Bagi wanita karir atau yang melakukan diet sehat mungkin akan lebih memperhatikan dosis cemilannya, tetapi bukan berarti di tengah kesibukan dan diet ketat tidak diperbolehkan untuk mendapatkan cemilan yang enak. Ada beberapa makanan sehat untuk yang melakukan diet, dengan dosis lemak yang sedikit dan kandungan protein untuk tubuh. Penelitian membuktikan dengan makan 1×4 jam seseorang dapat menjaga metabolisme tubuh. Maka tidak dilarang untuk menyiapkan berbagai cemilan sehat.

 

Beberapa cemilan sehat untuk dikonsumsi :

 

1. Agar-agar

Agar-agar selain memiliki kandungan kalori yang rendah yaitu hanya 10 kalori saja, agar-agar gampang dibuat, walau agar-agarnya ditambah dengan buah, gula dan susu, tetap hanya 70-80 kalori. Agar-agar dapat menahan lapar yang cukup lama. Selain gampang dibuat, dan dapat disimpan dalam lemari es, agar-agar cocok jadi cemilan sehat untuk wanita di tengah diet.

2. Biji-bijian

Popcorn adalah salah satu cemilan dari biji-bijian. Berondong jagung sebutannya, popcorn mengandung karbohidrat kompleks, bisa menahan lapar pada malam hari, cemilan ini rendah lemak tetapi jangan campurkan cemilan ini dengan gula, mentega dan susu ataupun manisan-manisan sejenisnya, agar memberi rasa pada popcorn dapat ditaburi sambal bubuk atau garam untuk menambah citra rasa popcorn.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan via http://www.gudangkesehatan.com

Kacang mengandung antioksidan, serat. Kacang juga dapat membantu mengatur gula darah dan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Kacang rebus sangat tepat menemani cemilan pada malam hari sehingga dapat menahan lapar hingga esok hari. Contoh kacang yang baik dikonsumsi adalah kacang pecan, kacang mete, kacang brazil, kacang pistachio, walnut, kacang tanah, kacang kedelai dan lain-lain

4. Kalkun

Daging kalkun mengandung rendah kalori tetapi mengandung banyak protein yang sehat dan menghasilkan tenaga bagi otot-otot badan. Seperti pengaran Sheknows, yang berkata bila lapar pada malam hari, makanlah sandwich kalkun dengan keju yang rendah lemak. Maka kalkun ini tidak membuat badan gemuk dan merubah kandungannya menjadi tenaga dan baik dikonsumsi pada malam hari.

 

5. Sayuran

Sayuran seperti wortel, bayam, atau tomat selain mengenyangkan tidak membuat gemuk. Malah 1 buah wortel mengandung banyak vitamin A, dengan setengah cangkir brokoli yang sudah dihaluskan sama dengan asupan protein dalam 1 hari (vitamin C 41 mg). Masih banyak kandungan sayuran yang cocok untuk dijadikan cemilan pada siang ataupun malam hari. Tips sehat, bisa rebus berberapa sayuran dalam air mendidih selama 10 menit agar kandungan gizi dan proteinnya dalam sayur tersebut masih utuh, dan jangan rebus hingga layu.

6. Susu

Susu mengandung rendah kalori dan lemak, susu juga mengandung triftofan yang berguna untuk meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh sehingga tubuh akan merasa cepat ngantuk. Dalam 1 gelas susu itu mengandung vitamin D dan kalsium yang menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ringkasan gizi 1 gelas susu terdiri 146 kalori,  7,93g lemak, 11,03g karbohidrat, 7,86g protein. Maka tidak ada salahnya menyediakan susu di pagi atau malam hari.

7. Coklat Hitam/ Dark Chocolate

Coklat Hitam/ Dark Chocolate

Coklat Hitam/ Dark Chocolate via http://www.gudangkesehatan.com

Selain enaknya rasa coklat ternyata coklat hitam atau kadang disebut dark chocolate juga banyak manfaatnya. Coklat hitam mampu meningkatkan aliran darah sehingga mengurangi pembekuan darah pada otak ataupun jantung. Penelitian membuktikan orang-orang yang mengkonsumsi coklat hitam ketika terkena sinar UV kulit mereka memerah, ini artinya dengan mengkonsumsi coklat hitam, mampu melindungi kulit dari sengatan matahari berlebih.

Coklat hitam juga mengandung plavonoid yang dapat mengatur gula darah. Tetapi kandungan lemak coklat hitam tentu lebih sedikit dibanding dengan coklat biasa yang memiliki kandungan gula berlebih terlihat dari rasa coklat hitam yang sedikit pahit.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya