Puasa Ramadan sangat spesial karena semua kegiatan yang kita jalani akan dinilai Ibadah. Maka berikut ini adalah tips menjalani buat kamu para single ataupun yang sudah berkeluarga agar lebih berfaedah.

1. Setting Alarm Pada Jam 2 atau 3

Atur Alaram

Atur Alaram via https://techgirl.co.za

Apa sih gunanya mengatur alarm pada jam-jam sepertiga malam? Gini gan, kamu kan Single yang InsyaAllah akan dipertemukan Jodoh terbaiknya sama Allah SWT. Amiienn (ciee dalam banget amininnya..:D). Lanjut, dengan kamu setting alarm pada jam 2 atau jam 3 malam, secara otomatis kamu bisa memiliki waktu yang banyak untuk mendekatkan diri kepada sang Khaliq.

Mendekatkan diri disini bisa dengan sholat malam, sholat Tahajjud, Tadarus Al-Qur'an atau sholat Taubat. Kebayangkan hal seperti ini jika dilakukan di bulan Ramadan pahalanya dan tingkat di ijabah doanya semakin tinggi? Apa nggak pengen tuh dapat pahala berkali lipat dan doa dikabullkan? Subhanallah.

2. Jangan Melakukan Aktivitas yang Berpotensi Ke Arah Negatif

Membaca Al-Qur'an 30 Juz

Membaca Al-Qur'an 30 Juz via http://www.tutorialservis.com

Jangan omes dulu ya mas gan dan mbak sis, maksud nya adalah jangan melakukan kegiatan yang berpotensi membuatmu jauh dari Allah. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat Istimewa daripada 11 bulan lainnya, oleh sebab itu isilah dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan yang bisa mendekatkan diri dan melembutkan hati.

Apa sih kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan terutama para single? Kamu bisa pasang target khatam Al-Qur'an 30 Juz dalam 1 bulan, kalau pas baca ini dan tinggal beberapa hari gak apa apa lanjut gas pol baca, karena sejatinya membaca Al-Qur'an bisa kapan saja dan tentunya moment Ramadan seharusnya bisa lebih dioptimalkan intensitasnya.

Membaca Al-Qur'an sangat banyak manfaatnya, apalagi dilakukan di saat bulan suci Ramadan. Tentu tingkat pahalanya sangat buannyakk. Setelah membaca sebaiknya kamu berdoa agar apa yang menjadi impian, cita-citamu segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Selain membaca Al-Qur'an kamu juga bisa ikut pesantren kilat atau pengajian Ramadhan. Biasanya kan dikampus atau sekolah diadakan pesantren. Nah kamu bisa tuh ikut agar lebih tau ilmu agama.

Jika kamu pekerja kantoran bisa memanfaatkan waktu libur dengang menghadiri pengajian atau kajian rutin seperti di masjid-masjid besar di sekitarmu.

3. Adakan Kegiatan Berfaedah Lain, Seperti Berbagi Takjil Gratis, Buka Bersama Anak-Anak Disekitarmu

Berbuka Puasa Bersama

Berbuka Puasa Bersama via http://www.onoini.com

Bulan Ramadan adalah ladang buat beramal karena bulan ini banyak orang berusaha untuk berbagi apa yang mereka miliki agar bisa mendapat pahala dan dicatat sebagai perbuatan baik.

Buat kamu yang masih sendiri, kamu bisa mulai melakukan kegiatan tersebut misalnya dengan mengajak teman-temanmu untuk patungan membeli takjil dan dibagikan kepada orang-orang sekitar tempat tinggalmu. Berbagi yang kamu miliki tidak harus besar kok, misalnya membelikan es degan, roti, atau jika kamu punya uang lebih bisa membelikan menu berbuka buat orang lain yang sedang menunaikannya.

Jika kamu sedang merantau bekerja atau kuliah, bisa dengan patungan untuk membelikan nasi kotak buat abang gojek, tukang becak atau anak jalanan yang sedang berbuka. Percayalah walaupun itu hanya sedikit akan membuatmu lebih bahagia di dalam hati. Ada rasa haru dan senang bisa berbagi dan bermanfaat untuk orang lain.

