7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memerangi Rasa Insecure! Kamu itu Unik, Lo!

Manusia diciptakan berbeda-beda, memiliki kisah yang tidak selalu sama, dan punya masalah yang tidak selalu mudah untuk dilewati. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah perasaan insecure. Perasaan tidak aman ini membuat kamu merasa kamu tidak cukup baik, yang terkadang pun mengganggu kehidupan. Ada cara untuk mengadapi rasa insecure yang bisa kamu lakukan, lo! Tentu hal ini akan banyak membantu kamu dalam hidup. Apa saja, sih? Yuk, kita simak!

Advertisement

1. Paling Utama! Menerima Dirimu Sendiri

Photo by Pexel.com

Photo by Pexel.com via https://www.pexels.com

Kamu adalah dirimu sendiri dan seseorang yang harus lebih dahulu menerima kamu adalah diri kamu sendiri. Menerima diri apa adanya dengan apa yang kamu miliki dan tidak terlalu memaksakan sesuatu hal yang tidak bisa kamu paksakan adalah keharusan. Kamu juga harus menerima sesuatu yang tidak bisa kamu ubah dan memaksimalkan apa yang bisa kamu usahakan untuk membuat diri kamu yang lebih baik lagi. Jadilah lebih baik menurut verismu, bukan versi orang lain.

2. Berdamailah dengan Dirimu Sendiri

Photo by Pexel.com

Photo by Pexel.com via https://www.pexels.com

Saat dipertemukan dengan sesuatu yang tidak sesuai terkadang kita mulai kecewa dan kemudian membenci sesuatu hal. Tapi, bagaimana jika sesuatu hal tersebut adalah dirimu sendiri? Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi. Merasa kecewa dan benci pada diri sendiri hanya akan membuat perasaanmu tidak nyaman terus menerus. Maka, berdamailah dengan dirimu sendiri. Belajar untuk tetap tenang dalam menghadapi segala perasaan yang ada.

Advertisement

3. Yuk, Kurangi Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Photo by Pexel.com

Photo by Pexel.com via https://www.pexels.com

Terkadang kita membutuhkan motivasi dari kelebihan oran lain, tapi ada kalanya hal itu tidak selalu berakhir seperti apa yang kita bayangkan. Membandingkan kamu dengan orang lain tidak selalu berakhir dengan baik. Kamu dengan keistimewaanmu dan orang lain dengan keistimewaan yang mereka miliki masing-masing. Tidak akan sebanding, membandingkan kamu dengan orang lain, dan hal tersebut tidak membantumu keluar untuk dari perasaan tidak aman. 

4. Live Your Life Now!

Photo by Pexel.com

Photo by Pexel.com via https://www.pexels.com

Setelah banyak hal yang kamu lewati dengan segala hasil dari perjalananmu selama ini, hiduplah untuk saat ini. Karena kamu tidak lagi tinggal di masa lalu dan masa depan terlalu jauh di depan. Rasakan tiap emosi yang tengah kamu rasakan, nikmati setiap moment yang terjadi saat ini. Nikmatilah waktu yang kamu miliki saat ini karena kamu berhak, kamu pantas, dan kamu hebat. Karena nantinya kamu akan mengingat momen saat ini sebagai bentuk perjuangan yang pasti terbayarkan.

5. Embrace Yourself! You are Wonderful

Photo by Pexel.com

Photo by Pexel.com via https://www.pexels.com

Seseorang yang paling mengenalmu, seseorang yang paling tau cerita hidupmu, perjuanganmu, bahkan baik dan buruknya kamu adalah dirimu sendiri. Diri kamu sendiri yang nantinya akan terus berjalan beriringan denganmu sampai kamu berakhirnya perjalanan hidup. Biarkan diri kamu untuk terus berada di sisimu, terima, berdamai, cintailah  dirimu dan tunjukkan pada dunia apa yang telah kamu lewati dan miliki selama ini.

Advertisement

6. Berlatih untuk Meditasi untuk Menyatukan Pikiran dan Hatimu

Photo by Pexel.com

Photo by Pexel.com via https://www.pexels.com

Belajarlah untuk bermeditasi. Belajar menyadari diri dan alam bawah sadarmu untuk bekerja sama dalam hidup. Bermeditasi pun akan membuat kamu lebih sadar dan lebih tenang, tidak hanya pada dirimu sendiri tapi juga dengan lingkungan dimana kamu berada. Biarkan kamu, pikiranmu dan hatimu bertemu untuk dapat selaras dalam menghadapi hidup.

7. Bersyukur Kepada Sang Penciptamu!

Photo by Pexel.com

Photo by Pexel.com via https://www.pexels.com

Bersyukur kepada sang pencipta karena telah menjadikan kamu sebagai manusia yang memiliki akal, anggota tubuh dan niat yang baik. Bersyukur bahwa kamu tidak hanya berguna bagi diri kamu sendiri tapi juga untuk orang lain. Bersyukur karena sudah membiarkan kamu untuk selalu menebar kebaikan di dunia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

This is me, with a random thought!

CLOSE