulkas via http://www.kingarthurflour.com

Nah, untuk roti mungkin hanya sekedar soal selera, karena pasti kamu sudah tahu kalau roti disimpan di dalam kulkas akan semakin keras dan kering. Sedangkan jika lebih suka roti yang empuk dan lembut cukup simpan dalam temperatur ruangan saja. Peran kulkas pada roti hanya untuk menghindari atau memperlambat tumbuhnya jamur pada roti.

6. Kue

Kue semakin mengeras jika disimpan di kulkas via http://www.kingarthurflour.com

Hampir sama halnya dengan roti, jika kue kamu simpan dalam kulkas maka akan semakin mengering dan pastinya keras. Jika kue yang Anda miliki ada butter creamnya, lebih baik disimpan dalam wadah kedap udara saja.

7. Pisang

Biarkan di luar kulkas agar matang sempurna via https://www.healthline.com

Kalau kamu menyimpan pisang di dalam kulkas, maka pisang akan tetap mentah dan kulitnya berubah warna menjadi cokelat tua. Dinginnya kulkas akan menghambat proses pematangan pisang itu sendiri, jadi alangkah baiknya jika bisa disimpan atau diletakkan di luar kulkas saja.

Kulkas memang berguna untuk menyimpan makanan agar tetap awet, tapi tidak serta merta semua makanan bisa kamu masukkan ke dalam kulkas, ya!