Kamu Selalu Dighosting saat PDKT? Duh, Pasti Sakit Banget. Tapi tenang! 7 Cara Ini Bisa Kamu Terapin Supaya Nggak Kena Ghosting Lagi

Cara terhindar dari ghosting

Apa arti ghosting? Ghosting merupakan istilah yang digunakan ketika seseorang memutuskan komunikasi terhadap siapapun, baik pacar, calon pacar, teman dan kerabat tanpa sebab. 

Lantas, bagaimana caranya agar kamu tidak digantung alias di-ghosting oleh si doi saat tahap PDKT? Ikuti 7 kita jitu ini agar kamu tidak baper saat doi nge-ghosting, ya!

Advertisement

1. Jangan percaya dengan kata-kata atau janji manisnya

Photo by Jasmine Carter from Pexels

Photo by Jasmine Carter from Pexels via https://www.pexels.com

Ini sangat wajar banget terjadi saat kamu lagi PDKT-an. Berbagai buayan darat, janji-janji dan perilaku manis dikeluarkan bertubi-tubi agar kamu bisa luluh dan jatuh hati pada doi. 

Mulai sekarang, bentengi diri kamu supaya tidak masuk ke dalam perangkap nya, ya! Anggap saja kata-kata manis itu sebagai bentuk pujian dan bukannya sebagai rayuan. 

Advertisement

2. Jangan meletakkan semua telur di dalam satu keranjang

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Maksudnya adalah jangan langsung mempercayakan doi untuk menerima seluruh hati dan perasaan kamu. Ini sangat berbahaya, terlebih kalau doi hanya “bermain-main” dengan kamu. Duuh, miris banget!

Ingat ya, kamu ini masih dalam tahap PDKT. Kamu harus tahu sifat, karakteristik dan visi masa depannya seperti apa. Jangan langsung mempercayakan hati mu ke doi saat masa-masa ini. 

3. Coba ajak ketemuan

Advertisement
Photo by William Fortunato from Pexels

Photo by William Fortunato from Pexels via https://www.pexels.com

Nah, kalau kamu sudah merasa cukup lama mengenalnya, ini merupakan saat yang tepat untuk ajak doi ketemuan. Perhatikan bahwa, baik pria maupun wanita akan sangat bersemangat bertemu langsung pujaan hatinya yang selama ini ia ajak chatting-an. 

Kalau misalkan nih, kamu sudah sering ngajak doi ketemuan tapi dia nya tetap tidak mau, waaah siapkan mental dari sekarang dan perlahan say good bye, ya! Bisa jadi, kamu cuman digunakan sebagai pelampiasannya aja. 

4. Coba deh jangan terlalu memikirkan tentang doi

Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels

Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels via https://www.pexels.com

Hal ini berlaku untuk pria dan wanita yang sedang tahap PDKT. Saat tahap PDKT, kamu akan cenderung memikirkan si doi dan ini adalah hal yang sangat wajar. Kamu lagi berbunga-bunga nya dan ini pertanda bahwa kamu memang ingin serius dengan doi. Tapi ingat, ini juga yang diinginkan oleh para ghoster!

Boleh-boleh saja memikirkannya. Tapi jangan sampai berlebihan! Bersikap tenang, balas chat nya sewajarnya, berikan respon terhadap jokes dan keluh kesah hari nya dalam batasan yang wajar.

5. Apa reaksi nya saat kamu bertanya hal yang bersifat pribadi

Photo by freestocks.org from Pexels

Photo by freestocks.org from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu bisa menilai langsung bagaimana tanggapan dan reaksinya saat kamu bertanya sedikit hal pribadi nya. Kamu bisa tanyakan bagaimana visi dia ke depan, apa rencana nya dia bersama kamu dan hubungannya dia dengan keluarga. 

Kalau dia serius dengan hubungan yang akan kalian jalani nantinya, maka ia akan cenderung terbuka dengan pertanyaan-pertanyaan di atas dan dengan senang hati menceritakannya kepada kamu sebagai calon pacarnya.

Nah, berbeda halnya kalau dia justru mengalihkan topik atau pertanyaan di atas, atau bahkan sama sekali tidak memberikan respon.

Di sini, kamu bisa menarik dua hal. Pertama, pertanyaan itu sedikit sensitif untuk di jawab selama PDKT. Kedua, dia memang tidak ada niatan untuk lanjut ke jenjang yang lebih serius bersama kamu.

6. Penting untuk melihat sinyal yang dia berikan

Photo by Sagar Kumar from Pexels

Photo by Sagar Kumar from Pexels via https://www.pexels.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, para ghoster ini akan mengeluarkan berbagai macam rayuan dan “tipu daya” untuk memikat hati kamu. Selain untuk tidak terpancing dengan perkataan manisnya, perhatikan juga bagaimana ia bersikap ke kamu. Apakah sikapnya cenderung mengalami perubahan dari waktu ke waktu atau biasa saja?

Saat ini dia nampak hangat ke kamu, tapi lama kelamaan dia berubah menjadi sosok yang dingin dan cuek. Kalau sudah seperti ini, kamu harus bersiap-siap untuk melepaskannya.

7. Perhatikan cara dia memperlakukan orang lain

Photo by mentatdgt from Pexels

Photo by mentatdgt from Pexels via https://www.pexels.com

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari ghosting adalah dengan memperhatikan cara ia memperlakukan orang lain, seperti ke teman sepermainannya, kerabat, kolega, atau bahkan keluarganya sendiri. Apakah ia tipikal orang yang lari dari kenyataan dan tanggung jawab atau bukan? Jika iya, ini adalah sinyal yang sangat jelas dan kesempatan yang bagus untuk kamu segera mengambil langkah seribu darinya.

Mencari pasangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terus mencoba, berdoa dan meningkatkan skill atau kemampuan, dapat membawa kamu untuk menemukan pasangan yang tepat di masa depan. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hi, panggil saya dengan Nanda. Saya seorang Creative Content Writer dan seorang Hospitality Specialist di bidang Tourism. Menulis adalah salah satu cara saya untuk melepas penat setelah bekerja seharian. Didalam nya, ada beberapa pembelajaran yang ingin saya tunjukan ke para komunitas.

CLOSE