Sebagai seorang Aquatic Lover, siapa sih yang tidak mengenal Ikan Discus. Ikan yang dikenal dengan julukan ‘The King Of Aquarium’ sangat populer di kalangan pecinta ikan hias.

Selain bentuk tubuh, warna dan coraknya yang menarik perhatian, ia juga dikenal dengan gaya berenangnya yang anggun dan indah.

1. Tubuh yang Tubuh

Jika pada umumnya ikan hias mempunyai tubuh yang memanjang, Discus tidaklah demikian. Bentuk tubuh Ikan Discus sangat unik, tubuhnya bulat dan pipih seperti cakram. Sirip punggungnya panjang dan menjuntai hingga mendekati ekor. Demikian juga dengan sirip bawah juga memanjang samapi pangkal ekor.

2. Warna yang menarik

Advertisement

Jenis Ikan Discus sangat banyak dan setiap jenis-jenis Discus dibedakan dari warna yang dimilikinya. Setiap warna yang dimiliki ikan ini menjadi daya tarik kepopulerannya.

Selain itu, keunikan yang menarik pada Ikan Discus ini yaitu garis-garis tubuh yang melintang dari ujung ekor sampai kepalanya. Jika warna yang dipunyai semakin cerah dan pola batiknya semakin rumit, maka harga Discus tersebut akan semakin mahal.

3. Habitat di air tawar

Tampak sekilas Ikan Discus menyerupai ikan hias air laut, namun siapa sangka ikan yang cantik dan indah ini berhabitat di air tawar. Ikan ini juga dikenal dengan gaya berenangnya lambat sehingga memperlihatkan tubuh indah dari Discus ini.

4. Berasal dari Sungai Amazon (Brasil)

Sungai Amazon

Sungai Amazon via https://www.memecomic.id

Advertisement

Brasil memang terkenal memiliki flora dan fauna yang sangat langka, unik, bahkan menarik. Salah satunya adalah Ikan Discus, ikan yang memiliki julukan ‘The King Of Aquarium’ ini berasal dari Sungai Amazon, Brasil.

Ikan ini menyukai sungai yang memiliki arus air yang tenang dan tidak terlalu deras. Di Sungai Amazon, ikan ini senang sekali berada di antara ranting-ranting, daun-daun maupun akar pohon untuk menghindari serangan dari ikan predator.

5. Keluarga: Cichlidae

Siapa yang menyangka, ternyata ikan Discus ini masih satu keluarga dengan Ikan Louhan, Oscar, Red Parrot yang dikenal mewah dan mahal lho. Ikan DIiscus juga merupakan salah satu jenis ikan anggota dari keluarga Cichlidae. Nama latinnya Symphysodon.

6. Setia dengan pasangan

Ikan Discus tergolong ikan yang setia pada pasangannya, karena itu ikan ini tidak bisa dipijahkan selain dari pasangannya tersebut.

Bila Discus sudah menentukan pilihan hatinya, maka kedua sejoli akan berenang beriringan. Ciri lainnya adalah mereka akan mencoba mendominasikan suatu wilayah tempat untuk memijah.

7. Harga Discus

Tidak heran jika ikan ini memang dijuluki sebagai Raja Ikan Hias Aquarium Air Tawar karena memang memiliki kecantikan dan harga yang terbilang fantastis. Anakan ikan Discus bisa dihargai mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp300.000,00. Sedangkan untuk induk Discus harganya bisa sampai jutaan rupiah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya