Kamu Harus Tau 7 Cara Simple yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Menambah Rasa Percaya Dirimu!

Indonesia

Siapa sih yang tidak pernah mendengar kata insecure? Apalagi akhir-akhir ini banyak sekali postingan di sosial medaia yang membahas mengenai kesehatan mental, salah satunya membahas mengenai insecure. Insecure sendiri adalah keadaan dimana kita tidak percaya diri, merasa cemas akan segala hal yang akan atau sedang dihadapi. Tapi, ada cara simple untuk menghadapi perasaan insecure atau tidak percaya diri ini, loh. Berikut adalah 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah rasa percaya dirimu agar terbebas dari rasa insecure

Advertisement

1. Percayalah Pada Dirimu Sendiri!

Photo by Paola Diaz by Pexels.com

Photo by Paola Diaz by Pexels.com via https://www.pexels.com

Hal yang paing utama dan paling penting untuk menambah rasa percaya diri adalah dengan percaya pada dirimu sendiri. Bagaimana bisa rasa percaya diri tumbuh kalau kamu saja ragu dengan dirimu sendiri, kamu harus ingat kamu adalah pemilik dari seluruh jiwa raga yang kamu miliki. Pastikan kamu memberikan rasa percaya tersebut pada dirimu.

2. Jangan Takut, Yuk Coba Hal Baru

Photo by Mike by Pexels.com

Photo by Mike by Pexels.com via https://www.pexels.com

Dunia ini punya banyak sekali hal didalamnya, kamu bisa kenalkan dirimu hal-hal baru tersebut. Mungkin awalnya kamu akan merasa takut untuk memulai, setelah itu kamu akan merasa bahwa dunia ini punya banyak sekali hal seru. Dengan mencoba hal baru kamu dapat memupuk rasa percaya pada dirrumu dan melatih rasa percaya diri untuk tumbuh diatas rasa takut yang kamu rasakan.

Advertisement

3. Punya Sesuatu Hal yang Kamu Gemari, Mari Mahirkan

Photo by Brett Sayles by Pexels.com

Photo by Brett Sayles by Pexels.com via https://www.pexels.com

Kamu punya hobi atau sesuatu kegiatan yang kamu sukai? Kamu bisa fokuskan pada hal tersebut. Melakukan kegiatan yang kamu sukai membuat kamu dapat jauh lebih percaya diri, karena didalam dirimu sudah tertanam rasa percaya diri yang sembunyi. Kamu bisa mulai dengan memperkenalkannya kebanyak orang melalui sosial media yang kamu miliki. 

4. Bertemu Orang-Orang Baru, Membuka Pintu Baru

Photo by fauxels by Pexels.com

Photo by fauxels by Pexels.com via https://www.pexels.com

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah bertemu dengan orang-orang baru. Sama seperti mencoba hal baru, bertemu dengan orang baru pun akan semakin membuka matamu akan dunia. Kamu bisa ikut bergabung dengan komunitas yang punya tujuan yang sama denganmu, walaupun punya tujuan yang sama tentu saja terdapat pemikiran yang berbeda sehingga kamu dapat terus belajar dan bertemu hal-hal baru. Belajar percaya diri dapat kamu pelajari dari orang-orang baru tersebut.

5. Wear Something You Like!

Photo by Miriam Alonso by Pexel.com

Photo by Miriam Alonso by Pexel.com via https://www.pexels.com

Pancarkan aura baikmu dengan mengenakan hal-hal yang kamu sukai. Kamu dapat kenakkan pakaian, aksesoris, sepatu, bahkan make-up yang kamu sukai. Mengenakan hal yang kamu sukai tentu akan membuat kamu merasa senang sehingga dapat menambah rasa percaya dirimu.

Advertisement

6. Berikan Dirimu Afirmasi Positif

Photo by Tara Winstead by Pexels.com

Photo by Tara Winstead by Pexels.com via https://www.pexels.com

Kata-kata yang kita ucapkan atau pikirkan tanpa sadar diserap oleh diri kita, sehingga membuat kita kurang merasa percaya diri. Yuk, kurangi memberikan kata-kata yang membuat kamu merasa down. Mari kita mulai untuk memberikan affirmasi atau kata-kata yang positif kepada diri kita sendiri, dan juga sebagai pengingat bahwa diri kita juga worthy.

7. Lakukan Sesuatu Dengan Sepenuh Hati

Photo by Andrea Piacquadio by Pexels.com

Photo by Andrea Piacquadio by Pexels.com via https://www.pexels.com

Lakukanlah sesuatu dengan sepenuh hati, sehingga tidak ada penyesalan nantinya. Melakukan sesuatu hal dengan sepenuh hati akan memberikan kebahagiaan didalam hati, hal ini yang akan memupuk rasa percaya diri. Semakin kita melakukan segala hal dengan sepenuh hati, semuanya tidak akan terasa begitu berat. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Nama saya Rina Yuniarti yang lebih senang dipanggil Riinnaay sebagai nama penanya. Sudah suka menulis sejak duduk dibangku SMP menjadikannya ingin terus membuka pikirannya kepada dunia, dan salah satu caranya adalah dengan meluangkan waktu dijam sibuk untuk menulis. Kemudian, pada tahun 2017 menemukan tempat untuk berbagi, yaitu Hipwee. Sampai saat ini masih aktif berbagi sebagai penulis kontributor di Hipwee.

CLOSE