Arsitektur Bali nggak melulu bangunan Pura dan rumah tradisional. Diam-diam, Bali punya banyak bangunan villa mewah yang kekinian dan dikagumi di kalangan arsitektur internasional. Berikut beberapa diantaranya:

1. Villa Tantangan (Tabanan)

Villa yang selesai dibangun pada 2011 ini adalah karya arsitek Italia bernama Valentina Audrito. Pemiliknya adalah suami istri Belgia yang tinggal di Tokyo. Mereka menyewakan villa ini untuk umum.

2. Villa Tangga (Canggu)

Sesuai namanya, villa ini mempunyai beberapa tangga yang dibangun secara mencolok sebagai akses disetiap ruangan-ruangan villa. Dikerjakan oleh arsitek Ali Reda asal Singapura, bangunannya merupakan kombinasi gaya barat dan lokal. Kamu bisa menikmati pemandangan pedesaan Bali di sekeliling villa.

3. Villa Lulito (Petitenget)

Advertisement

Villa Lulito via https://www.omocars.com

Terletak di jantung ares prestisius Petitenget, villa mewah ini didesain oleh Stuart Membrey asal Australia. Bangunannya juga perpaduan antara tradisional dan modern. Atapnya misalnya, terinspirasi oleh arsitektur Jawa.

4. Villa Issi (Seminyak)

Dirancang oleh arsitek Indonesia, Budi Pradono, villa ini adalah kombinasi keren dari arsitektur barat modern dan prinsip-prinsip Bali kuno. Bangunannya minimalis dan kontemporer. Nuansa Balinya tampak pada paviliun-paviliun yang terletak di sembilan area, yang melambangkan sanga mandala. Beberapa material seperti batuan dan kayu menggunakan material lokal Bali.

5. Villa Asli (Canggu)

Nama Asli menunjukkan villa ini menggunakan arsitektur Indonesia sebagai intinya. Meski demikian, gaya arsitekturnya juga ada sentuhan Eropa. Di sekeliling kolam renang tampak bangunan bergaya joglo dan gladag dari Jawa, serta rumah bergaya Sumatera. Eh tapi jangan salah, villa ini bukan dirancang orang Indonesia, melainkan oleh orang Perancis suami istri.

6. Kayu Aga (Canggu)

Villa ini dikonsep, dirancang dan dibangun oleh arsitek Bali, Yoka Sara, hampir tanpa campur tangan pemiliknya pengusaha dari Timur Tengah. Dibangun di atas bekas sawah seluas 42 are, villa cantik ini mempunyai 3 kamar tidur, studio, kolam besar dengan bale modern, dan halaman yang luas. Batang-batang kayu dan bambu utuh sebagai tiang, berpadu manis dengan elemen-elemen modern.

7. Villa Wahyu (Seminyak)

Villa ini dikelilingi oleh kebun bambu dan terletak di ujung sebuah gang kecil di Seminyak. Sebuah kolam renang memanjang terletak hampir di tengah kompleks. Tepiannya diisi oleh kontras bangunan joglo dan bangunan bergaya kubus modern, namun menghasilkan harmonisasi yang manis.