Siapa yang tidak tahu nanas? Tanaman tropis yang berasal dari daerah Amerika Selatan dengan nama ilmiah Anasus comusus (L.) Merr. ini memang dikenal memiliki banyak manfaat. Di Inggris tanaman ini dikenal dengan istilah pineapple, karena dianggap mirip pohon pinus (pine).

Sedangkan kata “nanas” sendiri diambil dari kata Anana yang berarti “buah yang sangat baik”. Lalu apa sajakah fakta menarik dari buah bersisik ini?

1. Buah nanas berjuta manfaat bagi tubuh

Nanas Memiliki Banyak Manfaat bagi Tubuh

Nanas Memiliki Banyak Manfaat bagi Tubuh via https://www.grid.id

Advertisement

Buah nanas memang sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh manusia. Terutama kandungan enzim bromelin di dalamnya yang mampu menguraikan struktur kompleks protein.

Enzim ini berfungsi sebagai anti radang, membantu sistem pencernaan, dan dapat mengurangi sakit tenggorokan saat batuk.

Selain enzim bromelin, nanas juga banyak mengandung vitamin terutama vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin D yang masing-masing memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan mata, serta melawan radikal bebas.

Advertisement

Nggak salah kalau nanas layak dijuluki sebagai “buah yang sangat baik”, apalagi kalau dijadikan campuran rujak buah dijamin deh pasti suka.

2. Daun nanas bisa jadi kertas dan tekstil. Emang bisa?

Produk Pinatex dari Daun Nanas

Produk Pinatex dari Daun Nanas via https://klikhijau.com

Kata siapa nanas cuma buat dimakan? Daun nanas yang berduri pun justru bisa diolah menjadi kertas dan tekstil.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yusri dkk (2012) asal Malaysia telah membuktikan bahwa serat daun nanas bisa diolah menjadi pulp dengan beberapa kelebihan yaitu kekuatan tarik dan kekuatan sobeknya serta ketebalan yang bagus.

Serat daun nanas pun juga dapat dijadikan bahan tekstil, tetapi membutuhkan proses yang agak rumit. Dikutip dari laman The Guardian (3/5/2015), sebuah produk pakaian berbahan serat nanas milik Pinatex misalnya, mempunyai tekstur canvas dan biodegrable (mudah terurai).

Kamu yang penggiat lingkungan tentunya lebih menyukai produk non-polimer ini karena benar-benar alami dan ramah lingkungan.

3. Katanya kulit nanas sumber energi terbarukan. Masa sih?

Bioetanol Energi Masa Depan

Bioetanol Energi Masa Depan via https://food.detik.com

Bukan cuma buahnya yang bermanfaat, kulit buah nanas pun ternyata dapat dijadikan sumber energi terbarukan.

Wow! Kandungan karbohidrat dan gula yang terdapat dalam kulit nanas dapat dimanfaatkan menjadi bioetanol melalui proses fermentasi dengan bantuan enzim Sacchromyces cerevisae.

Bioetanol sendiri merupakan nama lain dari etanol (etil alkohol) yang biasa digunakan sebagai bahan bakar maupun bahan campuran bensin.

Di Indonesia sendiri, bahan bakar bioetanol belum terlalu populer, sedangkan di negara luar pemakaian energi biomassa sudah perlahan menggantikan energi tak terbarukan seperti minyak bumi dan gas alam yang semakin lama makin menipis.

4. Nanas bisa untuk pengempuk daging dan bahan baku VCO

Nanas Sebagai Pengempuk Daging

Nanas Sebagai Pengempuk Daging via https://lifestyle.sindonews.com

Buat para ibu-ibu, kegunaan buah nanas sebagai pengempuk daging sudah sangat familiar. Apalagi sebuah iklan komersial sempat memperkenalkan kegunaan buah nanas ini, kok bisa ya daging jadi empuk gara-gara nanas?

Jawabannya karena pada nanas terkandung enzim bromelin yang mampu memecah ikatan peptida (protein) dalam daging, sehingga berubah menjadi molekul yang lebih sederhana.

Nah, selain itu enzim bromelin bisa memecah ikatan peptida pada santan kelapa, alhasil santan bisa juga diubah menjadi minyak kelapa murni atau dikenal dengan istilah Virgin Coconut Oil (VCO).

Banyak khasiat minyak VCO ini terutama buat produk kecantikan dan perawatan kulit.

5. Rumah SpongeBob pun berbentuk nanas. Konspirasi global?

Rumah SpongeBob dan Tetangganya

Rumah SpongeBob dan Tetangganya via https://id.wikipedia.org

Bagi kalian pencinta kartun jebolan Nickelodeon ini mungkin tidak asing lagi dengan penampakan rumah SpongeBob SquarePants yang berbentuk seperti buah nanas.

Apakah kamu tahu kenapa rumah Spons yang berada di bawah laut malah dibuat menyerupai tanaman darat? Jangan-jangan ada konspirasi wahyudi hihi.

Ternyata memang ada alasannya lho, sang kreator Steven Hillenburg bilang bahwa tokoh SpongeBob diceritakan memiliki bau seperti nanas dan juga sangat menyukai buah nanas.

Selain itu, buah ini sangat umum di daratan Polynesia yang lokasinya dekat dengan Lautan Pasifik, tempat Bikini Bottom berada. Ada beberapa episode yang membahas asal usul rumah Spongebob yaitu di episode Truth or Square dan Home Sweet Pineapple.

6. Lagu tentang nanas juga pernah viral lho~

Cuplikan Klip Pen Pineapple Apple Pen

Cuplikan Klip Pen Pineapple Apple Pen via http://youtube.com

“I have a pen, i have an apple, uh! Apple pen, i have pineapple, uh! Pineapple pen.”

Masih ingat dengan lagu yang sempat viral tahun 2016 lalu? Seorang komedian sekaligus musisi asal Jepang bernama Kazuhiko Kosaka atau Piko-Taro merilis sebuah lagu berjudul “Pen Pineapple Apple Pen” PPAP yang hits di Youtube.

Lagu ini walau bukan menceritakan soal nanas, namun siapa sangka liriknya yang unik dan simpel yang memuat kata nanas (Pineapple) mampu menjadi daya tarik sendiri bagi pendengarnya.

Saat ini video klip PPAP sudah disaksikan sebanyak 278 juta kali di Youtube. Fantastis sekali, bukan?
 

7. Kota nanas ternyata ada di Indonesia

Tugu Nanas di Pasar Kota Prabumulih

Tugu Nanas di Pasar Kota Prabumulih via http://beritadaerah.co.id

Meskipun nanas berasal dari Amerika Selatan, faktanya julukan kota nanas ternyata malah ada di Indonesia. Kota tersebut adalah Kota Prabumulih (Sumatera Selatan) dan Kabupaten Subang (Jawa Barat).

Dijuluki sebagai kota nanas karena dua wilayah ini dianggap sebagai kota penghasil buah nanas. Di Kota Prabumulih sendiri, buah nanas menjadi ikonis tersendiri dalam berbagai aspek. Mulai dari logo kota, tugu, corak batik, lagu sampai makanan khas pun identik dengan tanaman nanas.

Setelah kamu membaca tentang fakta unik nanas, nggak heran kan kalau nanas dianggap sebagai “buah yang sangat baik”, apalagi kalau dijadikan pindang patin khas kota Palembang, yummii.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya