Jomblo? Kesannya kok menyedihkan sekali ya? Malam minggu sendirian di kamar kost-kostan. Setiap hari hanya berbalas chat dengan teman atau sahabat. Tidak ada pesan masuk dan mengingatkan supaya kamu cepat makan serta menjaga kesehatan. Benar-benar miris deh lihat jomblo seperti kamu!

Padahal sebenarnya jomblo nggak sengenes itu kok. Jadi jomblo itu pilihan. Kalau belum halal, mending sendirian. Menikmati waktu dengan hal-hal yang jauh lebih bermanfaat dan bermartabat dari hanya sekadar main-main bersama orang yang belum tentu bersanding dengan nama kamu di kartu undangan pernikahan nanti.

Buat kamu para jomblo yang sedang kesepian dan merasa baper melihat teman-temanmu dapat gandengan, mending kamu lakukan deh 7 hal bermanfaat dan bermartabat ini. Biar masa jomblomu lebih bermakna. Dan kesendirianmu tak hanya sekadar jomblo aja!

1. Manfaatkan masa jomblo dan sendiri kamu dengan memperbaiki diri.

Jadilah jomblo yang bermartabat

Jadilah jomblo yang bermartabat via https://www.pexels.com

Kamu pasti juga pengen dapat jodoh yang terbaik ‘kan? Ingat, orang baik akan disandingkan dengan yang baik pula. Jadi, pantaskan diri untuk bersanding dengan si dia. Jangan hanya sibuk bermain-main aja.

Advertisement

Kalau lihat temen dapat jodoh shaleh, irinya setengah mati. Tapi, giliran disuruh memperbaiki diri, ada aja alasannya! Duh, berhenti mengeluh! Jadi jmblo itu memang berat. Tetapi kamu akan memetik manisnya saat waktunya tiba. Sabar ya, Blo!

2. Ikut organisasi dan kegiatan sosial bikin pengalaman kamu lebih berharga dari hanya sekadar mikirin diri sendiri.

Aktif organisasi dan melakukan kegiatan sosial

Aktif organisasi dan melakukan kegiatan sosial via https://www.pexels.com

Ketika kamu jadi mahasiswa, apa salahnya sih ikut organisasi di kampus, ambil andil dalam kegiatan sosial dan aktif membantu orang lain yang membutuhkan. Dengan hal-hal sederhana seperti ini, kamu akan jadi manusia yang jauh lebih bersyukur.

Pengalaman bersama mereka yang kurang beruntung akan menyentak alam bawah sadar kamu, bikin kamu sadar jika kesendirian kamu bukan satu-satunya hal yang perlu ditangisi. Apalagi jika kamu sudah berkomitmen untuk menunggu sampai jodoh halalmu tiba.

3. Pendidikan itu lebih penting dari hanya sekadar mikirin kapan kamu dapat jodoh.

Jangan remehkan masalah pendidikan

Jangan remehkan masalah pendidikan via https://www.pexels.com

Advertisement

Menunggu jodoh itu memang sungguh merisaukan. Apalagi jika orang-orang di sekelilingmu mulai kepo dan mencari tahu siapa sih belahan jiwa kamu. Tapi percayalah, pendidikan yang sedang kamu tempuh itu jauh lebih penting. Manfaatkan deh waktu kamu untuk unjuk prestasi.

Kamu bisa menghabiskan waktu luang untuk membaca buku dan memaksimalkan potensi kamu. Mumpung masih jomblo, kamu bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk belajar, jalan-jalan ke perpustakaan dan keliling toko buku. Kurang menyenangkan apa coba?

4. Kembangkan hobimu dan jadikan itu sebagai kegiatan yang menghasilkan.

kembangkan hobimu!

kembangkan hobimu! via https://www.pexels.com

Kamu pasti punya hobi dong? Menulis, fotografi atau baking dan apa pun itu. Jika kamu mau menekuni hobi kamu dan tidak fokus dengan masa jomblo kamu, tentu saja itu akan menjadi hobi yang bakalan menghasilkan dan bikin masa depan kamu lebih cerah.