4. Sedekah Tidak Harus Uang

Bersedekah Tidak Harus dalam Bentuk Uang

Bersedekah Tidak Harus dalam Bentuk Uang via https://www.tautan.net

Jika pada poin sebelumnya kamu harus mengeluarkan uang untuk patungan atau untuk sedekah dalam bentuk makanan. Buat kamu yang sedang kesulitan dana bisa kok tetap bersedekah dalam bentuk lain. Saking banyaknya kamu tidak harus bersedekah dalam bentuk uang.

Kamu bisa berbagi ilmu yang kamu miliki kepada orang yang tentu saja dibawahmu, misalnya adalah berbagi ilmu komputer, ilmu membaca Al-Qur'an, Ilmu Menggambar, Ilmu Desain Grafis, Ilmu Bela Diri dan yang lainnya. Apapun keahlian yang kamu miliki yang tentunya hal baik bisa kamu tularkan kepada orang lain.

Dengan mengajarkan ilmu yang kamu miliki setidaknya jika ilmu itu digunakan dan bermanfaat untuk orang yang kamu ajari maka ada rasa bangga dalam hati dan bersyukur bisa berbagi ilmu. Karena sejatinya tidak ada yang kita miliki di dunia ini, kecerdasan, keahlian, harta yang kita miliki hanyalah titipan yang kelak akan dimintai pertanggung jawabannya di ahkerat. Bulan puasa tidak harus bersedekah uang ya guys.

5. Jangan Boros

Jangan Boros Uang

Jangan Boros Uang via https://clark.com

Ini biasanya penyakit orang yang sedang berpuasa, ngabuburit bareng teman-teman kadang liat makanan pengennya dibeli semua. Liat koktail dibeli, liat es kepal milo dibeli, liat thai tea eh kok ya dibeli. Ujungnya pas berbuka tidak semuanya diminum karena habis minum koktail 1 gelas aja perut sudah kembung.

Bulan Ramadan dan tentu saja bulan lainnya, kita yang berpuasa tidak boleh boros. Artinya tidak boleh sembarangan membeli hal-hal yang sekiranya menghambur-hamburkan uang. Lebih baik uang disimpan atau disedekahkan ke lembaga Amal agar lebih bermanfaat. Allah tidak menyukai hambanya yang memiliki sifat boros. Tapi kalau boros sedekah tidak apa-apa ya :D

6. Kumpulin Uang Buat Membahagiakan Orang Tua dan Saudara

Menabung untuk membahagian ortu

Menabung untuk membahagian ortu via http://tutorialservis.com

Kalau kamu masih single tentu saja tidak ada beban harus mengeluarkan uang untuk pasangan. Untuk itu agar lebih bermanfaat daripada buat nongkrong dengan teman-teman yang gak jelas, mending dikumpulkan biar bisa buat beli-beli orang tua.

Atau kamu ingin membelikan sarung, baju atau mukena buat bapak dan ibu dirumah tentu akan lebih berfaedah. Jika kamu bisa mengumpulkan uang yang lebih banyak alangkah senangnya jika bisa membelikan adik, kakak atau ponakan baju lebaran. Walaupun baju yang kamu belikan bisa jadi harganya tidak mahal, itu akan membuat mereka bahagia karena merasa disayangi oleh kamu.

Duhhh, pahalanya nyenengin bapak, ibu, dan saudara apa gak banyak tuh? Sekalian minta doa sama mereka agar usaha atau kuliahmu lancar, segera dipertemukan dengan pendamping hidup dan impianmu bisa tercapai.

7. Kurangi Tidur yang Berlebihan

Jangan kebanyakan tidur

Jangan kebanyakan tidur via http://www.denilifecoach.com

Bulan Ramadan kamu tidur tetap dinilai ibadah. Tapi bukan berarti tidur terus-terusan baik ya buat kamu. Gunakan waktu tidurmu sesuai kebutuhan, tidak baik juga jika kamu tidur terlalu lama karena akan berefek di kesehatan badanmu. Gunakan waktu mu sebaik mungkin agar bulan yang penuh rahmat ini bisa lebih bermanfaat untukmu.

Semua tips menjalani puasa diatas semoga bisa menggugah hati kamu dan bisa bermanfaat. Semoga puasa Ramadan ini bisa membuat kamu lebih baik dan bisa berlanjut setelah Ramadan selesai. Aamin.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya