5 Fakta Menarik Kota Budapest,Tempat Syuting Film Surga Yang Tak Dirindukan 2

Destinasi wisata di Benua Eropa yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Film Surga Yang Tak Dirindukan merupakan film yang cukup fenomenal di Indonesia. Film ini sudah diproduksi sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2015 yang berjudul Surga Yang Tak Dirindukan 1 dan di tahun 2017 dengan judul Surga Yang Tak Dirindukan 2. Kedua film ini mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang baper ketika menonton film ini. Film yang mengisahkan cinta segitiga yang diperankan oleh aktor dan aktris ternama di Indonesia, semakin menambah daya tarik dari film ini. Cinta segitiga yang dialami oleh tokoh Mas Pras, Arini, dan Meirose, semakin menambah penasaran dan menarik perhatian ketika di Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 munculnya satu tokoh yang diperankan oleh aktor ternama Indonesia yaitu Reza Rahardian, dimana ia berperan sebagai tokoh Dokter Syarif dalam film tersebut.

Tidak hanya alur ceritanya yang menarik dan dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Indonesia, seperti Fedi Nuril, Laudya Cintya Bella, Raline Shah, dan Reza Rahardian, akan tetapi lattar tempat atau setting tempat dalam Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 pun tak kalah menarik. Berbeda dengan setting tempat di film yang pertama, yang hanya diambil setting tempat di Indonesia. Di film yang kedua ini, setting tempatnya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri yaitu di kota Budapest. Alasan diambilnya Kota Budapest sebagai tempat syuting film yang kedua ini yaitu karena menyesuaikan dengan tempat yang ada di novel Surga Yang Tak Dirindukan 2. Seperti kita ketahui sebelumnya, film ini memang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh penulis terkenal Indonesia yaitu Asma Nadia. Selain itu, Kota Budapest yang indah membuat film ini semakin menarik perhatian para penonton. Selain tempatnya yang indah, ternyata Kota Budapest ini juga menyimpan beberapa fakta menarik lho. Apa aja sih fakta menarik Kota Budapest? Yuk, kita simak bersama!

Advertisement

1. Budapest merupakan kota terbesar di Hongaria

Foto oleh Timi Keszthelyi dari Pexels

Foto oleh Timi Keszthelyi dari Pexels via http://https

Bagi yang belum tahu dimana letak kota Budapest, nah Kota Budapest merupakan Ibukota dari Negara Hongaria. Selain itu, Budapest juga merupakan kota terbesar yang ada di Hongaria, selain di Hongaria, Budapest juga merupakan kota terbesar kesepuluh di Uni Eropa. Sebagai kota terbesar di Hongaria, Budapest  merupakan kota global dengan keunggulan dalam bidang perdagangan, keuangan, media, seni, mode, penelitian, teknologi, pendidikan, dan juga hiburan. 

2. Budapest sebagai kota pelajar di Hongaria

Foto oleh Nora dari Pexels

Foto oleh Nora dari Pexels via http://https

Memiliki lebih dari 40 akademi dan universitas terletak di Budapest, menjadikan kota ini menjadi kota pelajar. Beberapa program studi yang populer disini adalah Medicine, Dentistry, dan Veterinary Medicine.Gelar yang sudah didapat di universitas di Hongaria ini juga sudah mendapat pengakuan dan bisa di transfer atau di pakai untuk melanjutkan pendidikan di negara-negara Uni Eropa lainnya. Kalian juga perlu tahu kalau biaya hidup dan biaya kuliah disini cukup terjangkau dan jauh lebih murah dari negara Uni Eropa lainnya. 

Advertisement

3. Kota yang mendapat julukan Mutiara Terindah di Eropa Tengah

Foto oleh Dominika Gregušová dari Pexels

Foto oleh Dominika Gregušová dari Pexels via http://https

Pada bulan Ferbuari 2019 lalu, Budapest mendapatkan anugerah sebagai Eropean Best Destinantion. Tidak heran Budapest mendapatkan penghargaan tersebut, karena kota Budapest merupakan kota yang sangat indah. Kota ini terkenal dengan arsitektur yang menarik dan disebut sebagai salah satu kota yang paling menarik secara estetika di kota-kota Eropa lainnya. Berbagai arsitektur penting dan bersejarah di kota ini telah masuk ke dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Beberapa Gedung ikonik di Budapest adalah Parliamnet Building, Fishermen’s Bastion, Buda Castle serta Chain Brige dan Liberty Bridge. Kemudian terdapat pula pemandian air panas Szent Gellert dan Szecheny Bath, serta perbukitan di sisi Buda jika bosan dengan keramaian kota. Di kota ini juga terdapat reruntuhan zaman Romawi yang berusia lebih dari 2000 tahun berdampingan dengan peninggalan dari kerajaan Turki, dinasti Ottoman yang berusia lebih 400 tahun. 

4. Terdapat Sungai Danube yang sangat indah

Foto oleh Nextvoyage dari Pexels

Foto oleh Nextvoyage dari Pexels via http://https

Di hadapan Parliament House terbentang Sungai Danube yang indah yang membelah Kota Budapest. Budapest sesungguhnya merupakan dua kota, Buda dan Pest, yang dipisahkan oleh Sungai Danube. Di pinggiran sungai ini juga terdapat monumen Shoes on Danube. Bagi Sohip yang jalan-jalan ke Budapest, jangan lupa ya untuk berkeliling di sekita Sungai Danube. 

5. Adanya gereja Islam di Budapest

Foto oleh Emre Can dari Pexels

Foto oleh Emre Can dari Pexels via http://https

Sebuah hal yang unik yang jarang terjadi di wilayah lain adalah terdapat Gereja Islam. Negara-negara Eropa lainnya secara aktif menghancurkan gereja, mengubahnya menjadi masjid, atau mengubahnya menjadi klub malam, klub tari strip, maupun bar. Di Negara ini, termasuk di Budapest, tak ada satupun bangunan yang diubah menjadi masjid. Dan salah satunya bernama Masjid Dar Al-salam. Gereja yang berbentuk masjid dengan kubah dan menara berasitektur Turki. 

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembelajar ulung yang sedang berpetualang mencari makna kehidupan.

CLOSE