Memulai hal sederhana ini tak perlu menunggu nanti dan nanti, lho. Mulai sekarang pun kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk mengembangkannya. Belajar deh dari mereka yang sudah sukses duluan. Banyak yang bisa dipelajari dari mereka, termasuk jatuh bangun dalam merintis usaha yang berawal dari hobi hingga menjadi sesuatu yang menghasilkan serta bermanfaat bagi orang banyak.

5. Menabung bisa menjadi kegiatan sederhana yang sebenarnya sangat berguna buat masa depan kamu.

Yuk, nabung mulai sekarang!

Yuk, nabung mulai sekarang! via https://www.pexels.com

Bagi kamu yang nggak suka nongkrong dan menghabiskan banyak uang untuk main-main dan sekadar hangout, menabung bisa menjadi sesuatu yang sangat berguna untuk masa depan kamu.

Justru saat kamu jomblo, menabung bisa jadi lebih efektif dong. Kamu nggak akan kehabisan uang saku bulanan hanya karena sering mentraktir pacar kamu. Uang itu bisa kamu simpan atau manfaatkan untuk membangun bisnis kamu. Jangan mau hanya sekadar jadi jomblo, yuk jadi jomblo yang lebih cerdas mengelola keuangan juga!

6. Traveling bisa jadi hiburan sekaligus mendewasakan.

Yuk, traveling!

Yuk, traveling! via https://www.pexels.com

Bagi kamu yang suka traveling, memanfaatkan waktu luang di masa kesendirian tentu menjadi sesuatu yang sangat berguna. Traveling bukan cuma cara untuk me-refresh pikiran dari kegiatan di kampus yang menyita waktu. Tetapi juga membuat kamu jadi pribadi yang lebih dewasa.

Saat kamu sedang traveling, kamu akan menjadi pribadi yang jauh lebih mandiri, mampu memutuskan dan mengambil keputusan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain. Hal semacam ini tentu akan menjadi sesuatu yang sangat berguna di dalam kehidupan nyata. Saat kamu menghadapi masalah, kamu akan tahu bagaimana cara menuntaskannya seperti kamu menaklukkan kesulitan ketika traveling dan bertualang sendiri.

7. Saat masih jomblo, kamu bisa punya waktu lebih banyak untuk belajar banyak hal, termasuk mempelajari ilmu agama.

Belajar ilmu agama itu penting, lho

Belajar ilmu agama itu penting, lho via https://www.pexels.com

Kadang hal sepenting ini justru kamu lewatkan begitu saja. Menganggapnya sesuatu yang kurang penting. Padahal, ikut kajian di kampus akan memperkaya ilmu agama kamu. Belajar agama itu wajib hukumnya, sedang bersedih hanya karena jomblo itu nggak ada gunanya.

Cobalah kamu rutin menghadiri kajian bersama mereka yang sehati. Biar kamu lebih cerdas dan jago dalam menjalani hidup ke depan. Saat menikah, bukan hanya bahagia aja lho yang bakalan kamu cecap. Pahit, manis, asam hingga getir akan menjadi sesuatu yang sangat lumrah terjadi. Masalahnya, apakah kamu siap menghadapinya dengan perbekalan ilmu agama yang tak seberapa?

Nah, daripada mikirin kapan mengakhiri masa jomblo, mending kamu rajin-rajin deh belajar agama sama orang yang lebih tahu.

Gimana, kamu bisa banget kok melakukan 7 hal ini biar masa sendirimu lebih bermakna dan nggak hanya sekadar main-main aja. Ingat, ya. Masa depan ditentukan mulai sekarang, kontribusi positif yang kamu lakukan akan berbuah manis dalam hidup kamu nanti. Yuk jadi jomblo yang lebih bermartabat dan berkuaitas!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya